24/07/17

30 Macam-macam Software (Perangkat Lunak) dan Fungsinya

30 Macam-macam Software (Perangkat Lunak) dan Fungsinya: Setiap komputer baik yang berupa model PC atau laptop pasti didalamnya terdapat yang namanya perangkat lunak dan perangkat keras. Komputer merupakan dari sekian teknologi yang canggih untuk membuat data, memanipulasi, dan merangkum data dengan tujuan agar data yang dibuat dapat lebih baik dan lebih akurat dalam pembuatannya.

Komputer ini sangat membantu manusia dalam setiap kegiatannya terutama sebagai salah satu alat untuk mempermudah dalam media belajar dan bekerja. Ketika kalian menggunakan media komputer sebagai alat bantu dalam pekerjaan maka dapat menghasilkan pekerjaan yang lebih cepat sehingga dapat efisien dalam waktu.

Dalam komputer pasti kita mengenal yang namanya perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam artikel kali ini kami akan mencoba membahas mengenai Pengertian Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya.

Baca juga Pengertian Sistem Operasi Komputer Lengkap Dengan Contohnya

Pengertian Perangkat Lunak Komputer (Software)

Perangkat lunak merupakan nama lain dari software. Software tentu saja mengalami perbedaan dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen komputer yang bersifat nyata, bisa dilihat serta bisa dipegang secara langsung oleh manusia. Berbeda dengan software atau perangkat lunak yang tidak bisa dilihat dan dipegang tapi bisa dioperasikan.

Pengertian software atau perangkat lunak adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Sehingga melalui perangkat lunak ini komputer dapat menjalankan suatu perintah.

Berikut ini 30 macam-macam software lengkap dengan fungsinya:

1. A-PDF Creator










A-PDF Creator adalah sebuah utilitas yang memiliki tujuan untuk memungkinkan pengguna untuk pertukaran dokumen elektronik, membantu perushaan untuk mepublikasikan laporan, rencana pemasaran, daftar harga, kontrak, dan dokumen lain dalam format dokumen elektronik portabel.

2. Microsoft Excel













Microsoft Excel adalah software yang berfungsi untuk mengolah data secara otomatis meliputi perhitungan dasar, penggunaan fungsi-fumgsi, pembuatan grafik dan manajemen data. Perangkat ini juga membantu permasalahan administratif mulai dari yang sederhana sampai dengan yang lebih kompleks.

3. Microsoft Word













Microsoft word adalah sebuah program aplikasi untuk mengolah data yang biasa digunakan untuk mebuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat tabel pada dokumen, dan lain sebagainya.

4. Microsoft Powerpoint













Microsoft Powerpoint adalah perangkat lunak yang berfungsi untuk membuat persentasi dalam bentuk slide-slide, mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide, membuat persentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer.

5. AutoCAD













AutoCAD yaitu perangkat lunak komputer CAD untuk menggambar 2 dimensi dan 3 dimensi yang dikembangkan oleh Autodesk. Produk AutoCAD adalah produk yang paling banyak digunakan di dunia ini.

6. McAfee Stinger













McAfee Stinger adalah perangkat lunak komputer yang berfungsi mendeteksi dan menghapus lazim palsu siaga malware dan ancaman yang di identifikasi dalam daftar virus yang merupakan bagian dari aplikasi stinger.

7. Adobe Reader












Adobe Reader yaitu software komputer gratis yang memungkinkan setiap orang khususnya dari kalangan pembisnis untuk bisa melihat, mencetak, dan mencari file PDF menggunakan berbagai platform dan perangka.

8. Windows Internet Explorer













Windows Internet Explorer adalah perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi sebagai media untuk mesin pencari dan juga bisa sebagai sarana untuk berpindah ke suatu tempat misalnya ke file atau direktori.

9. Power DVD













Power DVD adalah perangkat lunak yang berguna untuk menyalin DVD, menyederhanakan proses penyalinan. Dengan Power DVD copy juga konten dapat secara otomatis menyusut ke ukuran disk tujuan dan juga kompatibel dengan berbagai perangkat lunak DVD burner memastikan bahwa pengguna dapat membuat salinan disk yang sempurna.

10. Microsoft Outlook













Microsfot Outlook adalah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengirim dan membaca surat e-. Perangkat ini juga memiliki fungsi kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.

11. Microsoft Acces













Microsoft Acces adalah suatu program aplikasi basis data komputer relasional yang digunakan untuk merancang, membuat, dan mengolah berbagai jenis data dengan kapasitas besar.

