21/06/17

4 Syarat Sah Puasa Untuk Umat Muslim

4 Syarat Sah Puasa Untuk Umat Islam: Salah satu dari rukun islam yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim adalah melaksanakan puasa. Puasa menurut bahasa adalah menahan, Sedangkan menurut istilah adalah menahan diri dari segala hal yang membatalkan puasa dari mulai terbit fajar(waktu imsak) sampai terbenam matahari(waktu adzan magrib) dengan harus memenuhi syarat dan rukun puasa.


Puasa di dalam agama islam terbagi ke dalam 5 hukum yaitu ada yang wajib, sunah, mubah, makruh dan haram. Tapi puasa yang di anjurkan oleh rasulullah kepada umatnya yaitu puasa yang bersifat wajib seperti puasa ramadhan dan bersifat sunah seperti puasa senin dan kamis, puasa tanggal 10 muharram dan lain-lain.


Ketika seorang muslim mau melaksanakan puasa maka diharuskan mengetahui ilmu syarat puasa dikarenakan apabila kita melaksanakan puasa tanpa didasari dengan ilmu yang benar maka puasa kita akan sia-sia(tidak mendapatkan pahala dari alloh SWT).


Dikarenakan dalam hukum islam seperti itu ajarannya maka di dalam artikel ini saya akan membahas syarat sah puasa dengan maksud apabila kita menjalankan puasa dengan dibarengi syarat sahnya mudah-mudahan puasa kita akan mendapatkan pahala dari alloh SWT. 


Syarat Sah Puasa

Puasa merupakan ibadah yang dilakukan pada waktu siang hari, sehingga pada waktu itu kita harus meninggalkan makan, minum dan lain-lainnya. Disamping puasa mendapatkan pahala yang begitu mulia, puasa juga memberikan manfaat buat kesehatan tubuh kita.
Baca juga artikel yang membahas manfaat puasa untuk kesehatan

Adapun syarat sah puasa diantaranya adalah:

1. Islam

Beragama islam merupakan syarat mutlak buat melaksanakan puasa. Oleh sebab itu apabila ada yang non islam melaksanakan puasa maka puasa nya tidak sah. Dapat di simpulkan bahwa ibadah puasa hanya berlaku terhadap orang muslim saja(beragama islam).

2. Menahan diri dari hal yang membatalkan puasa

Puasa yang sah harus senantiasa menjauhkan dari hal-hal yang membatalkan puasa diantaranya makan, minum, mengeluarkan air mani dengan sengaja dan bersetubuh dengan lawan jenis.

Syarat Sah Puasa

3. Suci dari haid dan nifas

Syarat khusus buat wanita muslimah yang menjalankan puasa mereka harus suci dari haid dan nifas. Haid adalah darah yang keluar dari wanita yang masih dalam masa muda sebagai bukti wanita yang sehat salah satunya kelauarnya darah yang kotor(darah haid). Sedangkan darah nifas adalah darah kotor yang keluar setelah melahirkan biasanya berkisar dari 15 hari samapai dengan 60 hari.

4. Baligh

Ketika manusia memasuki masa baligh kisaran umur sepuluh sampai lima belas tahun maka orang itu sudah dikatakan bisa sah melaksanakan puasa. Ciri dari orang yang baligh diantaranya adalah dapat membedakan sesuatu yang baik dan buruk.


Demikian syarat puasa yang harus kita ketahui sebagai umat islam. Hendaknya kita selalu memperhatikan syarat-syarat tersebut agar bisa dikategorikan puasa kita sah menurut agama islam.

0 komentar

Posting Komentar