23/06/17

Macam-macam Shalat Fardhu dan Waktu Pelaksanaanya

Macam-macam Shalat Fardhu dan Waktu Pelaksanaanya: Shalat adalah ibadah yang merupakan kumpulan dari gerakan dan ucapan yang diawali dengan bacaan takbir serta diakhiri dengan bacaan salam. Shalat terbagi ke dalam dua bagian ada yang bersifat wajib dan ada juga yang bersifat sunnah.
                                               

Shalat yang bersifat wajib yang biasa dikenal dengan shalat fardhu yaitu shalat yang hukumnya wajib dilaksanakan oleh seorang muslim tanpa melihat situasi dan kondisi seperti bagaimana shalat fardhu harus tetap dilaksanakan.

Baca juga 15 Macam-macam Shalat Sunnah Terlengkap

Hukum shalat fardhu

Dalam agama islam shalat fardhu itu hukumnya wajib yaitu apabila kita melaksanakan shalat fardhu maka kita akan mendapat pahala dan apabila kita meninggalkan shalat fardhu maka kita akan mendapatkan siksa. Hukum wajib shalat itu berlaku untuk semua manusia yang bergama islam sama sekali tidak ada pengecualian mau kaya, miskin, baik , jahat, pejabat maupun rakyat biasa semuanya wajib melaksanakan shalat fardhu. Tapi sebelum kita melaksanakan shalat fardhu kita harus mengetahui ilmu tentang shalat dikarenakan apabila kita melaksanakan shalat tanpa ilmunya maka shalat kita akan sia-sia (tidak mendapatkan pahala dari alloh SWT).


Pembagian Waktu Shalat Fardhu

Di dalam agama islam shalat fardhu itu terbagi kedalam 5 waktu dalam sehari-semalam yaitu dzuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh. Tapi ebelum kita melaksanakan shalat fardhu itu maka kita harus mengetahui pembagian waktu dalam shalat soalnya alloh SWT telah membagi masalah waktu shalat fardhu didalam al-qur'an yang berbunyi:                                            
                                             
Artinya: Sesungguhnya shalat fardhu itu wajib buat orang yang beriman dan sudah ditetapkan beserta waktunya (QS. an-nisa ayat 103).


1. Shalat dzuhur: Waktu shalat dzuhur yaitu ketika posisi matahari berada lurus dengan tubuh kita dalam arti ketika panas teriknya (sekitar jam 12:00) sampai dengan posisi matahari menjadi sebelah barat dari tubuh kita (sekitar pukul 15:00). Sedangakn jumlah raka'at didalam shalat dzuhur adalah empat  rakaat.

2. Shalat ashar: Waktu dimulainya shalat ashar ketika posisi matahari berada disebelah barat(sekitar pukul 15:00) sampai dengan waktu posisi terbenamnya matahari(sekitar pukul 18:00). Jumlah raka'at dalam shalat ashar adalah empat rakaat.

3. Shalat maghrib: Waktu dimulainya shalat magrib ketika posisi matahari sudah terbenam (sekitar pukul 18:00) sampai dengan munculnya bayangan mega berwarna merah dilangit(sekitar pukul 19:00). Jumlah raka'at dalam shalat maghrib adalah tiga raka'at.

4.Shalat isya: Waktu shalat isya merupakan waktu yang terpanjang di antara shalat yang lainnya yaitu dimulai dari munculnya bayangan mega merah di langit (sekitar pukul 19:00) sampai dengan munculnya fajar (sekitar pukul 04:00). Jumlah raka'at shalat isya adalah empat raka'at.

5.Shalat subuh: Waktu shalat subuh dimulai ketika munculnya fajar(sekitar pukul 04:00) samapai dengan terbitnya matahari (sekitar pukul 06:00). Jumlah raka'at dalam shalat subuh adalah dua raka'at.

Demikian artikel yang kami bahas mengenai hukum shalat fardhu dan pembagian waktunya. Terima kasih yang senantiasa membaca artikel ini mudah-mudahan kita selalu bisa melaksanakan shalat fardhu dengan baik di dalam waktunya.

                                                       Semoga Bermanfaat






0 komentar

Posting Komentar