21/06/17

Panduan Lengkap Cara Melaksanakan Shalat Tahajud

Panduan Lengkap Cara Melaksanakan Shalat Tahajud: Cara mengerjakan sholat tahajud sebenarnya sama dengan shalat yang lainnya yaitu diawali dengan bacaan takbir dan diakhiri dengan bacaan salam, perbedaannya cuma dalam niat shalatnya saja. Pengertian dari sholat tahajud adalah sholat yang dilakukan dimalam hari setelah bangun tidur minimalnya dua raka'at maksimalnya tidak terbatas asal setiap dua raka'at harus di akhiri salam.
                                                   

Waktu mengerjakan shalat tahajud yaitu harus di lakukan di malam hari dengan syarat harus ada waktu tidur dulu walaupun sebentar. Bahkan apabila mengerjakan shalat tahajud sebelum bangun tidur maka sholat itu tidak bisa dikategorikan sebagai shalat tahajud melainkan shalat sunat biasa(shalat mutlaq).

Baca juga 5 Manfaat Puasa Yang Berkaitan Dengan Kesehatan

Adapun waktu yang paling unggul dalam mengerjakan shalat tahajud yaitu ketika mulai jam 01.00 malam samapai dengan waktu subuh dikarenakan waktu itu. Walaupun sholat tahajud dilakukan malam hari tapi manfaatnya sangatlah banyak diantaranya dapat terhindar dari bencana atau cobaan, diberikan ilmu yang lebih dari orang lain, menjadikan diri pribadi yang taat kepada allah SWT dan takut akan siksa allah SWT.


Panduan Lengkap Cara Melaksanakan Shalat Tahajud:
                                               
1. Niat Shalat Tahajud

                                 
     
Artinya: Aku niat shalat sunah tahajud dua raka'at karena allah ta'ala.

2. Membaca Surat Al-Fatihah


                                                    
3. Membaca Surat Al-Falaq
                                            

4. Melakukan Gerakan Shalat

Melakukan gerakan sholat seperti biasanya yaitu ruku, i'tidal, sujud pertama, duduk diantara dua sujud, sujud kedua dan kemudian berdiri kembali menuju raka'at ke dua membaca al-fatihah terus membaca surat ke dua.

5. Membaca Surat An-Nas

                                             


6. Melakukan Gerakan Shalat Sampai Akhir

Terus melakukan ruku, i'tidal, sujud pertama, duduk diantara dua sujud, sujud kedua, membaca tahiyat dan di akhiri dengan bacaan salam.


Terima kasih telah senantiasa membaca artikel cara mengerjakan sholat tahajud mudah-mudahan kita bisa melaksanakannya dan menjadi salah satu catatan amal ibadah kita.

                                                             Semoga Bermanfaat



0 komentar

Posting Komentar