18/07/17

Macam-macam Sistem Operasi Komputer

Pengertian Sistem Operasi: Sistem operasi dalam bahasa inggris disebut juga dengan operating system adalah perangkat lunak sistem yang bertujuan untuk melakukan pengontrolan dan mengatur perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah kata dan browser web.

Secara umum, definisi sistem operasi adalah software pada lapisan pertama yang disimpan pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan. Sedangkan software-software lainnya dijalankan setelah sistem operasi berjalan, dan sistem operasi akan melakukan layanan inti untuk software-software tersebut.


Maksud dari layanan inti secara umum seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar muka user. Sehingga dengan adanya layanan inti tersebut masing-masing software hanya fokus pada bagiannya masing-masing, karena layanan inti sudah diatur dengan adanya sistem operasi. Bagian kode yang melakukan tugas-tugas inti dan umum tersebuut dinamakan kernel suatu sistem operasi.

Sistem operasi secara umum terdiri dari beberapa bagian diantaranya adalah:

1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memori kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari sistem operasi.

2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah, dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh program atau aplikasi maupun piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah: Command Prompt pada Windows XP, DOS pada Windows 98, dan Konsole pada mesin linux.

3. Handler, mempunyai peran mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.

4. Driver, berpungsi untuk berinteraksi dengan hardware dan mengontrol kinerja dari hardware.

5. Resource Allocator, berfungsi untuk mengalokasikan dan mengatur sumber daya dari perangkat.

Sistem operasi dalam perkembangannya mengalami durasi yang sangat cepat, sehingga menurut Tanebaum perkembangan sistem operasi terbagi ke dalam empat generasi yaitu sebagai berikut:

1. Generasi Awal
Dalam generasi awal sistem operasi bisa dijalankan secara manual, belum bisa dijalankan dengan otomatis dalam arti belum mendukung layanan pekerjaan yang dapat dilakukan dalam 1 rangkaian.

2. Generasi Kedua
Sistem operasi dalam generasi kedua telah diperkenalkannya Batch Operating System dalam arti lain suatu pekerjaan dapat dilakukan dalam 1 rangkaian,

3. Generasi Ketiga
Pada generasi ketiga ini sistem operasi sudah mendukung dengan adanya sistem Multi-User, Multi-Programming, dan Batch Processing System (Multi-Task).

4. Generasi Keempat
Dalam generasi ini sudah dapat diperkenalkannya GUI (Graphical User Interface) yaitu sistem operasi yang memiliki tampilan dan dengan bermodalkan mouse, End-User dapat menjalankan program aplikasi atau piranti lunak.

5. Generasi Selanjutnya
Dalam generasi selanjutnya diperkenalkannya sistem operasi yang berada dalam suatu sistem operasi contohnya adalah sistem operasi yang berbasiskan website yang bergerak dalam sebuah sistem operasi. Dan pada generasi selanjutnya diperkenalkannya sistem operasi bergerak (Mobile) pada perangkat bergerak seperti PGA, Poket PC dan lain sebagainya.
Pada masa selanjutnya juga diperkenalkan teknologi sistem operasi jaringan yang bersifat virtual, yaitu dalam 1 jaringan hanya dibuat satu sistem operasi pada perangkat yang bertugas sebagai server. Selain itu, diperkenalkan juga Cross Platforn Operating System yang artinya dapat menggabungkan 2 sistem operasi yang berbeda seperti Windows dan Linux.

Pada zaman sekarang, manusia mungkin kebanyakan mempunyai PC dan Mobile PC dikarenakan dapat diartikan PC sebagai salah satu kebutuhan manusia bisa digunakan sebagai media belajar atau media usaha. Bahkan untuk masa kini PC sudah tampil lebih modern yang dikenal dengan piranti begerak (dapat digunakan kapan saja, dimana saja dan oleh siapa saja) seperti Laptop, Notebook, dan Netbook. Ketiga piranti ini memiliki sistem operasi layaknya PC. Sekarang kami akan membahas macam-macam sistem operasi yang ada di PC adalah sebagai berikut:

1. DOS adalah singkatan dari Disk Operating System, ada beberapa beberapa versi dalam sistem DOS ini diantaranya MS-DOS yang dibuat oleh microsoft, PC-DOS buatan IDM, dan DR-DOS buatan Digital Research.

2. OS/2 adalah sistem operasi yang dibuat oleh IBM, yang awal mulanya hanya ditujukan untuk pemakaian komputer sendi namun kini telah disebarkan.

3. Sunsoft adalah sistem operasi yang dibaut oleh Sun Microsystem Inc, dan merupakan sistem versi interaktif UNIX.

4. Sistem 6.x atau 7.x yaitu sistem operasi yang dijalankan oleh Macintosh metode dengan menggunakan mode GUI atau Grafhical Uset Interface.
                                                          

5. Windows NT adalah salah satu sistem yang dikembangkan oleh Windows.

6. NextSTEF adalah sistem operasi yang ditujukan kepada komputer neTX karena kecanggihannya.

7. UNIX yaitu sistem operasi yang kini banyak digunakan dalam komputer mini atau mainframe.

8. Sistem Mac Os merupakan sistem operasi untuk komputer keluaran Apple yang umumnya dikenal dengan Mac atau Macintosh.

9. Microsoft Windows antara lain terdiri dari Windows Dekstop Environtment (versi 1.x hingga versi 3.x), Windows 9x (Windows 95, 98, dan Windows ME), Windows NT (Windows NT 3.x, Windows NT 4.0, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7 (seven) yang dirilis pada tahun 2009 dan Windows 8 yang diliris pada tahun 2012.

Fungsi Umum Sistem Operasi

1. Resource Manager adalah pengelolaan sumber daya dan mengalokasikannya. Seperti CPU, Memori, Disk Drive dan perangkat lainnya.

2. Interface (tatap muka) yaitu sebagai perantara antara pengguna dan perangkat keras dengan menyediakan tampilan kepada para pengguna yang lebih mudah dipahami dan bersahabat.

3. Coordinator yaitu menyediakan dan mengkoordinasi sehingga aktifitas dapat diatur secara kompleks dan beurutan.

4. Guardian adalah menyediakan akses kontrol dengan tugas melindungi file dan mengawasi data serta program.

5. Gate Keeper yaitu mengendalikan hak akses pengguna dalam mengendalikan yang berhak masuk ke dalam sistem dan mengawasi apa saja yang dilakukannya.

6. Optimizer adalah sebagai penjadwal masukan (input) oleh user, pengaksesan basis data, proses komputasi dan penggunaanya.

7. Accountant berfungsi untuk mengatur waktu CPU, penggunaan memori, disk storage dan waktu koneksi terminal.

8. Server berfungsi untuk melayani pengguna komputer.











0 komentar

Posting Komentar