20/06/17

Ciri-ciri Keistimewaan Al-Qur'an Dibandingkan Kitab Yang Lain

Ciri-ciri Keistimewaan Al-qur'an Dibandingkan Kitab Yang Lain: Mu'jizat yang paling mulia yang diturunkan oleh allloh SWT kepada nabi muhammmad SAW adalah kitab suci alquran dikarenakan didalam alquran terkandung isi-isi yang mengandung kehidupan yang terjadi di alam dunia dan di alam akhirat.
                                                                 

Kata alquran berasal dari bahasa arab yaitu lapadz qoroa yang artinya bacaan sedangkan arti alquran secara umum adalah kalam alloh yang diturunkan kepada nabi muhammad SAW melalui perantara malailkat jibril dan merupakan ibadah bagi orang yang membacanya.

Hikmah Diturukan Al-Quran

Kita sudah mengetahui bahwa banyak agama yang beredar di dunia ini dan di setiap agama itu mempunyai kitab nya masing-masing tapi hanya kitab suci alquran yang hanya meberikan petunjuk dan pedoman bagi umatnya.

Beberapa hikmah diturunkannya al-quran:

1. Al quran merupakan mu'jizat paing isimewa dan tidak akan yang bisa mengalahkannya (Al isro:88).

2. Al quran sebagai fungsi kehidupan manusia dohiriah(bergaul sesama manusia) dan                batiniah(beribadah kepada alloh).

3. Al quran sebagai nasehat dan pembimbing umat manusia.

4. Al quran sebagai obat bagi umatnya baik dohir atau batin.

Baca juga 5+ hikmah isra mi'raj terbaik


Keistimewaan Al-Quran

Berdasarkan fakta-fakta sudah jelas bahwa al quran merupakan kitab yang paling mulia di bandingkan dengan kitab-kitab lainnya. Adapun beberapa keistimewaan al-qur'an diantaranya adalah:
1. Al quran sebagai rahmat dari alloh SWT.

2. Ajarannya sangat universal yaitu ajarannya berlaku untuk berbagai golongan dan sampai akhir zaman sehingga mencakup semua kehidupan.

3. Membaca alquran merupakan sebuah ibadah yang mulia di hadapan alloh SWT dan alquran juga mudah dihapal dan dipahami isinya.

4. Tulisan dan isinya terjamin kesuciannya sehingga dipastikan bersih dari campur tangan manusia.


Keistimewaan dari isi Al-Quran:

1. Didalam alquran di jelaskan kejadian yang pasti akan terjadi di masa yang akan datang di luar batas naluri manusia.

2. Berisi fakta - fakta yang sudah terjadi di masa lampau dan di buktikan oleh bukti-bukti fisik yang sesuai di masa sekarang.

3. Isinya bersifat netral kepada semua golongan sehingga semua aktifitas bisa menjadi pahala atau siksaan.


Telah kita bahas sekian banyaknya keistimewaan al quran sehingga kita harus yakin bahwa al quran sebagai tuntunan dan pedoman buat kita untuk bisa selamat menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Terima kasih atas partisipasi kalian yang senantiasa membaca artikel tentang keistimewaan al quran semoga kita semua bisa membaca,belajar dan menjalakan isi dari al alquran.
                                   
                                                            Semoga Bermanfaat

0 komentar

Posting Komentar