12. Google Chrome













Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh google dengan menggunakan mesin renderingWebkit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium.

13. Macromedia FreeHand













Macromedia FreeHand adalah software komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi yang diorientasikan untuk pasar pemasaran dekstop profesional.

14. Adobe Illustrator













Adobe Illustrator adalah perangkat lunak yang bekerja dengan gambar grafik komputer yang disusun berdasarkan bentuk-bentuk geometri sederhana dengan persamaan-persamaan matematis.

15. AVG AntiVirus













AVG AntiVirus yaitu program anti virus yang dibuat oleh AVG technologies. Keunikan dari AVG ini adanya LinkScanner. LinkScanner berfungsi sangat baik pada peramban web berupa mozilla firefox dan google chrome.

16. XAMPP













XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstal XAMPP maka kita tidak perlu lagi melakukan instalisasi dan konfigurasi web sever apache.

17. SPSS dan FOX PRO













SPSS dan FOX PRO adalah sebuah aplikasi pemograman untuk membuat sebuah program berbasis data.

18. WinRAR













WinRAR adalah aplikasi pembuat arsip RAR pada windows versi 32-bit dan 64-bit. WinRAR ini sebuah software yang sangat bagus bisa memperbolehkan pengguna untuk membuat, menangani dan mengontrol file berkas.

19. Corel Draw













Corel Draw adalah editor gravis vektor yang dikembangkan dan dipasarkan oleh Corel Corporation of Ottawa, Kanada. Fungsi dari aplikasi ini yaitu untuk membuat berbagai macam desain seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker, dan yang lainnya dalam dunia digital dan desain grafis.

20. VISIO













Microsoft Visio yaitu program diagram komersial untuk microsift windows yang menggunakan grafik vektor untuk membuat diagram.

21. Smadav













Smadav adalah antivirus untuk proteksi tambahan komputer anda, proteksi total USB Flashdisk, dan pembersihan tuntas virus yang menyebar luas.

22. NERO













NERO BurnLite merupakan software gratis yang bsa di unduh dan memiliki kegunaan untuk membakar dan mengcopy data yang ada pada komputer ke dalam sebuah CD.

23. Winamp













Winamp adalah sebuah freeware gratis yang memiliki fungsi untuk memutar musik dan video. Dengan plug-in yang tepat kita bisa mengubah player musik winamp menjadi program multiguna untuk bertukar musik di internet, mengcopy CD, mengoperasikan TV dan pekerjaan lainnya dengan layanan gratis.

24. UNIX













UNIX adalah sistem operasi yang paling awal ada untuk komputer. UNIX ini merupakan indux dari sistem operasi Linux.

25. DOS












DOS adalah sistem operasi yang merupakan cikal bakal dari microsoft windows. Ciri kha dari DOS yaitu berupa teks putih dengan latar belakang hitam.

26. Novell Operating System














Novell adalah seorang amerika multisional perangkat lunak dan jasa perusahaan yang berkantor pusat di Provo, Utah. Ia berperan dalam membuat lembar utah fokus untuk teknologi dan pemgembangan perangkat lunak.

27. Apple Macintosh













Apple Macintosh adalah sitem operasi yang unggul dalam hal grafik yang memerlukan hardware khusus sehingga tidak dapat dalam komputer biasa.

28. Linux








Linux adalah macam-macam sistem operasi open source yang bisa dikembangkan oleh semua orang dengan bebas.

29. Solaris













Solaris adalah sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh SUN MicroSystem. Solaris ini lebih banyak digunakan oleh perusahaan.

30. Free BSD












Free BSD yaitu sotware yang dibuat oleh Universitas Barkeley yang cara kerjanya sama seperti Linux.

Fungsi Umum Dari Perangkat Lunak Komputer (Software)

Perangkat lunak atau software yang terdapat didalam komputer memiliki fungsi-fungsinya. Diantara fungsi dari perangkat lunak yaitu:

➜ Software menyediakan fungsi dasar untuk kebutuhan komputer yang dapat dibagi menjadi sistem operasi dan sistem pendukung.

➜ Sebagai penghubung antara software-software yang lain dengan hardware.

➜ Sebagai penerjemah terhadap software-software lain dalam setiap instruksi-instruksi ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware.

➜ Software berguna dalam mengatur hadware dalam menjalankan fungsi-fungsinya.

➜ Mengidentifikasi program komputer.

                                                            Semoga Bermanfaat


















0 komentar

Posting Komentar