28/08/17

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis di Indonesia Terlengkap

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis di Indonesia Terlengkap: Di alam dunia ini sangat banyak sekali jenis hutan yang tersebar bahkan dari mulai jenis hutan homogen yang banyak dijumpai di daerah eropa dan amerika utara hingga hutan tropica yang terkenal dengan sebutan hutan tropis.
                                                         
Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis Indonesia
Hutan adalah sebuah kawasan atau tempat yang dipenuhi dan dikelilingi oleh berbagai macam jenis tumbuhan atau pepohonan. Hutan dalam kehidupan ini banyak sekali fungsinya diantaranya sebagai penampung karbondioksida, tempat tinggal hewan, penghasil okseigen, dan merupakan aspek terbesar dalam biosfer bumi.
                                                          
Macam-macam hutan yang terdapat di alam dunia ini sangatlah banyak, tapi pada kesempatan ini kami akan membahas tentang hutan hujan tropis dan ciri-cirinya. Berikut ini ulasannya:

1. Pengertian Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis adalah kumpulan dari berbagai macam jenis tumbuhan dan pepohonan yang membentuk sebuah bioma hutan dengan kondisi cuaca yang lembab, hangat, dan curah hujan sangat tinggi.

Hutan hujan tropis terletak di sekitar garis khatulistiwa yakni antara 23,5 derajat LU hingga 23,5 derajat LS. Namun ada pendapat yang lebih kuat mengatakan bahwa hutan hujan tropis terkonsentrasi antara 10 derajat LU sampai 10 derajat LS.

Dengan melihat posisi dari garis lintang, maka hutan hujan tropis berada di daerah kawasan asia tenggara yaitu meliputi indonesia, malaysia, dan thailand, di wilayah bagian afrika terdapat di negara kongo, dan pada negara yan berdekatan dengan sungai amazon seperti venezuela, bolivia, kolombia, dan brazil.


2. Karakteristik Hutan Hujan Tropis

Negara yang berada pada bagian wilayah tropis selalu terkena sinar matahari karena posisinya berada pada bagian tengah sehingga tidak akan mengalami pengaruh dari gerak semu matahari. Daerah khatulistiwa dalam setiap tahunnya pasti akan didominasi oleh sinar matahari baik pada musim panas bahkan pada musim hujan sekaligus.

Hewan dan tumbuhan yang berada pada hutan hujan tropis akan memiliki kehidupan yang baik, karena terdapat suhu yang hangat dan curah hujan setiap tahunnya. Berikut ini adalah ciri-ciri hutan hujan tropis diantaranya adalah:

1. Memiliki Pohon Tinggi Berdaun Lebat

Dengan adanya sinar matahari setiap tahunnya maka sangat memungkinkan sekali pohon yang ada di hutan tropis akan tumbuh tinggi dan berdaun lebat. Ketinggian pepohonan yang berada di hutan tropis bahkan bisa mencapai 50 m dan berdiameter batang yang besar. Untuk pintu masuk terhadap hutan tropis di pasang pepohonan yang kecil agar memudahkan manusia untuk berkunjung ke hutan tersebut.

2. Daya Regenerasi Tinggi

Secara alamiah hutan hujan tropis memiliki fungsi untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi, misalnya terdapat pohon tumbang karena terjangan angin yang membuat tajuk terbuka sehingga sinar matahari dapat menyinari dasar hutan. Dengan kondisi seperti ini, akan menyebabkan tumbuhnya berbagai semak, terna dan anakan pohon yang kemudian akan menjadi pohon yang tinggi.

Namun harus ada yang diperhatikan, dengan penerapan sistem regenerasi yang seperti ini maka akan mengakibatkan kerusakan alam dalam skala kecil, bukan kerusakan yang diakibatkan oleh intervensi manusia.

3. Kelembapan Udara Tinggi

Faktor selanjutnya yang menyebabkan pohon yang tinggi yaitu adanya suhu kelembapan udara yang tinggi yang disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Musim kemarau pada hutan hujan tropis biasanya hanya berlangsung selama 3 bulan dalam satu tahunnya.

Tanah yang terdapat dalam hutan hujan tropis memiliki cadangan air yang banyak dan melimpah. Tingkat kelembapan yang tinggi itu didapatkan karena banyaknya uap air yang berasal dari daun menguap ke atmosfer, adanya kerepatan vegetasi, dan ditambah dengan suhu hangat yang tinggi.

4. Vegetasi Tanaman Berlapis

Dalam lingkungan hutan hujan tropis sangat jarang sekali kita melihat adanya celah yang kosong, karena setiap celah pasti ditumbuhi oleh tanaman atau pepohonan. Dalam hutan hujan tropis masalah tumbuhan dan pepohoan terbagi menjadi 5 tingkatan yaitu sebagai berikut:

Tingkat A
Pohon yang terdapat pada tingkat A yaitu pepohonan yang memiliki ketinggian lebih dari 30 meter dan berbatang lurus.

Tingkat B
Pohon tingkat B dikuasai oleh pohon yang memiliki banyak cabang dan saling bersinggungan serta membentuk semacam kanopi (penutup). Pohom tingkat B memiliki kisaran tinggi sekitar 20 -30 meter.

Tingkat C
Pada tingkat C tersusun atas pepohonan yang memiliki ketinggian antara 4 hingga 20 meter dan memiliki banyak ranting yang membentuk tajuk pohon sangat rapat.

Tingkat D
Pepohonan yang termasuk pada tingkat D yaitu pohon yang memiliki ketinggian 4 meter dari permukaan dari atas permukaan tanah. Untuk tingkat ini biasanya dikuasai oleh tanaman herba, palm, dan paku-pakuan besar.

Tingkat E
Tanaman yang termasuk pada tingkat E yaitu hanya tanaman yang memiliki fungsi sebagai penutup lantai hutan seperti lumut, jamur, dan jenis perdu.

5. Sinar Matahari Tidak Mampu Menjangkau Dasar Hutan

Karena keadaan yang terdapat pada hutan hujan tropis dipenuhi dengan tingkatan pohon yang begitu banyak dan menumpuk, maka akan mengakibatkan sinar matahari tidak akan menjangkau dasar hutan. Dengan adanya kondisi seperti ini menjadikan tanah akan lembab dan banyak ditumbuhi jamur dan lumut.

6. Terdapat Genangan Air

Dengan adanya curah hujan yang sangat tinggi apalagi ketika musim hujan sedang terjadi, maka setiap hari air hujan akan mengguyuri hutan dan kondisi tanah sudah jenuh dalam menerima air sehingga terjadi genangan air yang terdapat pada hutan tropis ini.

Demikian penjelasan mengenai ciri-ciri hutan hujan tropis indonesia, buat kalian yang melihat ada kekurangan dan mau memberikan tambahan bisa dengan cara berkomentar. Terima kasih telah senantias berkunjung.

















0 komentar

Posting Komentar