26/06/17

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli

Pengertian Ilmu Ekonomi Menurut Para Ahli: Kata ekonomi berasal dari bahasa yunani, yaitu oikos dan nomos. Oikos adalah "rumah tangga", sedangkan arti nomos adalah "aturan". Jadi ekonomi  adalah aturan rumah tangga. Yang di maksud rumah tangga disini adalah rumah tangga secara umum yaitu setiap kerja sama manusia yang berasaskan sistem ekonomi dalam mencapai sebuah kemakmuran.


Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tentang usaha manusia untuk memenuhi setiap kebutuhannya dengan tujuan mencapai sebuah kemakmuran. Munculnya ilmu ekonomi disebabkan adanya kebutuhan manusia yang sangat banyak sedangkan keadaan sumber daya alam tidak mendukung.

                                                
Definisi Ilmu Ekonomi

Ilmu ekonomi merupakan ilmu yang sangat luas pembahasannya, sehingga sangat sulit untuk mencari definisi dari ilmu ekonomi hanya darri satu sudut pandang, dikarenakan isi dari bagian ilmu ekonomi sangatlah luas dan banyak bagiannya. Oleh karena itu kami mencoba untuk memberi penjelasan tentang ilmu ekonomi dari berbagai para ahli yang diantaranya:

1. Prof. Paul. A. Samuelson: Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang di dalamnya melibatkan individu atau golongan dalam menggunakan sumber daya alam untuk membuat suatu produk yang bisa berguna untuk manusia di masa sekarang atau masa yang akan datang.

2. Adam smith: Menurutnya ilmu ekonomi adalah suatu kegiatan untuk memproduksi suatu barang dengan tujuan tertentu dengan cara memanfaatkan sumber daya alam yang terbatas.

3. Von neumann dan Morgenstern: Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau umum dengan memaksimalkan sumber daya alam yang tersedia.

4. M. Manulang: Ilmu ekonomi dapat diartikan sebagai ilmu yang dilakukan oleh masyarakat untuk mencapai kebahagiaan dalam hidupnya baik berupa barang atau jasa.

5. Alfred Marshall: Ilmu ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari kehidupan manusia setiap hari.

6. Samuekon: Ilmu Ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis keuntungan dan kerugian agar dapat menghasilkan sebuah dari sumber daya alam yang telah dimanfaatkan.

7. Lipsey: Ilmu ekonomi adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang kebutuhan manusia yang tidak terbatas dari sumber daya alam yang terbatas.

8. Alfred W: Ilmu ekonomi adalah suatu bidang ilmu yang terbagi ke dalam tiga bagian:

       Ilmu ekonomi deskriptif adalah Ilmu ekonomi yang menjelsaskan tentang keadaan ekonomi                yang terjadi dalam bentuk grafik, kurva, angka dan lain sebagainya.

       Teori ekonomi adalah bagian dari ilmu ekonomi yang didalamnya menjelaskan mekanisme                   kegiatan ekonomi.

       Ilmu ekonomi terapan adalah bagian dari ilmu ekonomi tentang kesimpulan yang dihasilkan                dari teori ekonomi untuk menjelaskan masalah-masalah yang di hasilkan dari ekonomi                        deskriptif.

Demikianlah definisi tentang ilmu ekonomi. Semoga bermanfaat!!!
Bacalah juga artikel tentang perilaku konsumen dan produsen.


0 komentar

Posting Komentar