29/06/17

Pengertian Ekonomi Mikro Dan Makro

Dalam pelajaran ilmu ekonomi kita sudah tidak asing lagi mendengar kata ekonomi mikro dan mikro, di karenakan materi tersebut sudah familiar dalam pembelajaran kita, oleh karena itu kami juga akan mencoba untuk membahas tentang ekonomi mikro dan makro dan yang berhubungan dengan materi tersebut.
                                                        
Pengertian Ekonomi Mikro: Kata mikro adalah sebuah kata yang sudah sangat kita kenal dalam bahasa inggris yang artinya kecil, jadi dapat dikatakan ekonomi mikro adalah ilmu yang mempelajari perilaku konsumen dan produsen serta penentuan harga pasar untuk suatu barang dan jasa yang didalamnya ada transaksi jual beli.

Pengertian Ekonomi Makro: Ilmu yang membahas arti ekonomi secara keseluruhan, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran serta membahas tentang kebijakan-kebijakan pemerintah.

Ekonomi Mikro Dan Makro
                                                        
Teori Ekonomi Mikro

Beberapa aspek yang dibahas dalam teori ekonomi mikro diantaranya:

1. Interaksi di pasar barang: yang menjadi sorot pembahasan dalam ekonomi mikro adalah kegiatan atau aktifitas yang terjadi di pasar barang, menurut ekonomi mikro perkenomomian terjadi dari gabungan berbagai jenis pasar termasuk pasar barang. Dengan begitu keadaan perekonomian bisa terjadi karena melihat adanya interkasi di pasar barang. Salah satu interaksi yang terjadi di pasar barang adalah adanya tawar menawar harga antara penjual dan pembeli. Dengan aktifitas ini tanpa kita sadari akan menghasilkan harga keseimbangan dalam pasar dan bisa menjadi sebuah patokan dasar suatu harga untuk barang tersebut.


2. Tingkah laku konsumen dan produsen: Salah satu aspek penting dalam ekonomi mikro adalah adanya tingkah laku dari penjual dan pembeli, dikarenakan tingkah laku antara penjual dan pembeli akan menjadi dasar awal untuk terjadinya kesepakatan dari kedua belah pihak. Tingkah laku dari pihak produsen adalah untuk menawarkan barang dengan harga yang telah di sepakati. Sedangkan tingkah laku dari pihak konsumen adalah untuk memiliki barang tersebut dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhannya dengan harga yang telah disepakati.


3. Interaksi dalam pasaran faktor: pasaran yang dimaksud adalah pasaran produksi, sebab  ekonomi mikro pun ikut campur dalam hal ini. Yang menjadi kajiaannya adalah adanya interaksi antara produsen dan konsumen dalam menentukan suatu harga..


Teori Ekonomi Makro

Beberapa Aspek yang dibahas dalam teori ekonomi makro diantaranya:

1. Penentuan harga perekonomian: Dengan aspek ini kita akan mempejari sampai mana suatu produksi dapat menghasilkan barang produksinya yang mana barang produksi tersebut bisa menjadi salah satu sasaran buat konsumen untuk memenuhi kebutuhannya.

2. Masalah pengangguran dan infllasi: Salah satu yang menjadi pembahasan dalam ekonomi makro adalah melihat bentuk pengangguran dan inflasi, dimana inflasi dan pengangguran tersebut dapat kita prediksi dengan melihat pengeluaran agregat dalam perekonomian. Apabila pengeluaran agregat lebih rendah maka kita akan melihat pengangguran yang banyak dan apabila pengeluaran agregat lebih tinggi maka kita akan mengalami inflasi (harga tinggi) dalam barang atau jasa.

3. Peranan kebijakan pemerintah: Langkah kebijakan pemerintah yang harus di lakukan dalam mengatasi masalah pengangguran dan inflasi adalah melakukan kebijakan fiskal dan kebijakan moneter. Kebijakan fiskal adalah upaya pemerintah dalam mengubah strukur dan jumlah pajak serta pengeluarannya dengan tujuan untuk mempengaruhi kegiatan perekonomian. Sedangkan kebijakan moneter adalah langkah pemerintah untuk mempengaruhi jumlah uang dalam perekonomian atau mengubah suku bunga untuk mengatasi masalah perekonomian yang dihadapi.

Kajian ekonomi mikro dan makro

1. Kajian dalam ekonomi mikro meliputi:

   ➤ Analisis biaya dan manfaat.
   ➤ Teori permintaan dan penawaran.
   ➤ Elastisitas.
   ➤ Model-model pasar.
    Industri.
   ➤ Teori produksi.
   ➤ Teori harga.


2. Kajian dalam ekoomi makro meliputi:

   ➤ Pendapatan nasional.
   ➤ Investasi.
   ➤ Kesempatan kerja
   ➤ Inflasi.
   ➤ Neraca pembayaran.


Manfaat dari ekonomi mikro dan makro.

1. Manfaat ekonomi mikro diantaranya:

   ➤ Memperhemat sumber daya alam.
   ➤ Mengetahui tentang aktifitas antara konsumen dan produsen.
   ➤ Mencapai kepuasan dari sumber daya yang terbatas.


2. Manfaat ekonomi makro diantaranya:

   ➤ Mengetahui pendapatan nasional.
   ➤ Pertumbuhan ekonomi nasional.
   ➤ Neraca pembayaran nasional.

Demikian sedikit pembahasan mengenai ekonomi mikro dan makro dan manfaatnya, semoga ada materi pelajaran yang bisa kita ambil.
Bacalah juga artikel yang membahas tentang pengertian pasar dan fungsinya.





0 komentar

Posting Komentar