12/07/17

Pengertian Virus Dalam Biologi

Pengertian Virus Dalam Biologi: Mendengar kata virus mungkin sebagian dari kita mengingat waktu saat sekolah, oleh sebab itu kami mencoba untuk menjelaskan kembali materi mengenai virus, ciri-ciri virus dan peranan virus.


Pengertian Virus Dalam Ilmu Biologi

Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologi. Menurut penelitian para ahli biologi, virus adalah peralihan antara makhluk hidup dengan benda mati, hal ini disebabkan karena virus memiliki ciri sebagai makhluk hidup yaitu memiliki DNA dan mampu berkembang biak pada sel yang hidup tetapi virus juga memiliki ciri sebagai benda yang mati yaitu dapat dikristalkan dan tidak memiliki protoplasma.
                                           

Virus bersifat parasit obligat, karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginfeksi dan memanfaatkan sel makhluk hidup lainnya, karena virus tidak memiliki perlengkapan seluler untuk melakukan proses reproduksi sendiri.

Istilah virus umumnya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi organisme multisel dan beberapa jenis organisme sel tunggal, sementara istilah bakteriofag digunakan untuk jenis yang menginfeksi sel prokariota (bakteri) dan organisme lain yang tidak berinti sel.

Hingga saat ini virus masih dalam perdebatan ahli biologi untuk menentukan statusnya sebagai makhluk hidup, karena virus tidak dapat menjalankan tugas biologisnya secara bebas. Oleh karena itu, virus juga sering dihubungkan dengan penyakit tertentu yang menyerang makhluk hidup seperti pada manusia (HIV dan influenza), pada tumbuhan (mosaik tembakau), dan pada hewan (flu burung).


Ciri-ciri Virus Dalam Ilmu Biologi

Jika kita bandingkan virus dan makhluk hidup yang lainnya, virus memiliki banyak karakteristik atau ciri-ciri tersendiri. Berikut ini adalah beberapa karateristik virus diantaranya meliputi:

➜ Virus tidak memiliki sel atau bersifat aseluler.
➜ Virus memiliki ukuran mikroskopik (sangat kecil) sekitar 20-300 milimikron, sehingga untuk melihatnya membutuhkan alat bantu yaitu mikroskop.
➜ Sebagian besar virus bersifat kristal atau hablur.
➜ Virus hanya dapat memiliki salah satu diantara dua macam asam nukleat yaitu antara RNA atau DNA saja.
➜ Virus tidak melakukan metabolisme.
➜ Virus memiliki bentuk yang bervariasi seperti bentuk oval, silinder, kompleks, hingga polyhedral.
➜ Virus tidak dapat bergerak dan membelah diri.
➜ Virus mampu dikristalkan.
➜ Aktifitas virus hanya dapat dilakukan di sel makhluk hidup saja.

Klasifikasi Virus Dalam Ilmu Biologi

Menurut kalsifikasi Bergey, virus temasuk ke dalam divisio protophyta, kelas mikrotatobiotes atau ordo virales (virus). Pada tahun 1976 ICTV (International Commite on Taxonomy of Virus) mempublikasikan bahwa virus diklasifikasikan strukur dan komposisi tubuh, yakni berdasarkan kandungan asam. Sehingga pada dasarnya virus dibedakan menjadi dua macam yaitu golongan virus DNA dan virus RNA.

1. Virus DNA mempunyai beberapa famili diantaranya:

➜ Famili Parvoviridae seperti genus Parvovirus.
➜ Famili Pavopaviridae seperti genus Aviadenovirus.
➜ Famili Adenoviridae seperti genus Mastadenovirus.
➜ Famili Herpesviridae seperti genus Herpesvirus.
➜ Famili Iridoviridae seperti genus Iridovirus.
➜ Famili Poxviridae seperti genus Orthopoxvirus.

2. Virus RNA mempunyai beberapa famili diantaranya:

➜ Famili Picornaviridae seperti genus Enterivirus.
➜ Famili Reoviridae seperti genus Reovirus.
➜ Famili Togaviridae seperti genus Alphavirus.
➜ Famili Paramyvoviridae seperti genus Pneumovirus.
➜ Famili Orthomyxoviridae seperti genus Influensavirus.
➜ Famili Retroviridae seperti genus Leukovirus.
➜ Famili Rhabdoviridae seperti genus Lyssavirus.
➜ Famili Arenaviridae seperti genus Arenavirus.


Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia

Virus dalam kehidupan manusia memiliki dua peranan, ada yang bersifat peranan yang menguntungkan dan ada juga bersifat peranan merugikan.

Peranan virus yang menguntungkan untuk manusia diantaranya:

➜ Membuat antitoksin.
➜ Melemahkan bakteri.
➜ Memproduksi vaksin.
➜ Menyerang patogen.

Peranan virus yang merugikan untuk manusia diantaranya:

➜ Terdapatnya virus pada tumbuhan misalnya mozaik pada daun tembakau seperti Tobacco Mozaik Virus dan pada kentang seperti Potato Mozaik Virus.

➜ Terdapatnya virus pada hewan seperti tetelo pada unggas yaitu New Castle Disease Virus, adanya virus cacar pada sapi yaitu Vicinia Virus, adanya virus lidah biru pada biri-biri yaitu Orbivirus, dan adanya virus tumor pada kelenjar susu monyet yaitu Monkey Mammary Tumor Virus.

➜ Terdapatnya virus pada manusia seperti pada penyakit Influensa yaitu Influenza Virus, pada penyakit AIDS yaitu Retrovirus, pada penyakit SARS yaitu coronavirus, dan pada penyakit Flu burung yaitu Avianvirus.

Demikianlah pembahasan mengenai materi virus dan yang berkaitan dengan virus.

Cobalah baca juga artikel mengenai pembahasan klasifikasi makhluk hidup!!! Semoga bermanfaat!!!


















0 komentar

Posting Komentar