17/07/17

Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya

Perangkat Keras Komputer Dan Fungsinya: Selamat bahagia buat rekan-rekanku semua, pada saat ini anda telah bergabung dengan kami dalam membahas mengenai perangkat keras komputer dan fungsinya. 
Ketika kalian mau mencari masalah perangkat lunak dan apa saja fungsinya?? Maka dengan kalian membaca artikel ini mudah-mudahan menjadi solusi buat kalian dalam memecahkan masalah kalian semua. Dengan begitu mari kita mulai pembahasannya yah!!!

Pengertian Perangakat Keras Komputer

Perangkat keras komputer atau yang biasa dikenal dengan sebutan hardware adalah Semua bagian fisik dari komputer yang mempunyai fungsi mengolah, memberikan masukan, dan menampilkan keluaran yang dijalankan oleh sistem, diman sistem tersebut dapat mengatur tugas setiap bagian-bagian dari perangkat keras tersebut.


Perangkat keras komputer merupakan bagian dari komputer, dimana hardware ini dapat juga berfungsi sebagai eksekutor dan perintah yang telah diprogramkan melalui perangkat lunak yang ditanamkan pada perangkat keras. Jadi, perangkat keras bukan hanya sekedar bentuk fisik aja yang bisa dilihat oleh pancaindera, melainkan mempunyai keterkaitan dengan sistem komputer melalui perangkat lunak.
                                                   

Macam-macam Perangkat Keras Komputer Beserta Fungsinya

1. Perangkat Komputer Input: Fungsi dari perangkat input ini adalah memasukan data-data yang akan di proses dalam sebuah komputer. Perangkat input dalam komputer ini terdiri dari berbagai macam bagian diantranya adalah:

➜ Keyboard: Berfungsi sebagai alat untuk mengetik, memasukan huruf, angka, simbol, dan yang lainnya yang mencakup kedalam masalah tulis-menulis. 

➜ Mouse: Berfungsi sebagai media penggerak kursor pada komputer.

➜ Microphone: Memiliki fungsi sebagai memasukan data audio pada komputer, biasanya kebanyakan digunakan untuk keperluan mulitimedia.

➜ Scanner: Perangkat komputer yang berfungsi memasukan data gambar pada komputer.

➜ WebCam: Mempunyai fungsi sebagai pengambil data foto maupun video dan dimasukan dalam komputer untuk di proses.

➜ Optical Drive: Berfungsi untuk membaca dan menulis data dalam media CD / DVD.

➜ Modem: Memiliki fungsi menghubungkan komputer ke dalam jaringan. 

2. Perangkat Komputer Output: Fungsi dari perangkat output adalah menampilkan dan mengeluarkan hasil data yang sudah di proses oleh CPU. Perangkat komputer yang termasuk dalam perangkat output diantaranya adalah:

➜ Monitor: Berfungsi menampilkan hasil data yang diolah oleh komputer dalam bentuk grafis digital.

➜ Printer: Memiliki fungsi sebagai mencetak data yang sudah di prosse oleh komputer ke dalam media kertas.

➜ Speaker: Berfungsi mengeluarkan data suara yang telah di proses dalam komputer.

3. Perangkat Komputer Penyimpan (Storage): Fungsi dari komputer penyimpan adalah menyimpan data yang akan di proses dan juga setelah di proses olleh CPU. Yang termasuk kedalam perangkat penyimpan dintaranya adalah:

➜ Hard Disk: Memiliki fungsi menyimpan sistem operasi, aplikasi, dan data-data dokumen yang lain.

➜ Flash Disk: Memiliki fungsi untuk menyimpan data dari komputer.

➜ Disket: Mempunyai fungsi sama seperti hard disk cuma terdapat kelemahan karean batasan penyimpanannya terbatas, sehingga banyak ditinggalkan pemakaian disket ini.

4. Perangkat Keras Pendukung: Fungsi dari perangkat ini yaitu untuk mendukung terhadap berjalannya perangkat keras yang lainnya. Yang termasuk dalam peranngkat pendukung diantaranya adalah:

➜ Processor: Memiliki fungsi memproses data yang diinputkan pada komputer.

➜ Memori RAM: Komponen dari CPU yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang akan di proses, tapai bersifat sementara.

➜ Motherboard: Komponen dari CPU yang berfungsi sebagai media penghubung komponen-komponen lainnya dan juga bisa menyimpan program-program utamanya.

➜ Power Supply: Berfungsi mendistribusikan arus listrik ke beberapa komponen yang ada dalam CPU.

➜ Heat Sink (kipas pendingin): Berfungsi untuk mendinginkan suhu proscessor dan juga komponen CPU lainnya.

➜ Video Graphic Adapter: Memiliki fungsi mengelola data grafis komputer yang nantinya ditampilkan pada perangkat komputer monitor.

➜ Sound Card: Mengelola data audio yang nantinya akan dikeluarkan lewat perangkat keras audio.

➜ LAN Card: Menghubungkan sebuuah komputer ke dalam sebuah jaringan.

Demikianlah ulasan mengenai perangkat keras dan fungsinya, mungkin ada lagi perangkat keras yang lainnya tapi secara umum perangkat keras yang telah kami jelaskan mempunyai peranan yang penting dan biasanya terus dipakai ketika kita mau memaksimalkan fungsi dari komputer. Semoga pembahasan yang telah kita bahas menjadi sebuah materi yang bisa dimanfaatkan.
























0 komentar

Posting Komentar