25/06/17

Do'a Sholat Dhuha Lengkap Dengan Artinya

Do'a Sholat Dhuha Lengkap Dengan Artinya: Shalat yang dianjurkan dalam agama islam tidaklah hanya meliputi shalat fardhu saja, bahkan di dalam agama islam shalat sunat pun dianjurkan untuk kita laksanakan sebagaimana nabi muhammmad SAW pun selalu konsisten melaksanakan shalat sunat dikarenakan didalam shalat sunat tersimpan faidah atau kandungan yang sangat kita perlukan dalam menjalani kehidupan sehari-hari.
                                               
Sholat Dhuha
Setiap shalat sunat yang kita laksanakan dengan dibarengi adanya rasa ikhlas dalam hati kita maka alloh SWT senantiasa memberikan pahala kepada serta lebihnya alloh SWT memberikan keberkahan dari sholat sunat tersebut dalam menjalani kehidupan ini. Shalat sunat yang diajarkan didalam agama islam sangatlah banyak. Namun dalam artikel ini kami akan mencoba untuk membahas tentang shalat dhuha dan cara melaksanakannya.

Shalat dhuha adalah shalat sunat yang senantiasa rosulullah selalu diamalkan dikarenakan manfaat dari shalat dhuha tersebut adalah sebagai pembuka pintu rezeki. Setiap orang pasti membutuhkan akan rezeki dari alloh SWT, salah satu  yang dianjurkan oleh allah SWT agar rezeki yang alloh SWT berikan kepada kita lancar dan ada dalam keberkahan yaitu dengan cara melaksanakan shalat dhuha.



Waktu Pelaksanaan Shalat Dhuha                                                                    


Waktu pelaksanaan shalat dhuha yaitu ketika posisi matahari mulai naik kurang lebih tujuh hasta (sekitar jam 07:00) sampai dengan menjelang waktu shalat fardhu dzuhur. Jumlah raka'at dalam

shalat dhuha minimal dua raka'at maksimalnya delapan raka'at, bahkan sebagian ulama berpendapat maksimal dua belas raka'at.


Tata-Tata Cara Pelaksanaan Shalat Dhuha Lengkap Dengan Do'anya

Pada dasarnya cara melaksanakan shalat dhuha sama seperti cara melaksanakan shalat fardhu yang membedakan cuma bacaan niat dan jumlah raka'atnya. Jumlah raka'at shalat dhuha minimal dua raka'at maksimal delapan raka'at, bahkan sebagian para ulama berpendapat maksimalnya adalah dua belas raka'at.

Niat Shalat Dhuha
                                                           
Niat Sholat Dhuha

Artinya ; Aku niat shalat sunat dhuha dua raka'at karena alloh ta'ala.


Niat shalat dhuha dilakukan didalam ketika melakukan takbiratul ihram. Gerakan selanjutnya sama yang seperti rasulullah ajarkan kepada kita dalam shalat fardhu.


Surah al-qur'an yang disunatkan dibaca dalam shalat dhuha diantaranya:

1. Rakaat pertama membaca surat As-syamsi.

2. Rakaat kedua membaca surat Ad-dhuha.


Setelah kita selesai melaksanakan shalat dhuha dianjurkan kita untuk membaca do'a yang telah diajarkan oleh rasulullah SAW. Do'a nya sebagai berikut:
                                       
Do'a Sholat Dhuha

Artinya: Ya allah, sessungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu. Ya allah, apabila rezekiku di atas langit maka turunkanlah, apabila berada didalam bumi maka keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh maka dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (wahai tuhanku), datangkanlah kepadaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hamba Mu yang shalih.

Wahai sesama muslimin, terima kasih telah senantiasa membaca artikel ini, mudah-mudahan kita semua diberi petunjuk oleh allah SWT agar senantiasa mengamalkan shalat dhuha ini.

                                                        Semoga Bermanfaat








                    




0 komentar

Posting Komentar