29/06/17

Pengertian Pasar Dan Fungsinya

Pengertian Pasar Dan Fungsinya: Dalam ilmu ekonomi salah satu hal yang pasti selalu dibahas adalah mengenai pasar, dikarenakan pasar adalah suatu sarana (tempat) yang mana manusia selalu butuh akan sarana tersebut untuk memenuhi kebutuhannya. Pengertian pasar dalam ilmu ekonomi menuirut para ahli sangatlah banayak diantaranya:

1. Menurut Kotler: Suatu tempat atau sarana dimana penjual dan pembeli bisa berkumpul untuk saling mempertukarkan barang dan jasa.

2. Menurut Y. Stanton: Tempat yang dijadikan tujuan untuk merencanakan, menentukan, mempromosikan serta mendistribusikan barang atau jasa.

3. Menurut Philip & Duncan: Tempat untuk meletakan suatu barang agar bisa dibeli konsumen.

4. Menurut Nystrom: Tempat terjadinya transaksi antara konsumen dan produsen.

5. Menurut William J. Santon: Tempat berkumpulnya manusia untuk membelanjakan uangnya dalam arti lain tempat transaksi antara konsumen dan produsen dengan uang sebagai alat tukarnya.

6. Menurut Handri Ma'aruf: Tempat buat untuk berkumpulnya antara penjual dan pembeli dan harus terjadinya interaksi serta diakhiri dengan transaksi.

7. Menurut Simamora: Tempat adanya saling ketergantungan antara pembeli dan penjual yang didalamnya ada syarat-syarat yang harus di penuhi oleh kedua belah pihak, misalnya ada barang/jasa dan ada uangya.

8. Menurut Atep Adya Barata: Tempat untuk pembeli dan penjual secara langsung atau tidak langsung untuk melakukan pertukaran untuk sesuatu barang atau jasa.

9. Menurut Dr. Winardi S.E.: Suatu daerah dimana harga pada waktu tertentu sudah ideal antara penjual dan pembeli.

10. Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika Serikat: Tempat kegiatan usaha perdagangan yang kemudian di arahkan untuk barang dan jasa dari produsen ke konsumen.

Dari semua pengertian pasar menurut para ahli di atas dapat kita ambil bahwa pasar adalah suatu tempat yang didalamnya harus tersimpan adanya barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual  dan bisa di terima oleh pembeli serta harus ada alat tukarnya berupa uang.

Setelah kita membahas tentang pengertian pasar, maka kita akan mencoba untuk menjelaskan fungsi dan jenis-jenis pasar.


Fungsi Peranan Pasar Adalah:

➞ Menetapkan harga: Pasar akan menetapkan suatu harga atau nilai untuk suatu barang atau jasa yang sesuai dengan permintaan dan penawaran yang terjadi di pasar. Harga ini sebagai ketetapan yang telah disepakati oleh si penjual dan pembeli.

➞ Meongorganisasi produksi: Pasar akan menjadi organisator untuk metoda produksi yang paling efisien, sehingga dengan metoda para pengusaha bisa memanfaatkan sumber daya untuk dijadikan sebuah produk agar bisa di pasarkan dengan harga yang sudah di rencanakan.

➞ Mendistribusikan produksi: Pasar dapat berperan sebagai distribusi ke seluruh sumber daya. Pasar akan mendistribusikan kepada pelaku pasar dan sumber daya lainnya sehingga dapat terjadi keuntungan buat pelaku pasar dari distribusi tersebut.

                                                       
Fungsi Pasar

➞ Menyelenggarakan penjatahan: Penjatahan yang dilakukan pasar akan membatasi konsumsi dari produksi yang tersedia. Maka pasar akan senantiasa memberi jatah tersendiri akan pembelinya dengan daya penghasilan pembeli tersebut.

➞ Menyediakan barang dan jasa untuk masa mendatang: Pasar bisa berperan sebagai fasilitator untuk mengelola tabungan atau investasi yang berguna untuk menyediakan barang untuk masa yang akan datang.


Jenis-Jenis Pasar: Dari segi berbagai macam sudutnya pasar dapat terbagi kedalam berbagai macam bagian. Berdasarkan wujudnya pasar terbagi ke dalam dua bagian.

1. Pasar persaingan sempurna: Pasar yang memiliki mobilitas sempurna dari sumber daya dan didukung dengan pengetahuan yang sempurna baik untuk penjual dan pembeli, sehingga kekuatan permintaan dan penawaran dapat bergerak secara bebas.

2. Pasar persaingan tidak sempurna: Pasar yang tidak memiliki keorganisasian yang sempurmna, sehingga bentuk pasar dengan cirinya tidak terpenuhi. Pasar persaingan tidak sempurna terdiri dari berbagai macam diantaranya: 


➞ Pasar monopoli: Pasar yang hanya memiliki suatu kekuatan, sehingga pasar ini dikuasai oleh suatu kelompok dan tidak ada kelompok lain yang menyaingi kekuatan di pasar tersebut.

➞ Pasar monopolistik: Pasar yang terjadi karena banyak adanya produsen dalam pasar tersebut, disebabkan adanya diferensiasi antar produk yang dihasilkan oleh produsen seperti merk dan pembungkusnya.

➞ Pasar oligopoli: Pasar dimana memiliki penjual atau produsen yang memilki saham terbesar. Pasar ini dapat tebentuk akan dua faktor yaitu efisiensi skala yang besar dan komplektisitas manajemen. Contoh dari pasar ini diantara lain industrri motor , air mineral dan lain-lain.

➞ Pasar monopsoni: Pasar ini adalah pasar yang memiliki penjual yang banyak tapi pembelinya bersifat tunggal sehingga harga pun bisa dikuasai oleh pihak pembeli.


Demikian sekilas tentang pasar dan fungsinya mudah-mudahan bisa menjadi pengetahuan tambahan buat yang membacanya.
Bacalah juga artikel yang membahas tentang pengertian hukum permintaan dan penawaran.




0 komentar

Posting Komentar