22/06/17

15 Macam-macam Sholat Sunnah Dalam Islam

15 Macam-macam Sholat Sunnah Dalam Agama Islam: Shalat menurut bahasa adalah do'a sedangkan menurut istilah adalah ucapan dan gerakan yang diawali dengan bacaan takbir(allohu akbar) dan diakhiri dengan bacaan salam(assalamualaikum). Shalat di dalam agama islam diibaratkan sebagai tiang agama, apabila kita melaksanakan shalat maka kita mendirikan tiang itu dan apabila kita meninggalkan shalat maka kita telah meruntuhkan tiang agama kita.
                                                             

Sebagaimana di dalam hadist rosulullah SAW yang artinya: Shalat itu merupakan tiang agama siapa yang melaksanakannya maka dia mendirikan tiang tersebut dan siapa yang meninggalkannya maka dia meruntuhkan tiang tersebut.

Baca juga 17 Manfaat Sholat Tahajud Bagi Umat Islam

Shalat didalam agama islam terbagi ke dalam 2 bagian ada yang hukumnya wajib dan ada yang hukumnya sunnah. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang macam-macam sholat sunnah.

Shalat sunah dalam pengertian agama islam adalah shalat apabila kita laksanakan maka kita akan mendapatkan pahala dari alloh SWT dan apabila kita tinggalkan maka tidak apa-apa (tidak menjadi dosa).

Berikut ini 15 Macam-macam Sholat Sunnah Dalam Islam:

1. Shalat Sunnah Rawatib: Shalat rawatib adalah shalat sunnah yang mengiringi sholat fardu. Shalat rawatib terbagi kedalam dua bagian ada yang muakad (rutin dilaksanakan nabi muhammad SAW) ada juga yang ghairu muakad (terkadang dilaksanakan nabi muhammad SAW).

Waktu shalat rawatib muakad:

➜ 2 rakaat sebelum subuh
➜ 2 atau 4 rakaat sebelum dzuhur
➜ 2 atau 4 rakaat setelah dzuhur
➜ 2 rakaat setelah maghrib
➜ 2 rakaat setelah isya

Waktu shalat rawatib ghairu muakad:

➜ 2 atau 4 rakaat sebelum ashar
➜ 2 rakaat sebelum maghrib
➜ 2 rakaat sebelum isya


2. Shalat Tarawih: Shalat tarawih adalah shalat sunnah yang dilakukan di malam hari dan harus di bulan ramadhan. Waktu dilaksanakannya shalat tarawih adalah setelah kita melaksankan shalat fardu isya sampai dengan sebelum terbit fajar. Jumlah rakaat shalat tarawih ada yang 8 rakaat dan ada juga yang 20 rakaat dimana perbedaan rakaat tersebut sah untuk di pakai di shalat tarawih.


3. Shalat Witir: Shalat witir adalah shalat yang dilakukan pada malam hari yaitu sebagai penutup shalat, setelah kita selesai melaksanakan shalat fardu isya dan shalat sunnah lainnya maka shalat yang menjadi penutupnya adalah shalat witir. Jumlah rakaat shalat witir adalah bilangan ganjil antara satu rakaat sampai dengan sebelas rakaat.


4. Shalat 'Ied: Shalat 'ied adalah shalat 2 hari raya yaitu idul adha dan idul fitri. Waktu pelaksanaanya setelah terbit matahari (sekitar jam 06.00 pagi) sampai dengan tergelincirnya matahari(waktu sholat dzuhur).


5. Shalat Hajat: Shalat hajat adalah shalat sunnah untuk meminta untuk keperluan. Waktu pelaksanaanya bebas dilakukan dimalam hari dan siang hari, tapi biar lebih dekat dengan ijabah dilakukan di malam hari karena di malam hari suasana sunyi sehingga lebih dekat terhadap khusyu dalam shalatnya.

6. Shalat Tahajud: Shalat tahajud adalah shalat yang dilakukan di malam hari minimalnya 2 rakaat, masalah waktu melaksanakannya di waktu malam tapi yang paling unggul sepertiga malam akhir jam 01.00-03.00 malam.

7. Shalat Istikharah: Shalat istikharah adalah shalat yang faidahnya untuk diberikan pilihan yang terbaik dari alloh SWT dari berbagai pilihan dalam kehidupan kita misalnya pekerjaan, jodoh dan lain sebagaimya. Waktu pelaksanaannya bebas di lakukan di malam hari atau siang hari, tapi yang paling unggul dimalam hari. Jumlah rakaatnya gak ada batasan tapi minimalnya 2 rakaat.


8. Shalat Taubat: Shalat taubat adalah shalat untuk memohon ampun kepada alloh SWT atas dosa-dosa dengan syarat tidak akan kembali lagi kepada dosa tersebut. Waktu shalat taubat bebas untuk dilaksanakan kapan saja dan minimal rakaatnya adalah dua rakaat.


9. Shalat Dhuha: Shalat dhuha adalah shalat untuk dilancarkan dalam masalah rizqi. Waktu pelaksanaannya adalah dari mulai terbitnya matahari sampai dengan menjelang waktu dzuhur. Jumlah rakaatnya minimal dua rakaat maksimal delapan rakaat.


10. Shalat Istisqha: Shalat istisqha adalah shalat untuk meminta hujan ketika terjadi musim kemarau yang berkepanjangan. Waktu pelaksanaanya dilakukan pada siang hari lebih unggul ketika pas teriknya matahari dan di sunahkan untuk berjamaah. Jumlah rakaatnya adalah minimal dua rakaat.


11. Shalat Tahiyyatul Masjid: Shalat tahiyyatul masjid adalah shalat sunah yang dilakukan ketika awal masuk ke dalam masjid dengan maksud memulyakan masjid.


12. Shalat Tasbih: Shalat tasbih adalah Sholat penghapus dosa dengan tujuan agar dosa-dosa kita senantiasa diampuni oleh alloh SWT, baik dosa yang secara terang-terangan atau sembunyi , disengaja atau tidak disengaja. Waktu pelaksanaanya bebas mau pada siang hari ataupun malam hari.


13.Shalat Gerhana Bulan dan Matahari: Shalat gerhana adalah shalat yang dilakukan ketika melihat gerhana baik gerhana bulan atau matahari.


14.Shalat mutlaq: shalat mutlaq adalah shalat yang diniati shalat sunah saja. Masalah waktu pelaksanaanya bebas dilakukan pada malam hari atau siang hari.


15. Shalat syukrul wudlu: Shalat syukrul wudlu adalah shalat sunnah yang dilakukan ketika selesai berwudlu.


Terima kasih telah berkenan membaca artikel ini mudah-mudahan kita bisa mengamalkannya secara perlahan-lahan.
                                                            Semoga Bermanfaat


0 komentar

Posting Komentar