04/07/17

Pengertian Konsumsi dan Kegiatan Konsumsi Dalam Ekonomi

Pengertian Konsumsi dan Kegiatan Konsumsi Dalam Ekonomi: Konsumsi merupakan salah satu aktifitas harian yang selalu dilakukan manusia, dalam setiap hari pasti seorang manusia melakukan aktifitas konsumsi baik secara sadar atau tidak sadar. Contohnya makan, minum, tidur, menulis, membaca, sekolah bahkan sampai berkendara. Meski setiap manusia setiap hari melakukan konsumsi masih ada juga manusia yang belum mengetahui pengertian dari konsumsi tersebut. Maka oleh sebab itu, kami melalui artikel ini akan menyampaikan arti dari konsumsi dan hal-hal yang berkaitan dengan konsumsi tersebut.      

Pengertian Konsumsi

Konsumsi adalah aktifitas yang dilakukan secara disengaja dengan maksud untuk menghabiskan nilai guna atau manfaat suatu barang yang dilandasi oleh adanya kebutuhan atau keinginan, dalam rangka menjalankan aktifitas dengan tujuan untuk mempertahankan kehidupan.

Kegiatan Konsumsi Dalam Ekonomi

Kegiatan konsumsi dalam ilmu ekonomi dapat dikelompokan menjadi tiga bagian yaitu:

1. Konsumsi Rumah Tangga

Rumah tangga keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anaknya. Contoh kegiatan konsumsi dalam rumah tangga adalah pemenuhan kebutuhan makanan, pakaian, listrik dan lain sebagainya.

2. Konsumsi Perusahaan

Perusahaan adalah tempat berlangsungnya proses produksi suatu barang. Contohnya pada saat memproduksi barang pihak perusahaan melakukan kegiatan konsumsi terlebih dahulu dengan cara menghabiskan bahan baku dan lain sebagainya.

3. Konsumsi Negara

Konsumsi negara memilik tujuan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan masyarkat dimana biaya yang digunakan untuk konsumsi negara berasal dari masyarakat. Contohnya pihak negara setiap tahun mempunyai program membuat rancangan anggaran dan belanja negara.

Salah satu dari tujuan rancangan tersebut adalah agar bisa mengatur pengeluaran pemerintah terhadap kebutuhan masyarakat. Dalam kegiatan konsumsi pihak negara selalu mementingkan hal yang lebih penting untuk kepentingan masyarakat umum dibandingkan dengan kepentingan pribadinya.

Baca juga Hukum Permintaan dan Penawaran Beserta Kurvanya

Tujuan Aktifitas Konsumsi

Ketika kita melakukan aktifitas konsumsi dalam kehidupan sehari-hari dengan landasan untuk mempertahankan kehidupan, maka kita senantiasa mempunyai tujuan dari aktifitas konsumsi tersebut. Tujuan dari aktifitas konsumsi meliputi:

1. Memenuhi kebutuhan

Tujan dari aktifitas konsumsi yang paling utama adalah untuk memenuhi kebutuhan. Telah kita ketahui, setiap makhluk hidup membutuhkan berbagai macam benda atau barang untuk memenuhi kebutuhannya. Misalnya makan, dengan memgkonsumsi makanan maka makhluk hidup akan senantiasa bisa mempertahankan kehidupannya.

2 Mengurangi nilai guna suatu barang

Dari berbagai macam barang yang kita miliki, kalau kita bisa berpikir ada sebagian barang yang mungkin kita selalu pakai setiap hari kegunaannya. Contohnya handphone, setiap hari untuk jaman sekarang handphone merupakan barang yang penting selalu kita bawa, dengan kita memainkan (menggunakan) handphone setiap hari tanpa kita sadari kita telah mengurangi nilai guna dari barang tersebut.

3. Menghabisakan nilai guna suatu barang

Salah satu dari tujuan konsumsi adalah menghabiskan nilai guna suatu barang, setiap makhluk hidup dalam setiap hari pasti akan menghabiskan nilai guna suatu barang karena untuk mempertahankan kehidupannya, contoh makan nasi biasanya bisa kita gunakan dalam satu kali makan. Nah dengan mengkonsumsi nasi tersebut maka kita telah menghabiskan nilai guna suatu barang.

4. Memenuhi keinginan

Setelah manusia memenhuhi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi dalam kehidupannya, biasanya manusia suka ada keinginan lebih dari pokok kehidupannya. Misalnya ada kemauan yaitu makan bakso, dengan cara mengkonsumsi bakso tersebut maka manusia telah memenuhi keinginannya.

Ciri-ciri Konsumsi

Jika kita meniliti dalam metode konsumsi ini memiliki berbagai macam ciri. Ciri-ciri konsumsi diantaranya meliputi:

1. Adanya barang yang di konsumsi

Kita sudah mengetahui salah satu tujuan dari konsumsi adalah untuk menghabiskan nilai guna suatu barang, jadi ciri yang paling pokok dari konsumsi tersebut adalah adanya barang yang di konsumsinya, soalnya apabila tidak ada barang yang di konsumsi maka seorang makhluk hidup tidak mungkin bisa melakukan aktifitas konsumsi.

2. Manfaat nilai guna suatu barang bisa berkurang atau habis

Barang yang beredar di dunia ini merupakan barang yang kuantitas dan kualitasnya bisa berkurang atau habis, maka salah satu ciri dari aktifitas konsumsi adalah nilai guna suatu barang bisa berkurang atau habis. Jadi sebagai salah satu bukti makhluk hidup telah melakukan aktifitas konsumsi adalah habis atau berkurangnya nilai guna (manfaat) suatu barang.

3. Adanya kebutuhan atau keinginan

Aktifitas konsumsi tidak bisa dilakukan tanpa adanya kebutuhan atau keinginan dari makhluk hidupnya, soalnya apabila tanpa adanya keinginan dan kebutuhan maka tidak akan terjadi aktifitas konsumsi tersebut.


Demikian sedikit masalah pembahasan mengenai konsumsi dan hal yang berkaitan dengan masalah konsumsi mudah-mudahan bisa menambah daya pengetahuan kita.

                                                             Semoga Bermanfaat










0 komentar

Posting Komentar