21/08/17

5 Kekacauan Sea Games 2017 di Malaysia

5 Kekacauan Sea Games 2017 di Malaysia: Sea Games merupakan salah satu ajang terbesar di dunia terutama untuk negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Negara yang berada di Asia tenggara pasti menunggu dan menanti akan terselenggaranya Sea Games karena negara-negara tersebut pasti ikut berpartisipasi dalam ajang ini termasuk salah satunya indonesia.                                                          
Sea Games 2017
SEA Games yang merupakan singkatan dari South East Games merupakan ajang pesta olahraga terbesar di kawasan Asia Tenggara. Ajang olahraga 2 tahunan ini kali ini berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, yaitu dimulai pada tanggal 19 sampai 31 Agustus 2017.

Namun ajang SEA Games ini yang baru beberapa hari digelar sudah disoroti oleh media di belahan dunia, karena Malaysia selaku tuan rumah melakukan kesalahan-kesalahan yang cukup dianggap fatal. Tentu saja kesalahan seperti ini akan memberikan efek terhadap para atlet yang akan bertanding membawa beban negaranya masing-masing.


Berikut ini 5 kekacauan di perhelatan SEA Games 2017 diantaranya yaitu:

1. Insiden Bendera Indonesia Terbalik

SEA Games kali ini memberikan luka tersendiri pada negara indonesia, karena bendera pusaka indonesia yaitu merah putih terbalik menjadi putih merah yang terdapat pada buku panduan SEA Games.                                                                           
Bendera Indonesia Terbalik
Pada sabtu (19/08) 2017 acara SEA Games resmi dibuka. Dimana seremonial pembukaannya dilakukan di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Pada waktu itu, semua tamu undangan yang hadir pada acara tersebut diberikan buku cinderamata yang berisi panduan pelaksanaan SEA Games 2017.

Dalam buku cinderamata tersebut menjelaskan negara-negara yang pernah menjadi tuan rumah ajang tersebut. Tapi ada hal yang menarik, tepatnya di halaman 80 terlihat bendera indonesia dalam keadaan terbalik yaitu menjadi putih merah dan kejadian ini sontak menjadi sorotan dunia, terutama masyarakat indonesia yang dimana saat itu diwakili oleh Imam Nahrawi selaku Ketua Pemuda Dan Olahraga.

Tapi untungnya pihak negara Malaysia langsung melakukan permintaan maaf secara tertulis yang ditujukan kepada Indonesia lewat situs akun resminya dan pihak Malaysia pun siap merubah cetakan buku tersebut menjadi benar.

2. Timnnas Indonesia Kehabisan Makan Malam

Peristiwa yang menjadi perbincangan lagi ketika pasukan muda Timnas U-22 Indonesia kehabisan makan malam di Hotel Royale Chulan, Malaysia. Timnas Indonesia yang pada waktu saat itu baru pulang melakukan latihan dan langsung melakukan perjalanan malam sekitar pukul 20.00 yang pada saat itu akan menyantap makanan tapi kondisi yang terjadi malah Timnas Indonesia kehabisan makanan.

Ketika kabar ini sudah meluas, akhirnya pihak penyelenggara memberikan klarisfikasi dan menyangkal terjadinya insiden tersebut karena pihaknya sudah menyiapkan 200 paket makanan sesuai permintaan Timnas Indonesia sendiri.

Manajemen hotel pun sama berdalih karena pihak hotel telah memberi porsi makanan dengan jumlah akurat sesuai dengan permintaan dan data yang dituliskan ternyata permasalahan yang terjadi pihak hotel memiliki keterlambatan dalam memberikan porsi makanan terhadap para atlet.

3. Timnas Indonesia Tidak Bisa Masuk Stadion

Pada hari selasa 15 Agustus 2017 Timnas indonesia yang pada waktu saat itu akan menjalani pertandingan yang cukup berat melawan Timnas Thailand mengalami kejadian yang mengecewakan yaitu pada saat akan memasuki stadion Shah Alam, Selangor ternyata pintu gerbang stadion masih terkunci.

Ketika kejadian terkunci tersebut terjadi, alhasil pihak manajemen Timnas harus mencari petugas stadion yang membawa kunci dan setelah menunggu 15 menit akhirnya pintu gerbang stadion dapat terbuka.

4. Timnas Indonesia Batal Latihan

Pada hari sabtu tanggal 12 Agustus 2017 pihak timnas indonesia sudah mengalami kejanggalan yaitu adanya pembatalan melakukan latihan karena sopir yang membawa Timnas Indonesia tidak mengetahui jalan ke tempat latihan.

Dengan kejadian ini Timnas pun akhirnya mengalami nyasar jalan dan hanya berputar-putar mengelilingi jalanan yang salah. Sehingga pihak timnas pun memutuskan untuk melakukan pembatalan latihan dan pulang kembali ke hotel dengan keadaan terlambat.

5. Sepak Takraw Indonesia di Walkout

Kejanggalan yang paling fatal terjadi Timnas Sepak Takraw Putri Indonesia ketika bertanding melawan Timnas Malaysia melakukan aksi Walkout karena merasa dirugikan dengan keputusan wasit yang pada saat itu dipimpin oleh Muhammad Radi asal singapura.

Kejanggalan dimulai pada set pertama ketika pemain timnas dianggap melakukan fault sebanyak 3 kali, padahal pemain timnas tersebut tidak mengangkat kaki. Bahkan pada set kedua Timnas Indonesia masih merasa dirugikan dan pihak pelatih pun akhirnya melakukan protes tapi tetap tidak berpengaruh.

Karena sikap wasit yang seperti itu, akhirnya pihak Timnas Indonesia memilih untuk tidak melanjutkan pertandingan dan alhasil Timnas Malaysia pun mengambil kemenangan atas Indonesia dengan hasil walkout.


Mungkin itu kejadian dan kekacauan yang terjadi pada ajang SEA Games yang sekarang masih berlangsung. Mudah-mudahan buat kedepannya tidak terulangi kembali sehingga ajang olahraga terbesarv di Asia Tenggara ini bisa berjalan secara sportif dan sesuai rencana.

                                                         Semoga Bermanfaat




















0 komentar

Posting Komentar