29/07/17

Pengertian Olaharaga Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Olaharaga Menurut Para Ahli Terlengkap: Setiap manusia pasti mempunyai kesibukan masing-masing ada yang sibuk belajar, bekerja dan berpikir. Sehingga dengan umum manusia kegiatannya seperti itu, maka manusia suka menyempatkan dalam kesibukan mereka dengan cara melakukan olahraga dengan tujuan agar fresh kembali dalam menjalani tuntutan kehidupannya.

Bahasa olahraga merupakan kata yang sudah lumrah kita dengar, bahkan dari kita mulai SD juga sudah mengenal kata olahraga. Walaupun kata olahraga sudah sering kita dengar, tapi banyak dari masyarakat yang belum mengetahui apa arti dari kata olahraga tersebut.

Pengertian Olahraga

Menurut bahasa indonesia kata olahraga terdiri dari dua kata yaitu olah yang artinya penempaan dan kata raga yang artinya anggota badan manusia. Apabila kita ambil dari katanya, olahraga mempunyai arti sebagai aktifitas penempaan yang dilakukan pada bagian-bagian tubuh manusia baik yang fisik psiklis ataupun mental.
                                               
Sedangkan pengertian olahraga menurut para ahli cukup banyak diantaranya adalah:

➜ Edward: Olahraga harus dilakukan dengan spontan dari mulai konsep permainan dan olahraga.

➜ Dewan Olahraga Eropa: Setiap aktifitas dengan gerakan yang bebas dalam mengisi waktu luang.

➜ Suryanto Rukmono S. Si: Setiap kegiatan yang dilakukan untuk melatih tubuh manusia sehingga tubuh akan terasa lebih sehat dan kuat baik secara jasmani maupun rohani.

➜ Jessica Dolland: Olahraga merupakan suatu media untuk pereda stres yang pernah ada. Sehingga dengan olahraga tersebut akan menjadikan otot manusia meregang (bergerak) yang dapat mengalihkan pikiran dari rasa cemas dan gundah.

➜ Hans Tandra: Olahraga merupakan setiap gerakan tubuh manusia yang teratur yang bertujuan untuk memperbaiki kebugaran dalam tubuh.

➜ Cholik Mutoir: Olahraga adalah proses sistematik yang terdiri atas setiap kegiatan dan usaha yang dapat membantu dalam perkembangan atau potensi baik yang berbentuk jasmani ataupun rohani.

➜ Seno Gumira Ajidarma: Olahraga merupakan suatu ajang atau sarana kompetisi untuk menjadi nomor satu.

➜ Kathryn Marsden: Olahraga merupakan aktifitas yang terbaik dalam mengusir stres.

➜ Wikipedia: Olahraga adalah sebuah kegiatan untuk melatih tubuh seseorang baik secara jasmani maupun rohani.

Baca juga artikel lainnya Pengertian Output Device Lengkap Dengan Fungsinya


Manfaat Olahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk manusia, sehingga dengan melakukan olahraga secara rutinitas maka akan memberikan manfaat yang sangat berguna. Manfaat dari olahraga sangatlah banyak diantaranya adalah:


➜ Meningkatkan kepercayaan diri seseorang: Dengan adanya olahraga secara tidak langsung dapat memberikan rasa percaya diri yang lebih dikarenakan dengan berolahraga dengan baik dapat menghasilkan bakat atau potensi yang bisa kita andalkan.

➜ Memperlancar aliran darah: Alliran darah manusia harus selalu mengalir teratur sebab merupakan ciri dari sehatnya manusia. Aliran darah yang mengalir dengan teratur dapat diraih oleh manusia dengan cara melakukan olahraga secara baik dan rutin.
                                                     

➜ Meningkatkan kinerja otak: Salah satu manfaat olahraga yaitu dapat meningkatnya kinerja otak manusia, sebab dalam olahraga tidak hanya dituntuk untuk gerak saja melainkan kita harus konsentrasi dan diisplin. Sehingga otomatis dengan sistem yang seperti itu kinerja kreativitas otak manusia akan meningkat.

➜ Mengurangi resiko stres: Banyak kita melihat orang yang mengalami stres karena beban pikiran yang berat dan tidak bisa mengatasinya. Salah satu kegiatan yang bisa mengurangi stres yaitu dengan berolah raga sebab dengan teratur berolahraga dapat membuat otak kita terasa fresh dan rasa stres pun akan berkurang.

➜ Memiliki daya tahan tubuh yang kuat: Olahraga merupakan kunci sehat, maka agar tubuh kita terasa sehat rajinlah olahraga karena dapat meningkatkan daya tubuh yang kuat dan tidak mudah terkena penyakit.

Cabang-cabang Olahraga

Dalam olahraga sangat banyak sekali cabang-cabangnya. Untuk mempermudah dalam hapalan kita maka kita bagi cabang olahraga menjadi 3 bagian yaitu:

1. Olahraga Atletik : Olahraga atletik ini terdiri dari beberapa bagian yang meliputi olahraga lari, tolak peluru, lempar cakram, lempar lembing, lompat jauh, lompat galah dan lompat tinggi.
                                                 

2. Olahraga Air: Olahraga air terdiri dari beberapa bagian yang meliputi olahraga renang, dayung, menyelam, voli air, dan ski air.
                                               

3. Olahrag Ketangkisan: Olahraga ketangkisan terdiri dari beberapa bagian yang meliputi badminton, bola basket, bola voli, sepak bola, tenis meja, anggar, bowling, tenis, golf, sepak takraw, baseball, hoki, bilyar, tinju dan masih banyak lagi.
                                     

Demikian pembahasan mengenai Pengertian Olaharaga Menurut Para Ahli Terlengkap.
                                                           Semoga Bermanfaat!!!




0 komentar

Posting Komentar