16/07/17

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK): Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang dikenal dengan bahasa Information and Communication Technology (ITC) populer sangat pesat seiring dengan perkembangan zaman. Istilah pendeknya, yaitu Information Technology. Namun, istilah IT tidak mencakup komunikasi hanya teknologi saja.

Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi

Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yang memproses atau mengolah dan memproduksi informasi, serta menyebarluaskan atau mempublikasikannya, seperti komunikasi media.
                     
Data wikipedia berpendapat, bahwa Teknologi Informasi dan Komunkasi adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi.

TIK terdiri dari dua istilah, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi:
➜ Teknologi Informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pengelolaan informasi. Contohnya seperti komputer dan kamera.
➜ Teknologi Komunikasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses penyampaian informasi dari pengirim ke penerima. Contohnya seperti blog, website, dan handphone.

Baca juga artikel mengenai Operasi Dasar Sistem Komputer

Pengertian TIK menurut para ahli
➜ Eric Deeson: Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah kebutuhan manusia didalam mengambil dan memindahkan, mengolah dan memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
➜ Susanto: Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu memperoleh suatu data atau informasi maupun informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

Pengertian Teknologi Informasi

Teknologi Informasi adalah segala hal yang berkaitan dengan proses manipulasi dan pemprosesan informasi. Contohnya seperti komputer yang memproses teks dan kamera yang menghasilkan gambar atau foto.

Pengertian Teknologi Informasi (IT) menurut para ahli

➜ Haag dan Keen (1996): Teknologi Informasi adalah seperangkat alat yang digunakan untuk membantu tugas-tugas yang berhubungan dengan pemprosesan data atau informasi.
➜ Williams dan Sawyer (2005): Teknologi Informasi adalah setiap teknologi yang membantu, menghasilkan, memanipulasi, menyimpan, mengkomunikasikan, dan menyampaikan informasi.
➜ Oxpord English Dictionary: Teknologi Informasi adalah hardware dan software serta bisa masuk didalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam kontek bisnis atau usaha.
➜ Martin (1999): Teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini.

Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan amerika, bahkan kemudian diikuti dengan pemasangan kabel komunikasi Trans-Atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global.

Memasuki abad ke-20, teapatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun langsung berkembang pesat di dunia. Setelah itu, kemudian ditemukan lagi transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an.

Setelah sistem informasi audio-visual berjalan, kemudian pada tahun 1943 ditemukan komputer elektronik pertama dan disusul pada tahun 1947-1957 ditemukannya tahapan miniaturisasi komponen elektronik dan rangkaian terpadu (integrated elektronics) melalui penemuan transistor. Perkembangan elekronika, yang merupakan cikal bakal pesatnya TIK saat ini, mendapatkan puncak emasnya yaitu ketika perang dingin antara kubu amerika dan uni soviet. Dengan adanya persaingan peperangan di bidang IPTEK tersebut justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang.

Dengan adanya sistem miniaturisasi komponen elektronik lewat penciptaan rangkaian terpadu sehingga pada puncaknya ditemukannya mikroprosesor. Mikroprosesor ini menjadi otak perangkat keras komputer dan terus berevolusi hingga saat ini. 

Perangkat teknologi berkembang pesat kembali ketika teknologi digital digunakan untuk mengganti teknologi analog. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital.

Dari hasil konvergensi tersebut dapat memunculkan telepon seluler yang sampai sekarang terpakai kegunaanya oleh kalangan manusia. Lewat adanya telepon seluler tersebut kita mengetahui adanya program multimedia yang dimanfaatkan terus-menerus sehingga pada waktu tersebut dikenal dengan revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti otot manusia, maka revolusi digital menciptakan yang mengganti otak manusia atau mengembangkan otak manusia.

Manfaat atau Fungsi Mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

➜ Mempermudah siswa mengenal internet serta memanfaatkannya untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman, serta kerabat yang jaraknya sulit di jangkau dengan cara menemui secara langsung.
➜ Dengan adanya TIK siswa dapat mampu menjalankan komputer dengan baik dan benar dengan sistem atau pemahaman yang dia telah pelajari sebelumnya.
➜ Mengembangkan kompetensi dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam mendukung kegiatan kita baik untuk belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya.
➜ Memotivasi kemampuan kita agar bisa dan mengantisifasi perkembangan TIK, sehingga bisa menjalankan kegiatan kita secara mandiri dan lebih percaya diri.
➜ Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih oftimal, menarik, dan mendorong kita lebih terampil dalam berkomunikasi, terampil dalam mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerja sama.
➜ Dengan pembelajaran TIK kepada siswa, sehingga siswa bisa dapat belajar mengenai sistem komunikasi dan menjalankan dalam metode pembelajaran.
➜ Siswa dapat mengetahui pengetahuan yang luas di dunia luar dalam berbagai informasi atau materi lewat mdia internet.
➜ Pelajaran TIK sebagai bekal siswa dalam menempuh masa depan yang semakin deras dengan arus globalisasi yang semakin maju dan perkembangan teknologi semakin canggih.

                                         Terima Kasih!!! Semoga Bermanfaat!!!










0 komentar

Posting Komentar