26/08/17

Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Ajaran Islam

Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Ajaran Islam: Dalam kalender agama islam dalam waktu satu tahun terdapat dua hari raya yang sangat diagungkan yaitu Idul Adha dan Idul Fitri. Dua hari raya tersebut sangat dirindukan oleh kaum muslimin karena pada hari tersebut Allah memberikan suatu kesenangan di dunia dan berupa catatan amal ibadah untuk di alam akhirat.

Idul Fitri yaitu hari raya yang dilakukan oleh umat muslim pada tanggal 1 syawal setelah melakukan ibadah puasa sebulan penuh pada bulan Ramadhan. Sedangkan Idul Adha adalah hari raya bentuk kemenangan umat islam yang dilaksanakan dari mulai tanggal 10 - 13 Dzulhijjah yang sudah terbiasa melakukan penyembelih hewan. Oleh karena itu, maka hari raya idul adha sering dikenal dengan hari raya qurban.
                                                              
Cara Menyembelih Hewan Qurban
Dalam menyambut hari raya Idul Adha ini, semua umat islam ada di alam dunia sangat dipentingkan untuk melaksanakan penyembelihan hewan qurban berdasarkan ayat Al-Qur'an pada surat Al-Kautsar ayat 2 yang artinya "Laksanakanlah sholat olehmu dan berqurbanlah".

Maksud dari kata Qurban disana adalah umat muslim harus senantiasa mengeluarkan darah hewan qurban pada hari raya idul adha sebagai bukti atas rasa syukur atas ni'mat yang telah Allah SWT limpahkan. 

Dengan adanya dalil di atas, maka kaum muslimin harus senantiasa bersedia melakukan ibadah qurban sebagai rasa taat kepada Allah dan Rasul-Nya. Tapi dalam ibadah qurban ini tidaklah sembarangan, karena hewan yang di sembelih harus memenuhi hukum syariat dalam agama islam yang bisa kalian baca lewat 6 Syarat Hewan Qurban Idul Adha.

Pada artikel ini, kami akan membahas Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Ajaran Islam. Menyembelih dalam agama islam mempunyai definisi langkah melenyapkan ruh binatang dengan cara memotong tenggorokan dan kerongkongan serta dua urat nadi dengan alat yang tajam. 

Rukun Menyembelih Hewan Qurban

1. Orang yang menyembelih harus beragama islam.

2. Binatang yang akan disembelih harus halal, baik halal yang berupa dzatnya maupun cara mendapatkannnya.

3. Alat yang digunakan untuk menyembelih harus tajam sehingga dapat mempercepat terhadap keluarnya ruh atau kematian.

4. Tujuan dari menyembelih harus karena Allah SWT sebagai bukti rasa syukur, bukan karena hal-hal yang diharamkan seperti untuk sesajen dan lain sebagainya.


Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Ajaran Agama Islam

1. Menggunakan pisau yang tajam, semakin tajam maka akan semakin baik. Hal ini didasarkan atas hadist Nabi Muhammad yang artinya "Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan untuk melakukan ihsan dalam segala hal. Apabila kalian membunuh, maka bunuhlah secara ihsan. Dan apabila kalian menyembelih maka sembelihlah secara ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihnya." (H.R Muslim)

2. Sebaiknya kalian tidak mengasah pisau yang akan digunakan untuk menyembelih dihadapan hewan yang akan disembelih, karena akan membuat hewan yang akan disembelih takut sebelum disembelih. Hal ini didasarkan pada hadist Rasulullah SAW yang artinya "Rasulullah memerintahkan agar mengasah pisau tanpa memperlihtakan kepada hewan." (H.R Ahmad, Ibnu Majah)

3. Menghadapkan hewan yang akan disembelih ke arah kiblat.

4. Membaringkan hewan qurban di atas lambung sisi kiri.

5. Menginjakan kaki pada bagian leher hewan.

6. Ketika akan menyembelih disunatkan membaca Basmallah.

7. Membaca takbir.

8. Menyebut nama orang yang telah berpartisipasi dalam bentuk materi dalam pembelian hewan tersebut.

9. Menyembelih dengan cepat dan benar, agar meringankan rasa sakit yang dialami hewan.

10. Memastikan bagian yang harus dipotong sudah terpotong. Bagian tersebut meliputi kerongkongan, tenggorokan, dan dua urat nadi.

11. Dilarang memotong atau mematahkan leher sebelum hewan dipastikan kematiannya.

Dalam menyembelih hewan qurban terdapat juga hal yang hukumnya makruh yaitu apabila dilakukan maka penyembelihan tersebut tetap sah namun sebaiknya untuk tidak dilakukan.

Hal yang makruh dalam melakukan penyembelihan diantaranya adalah:

1. Menyembelih hewan sampai putus lehernya.

2. Menyembelih dengan alat yang tidak tajam.

3. Memotong bagian selain dari leher sebelum hewan tersebut dipastikan kematiannya.

Nah, Sobat mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Ajaran Islam. Buat kalian yang memiliki tambahan terhadap materi ini bisa kalian sampaikan dalam kolom komentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.
















0 komentar

Posting Komentar