24/08/17

Niat Puasa Dzulhijjah dan 9 Keutamaanya

Niat Puasa Dzulhijjah dan 9 keutamaanya: Kita selaku umat islam sudah diajarkan oleh Rasulullah SAW mengenai masalah ibadah puasa. Puasa merupakan salah satu cara ibadah kita terhadap Allah SWT dengan cara menahan diri dari segala bentuk yang membatalkan puasa seperti makan, minum dari mulai waktu fajar (adzan subuh) sampai dengan terbenamnya matahari (adzan maghrib).

Hukum puasa dalam agama islam terbagi menjadi 5 hukum salah satunya adalah sunat. Sunat dalam agama islam mempunyai definisi amalan yang apabila dikerjakan akan mendapat pahala dan apabila ditinggalkan tidak apa-apa (tidak menjadi dosa).

Puasa sunat yang dibawa oleh Rasulullah kepada umatnya sangat banyak sekali salah satunya puasa dzulhijjah (puasa menjelang hari raya idul adha). Mungkin sebagian orang suka memiliki pertanyaan apakah puasa dzulhijjah hanya pada tanggal 8 dan 9 atau dari mulai tanggal 1? Lewat artikel ini kami akan coba membahas secara tuntas.
                                                         
10  Hari Awal Bulan Dzulhijjah

Puasa sunat di bulan dzulhijjah dalam ajaran agama islam terbagi menjadi dua hukum yaitu:

1. Puasa dzulhijjah yang dilakukan dari mulai tanggal 1 dzulhijjah - 7 dzulhijjah hukumnya sunat goer muakkad yaitu sunat yang tidak ditekankan untuk dilaksanakan. Jadi pada tanggal 1 - 7 dzulhijjah buat umat islam yang mau berpuasa silahkan karena Allah pun akan memberikan pahala dari puasa yang kita lakukan.

2. Puasa dzulhijjah yang dilakukan pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjah itu hukumnya sunat muakkad yaitu sunat yang ditekankan oleh Rasulullah agar dilaksanakan. Karena ketika umat islam berpuasa pada tanggal tersebut maka Allah akan memberikan pahala melebihi puasa sebelum tanggal 8 dan 9 dzulhijjah.


Dalam bahasa arab ketika umat islam melakukan puasa pada tanggal 8 dzulhijjah maka dinamakan puasa tarwiyah dan apabila melakukan tanggal 9 dzulhijjah maka dinamakan puasa arafah.

Mengapa dinamakan dengan Tarwiyah dan Arafah?

Kata Tarwiyah berasal dari bahasa arab yang artinya menyiapkan air yang mana maksudnya pada tanggal 8 dzulhijjah umat islam yang melaksanakan ibadah haji pergi ke daerah mina untuk bermalam dimana pada esoknya akan melakasanakan wukuf. Sebelum melakukan ibadah wukuf para jemaah haji diharuskan untuk menyiapkan dan membawa air sebagai bekal untuk melakukan wukuf.

Sedangkan kata Arafah diambil dari ibadah yang dilakukan pada tanggal 9 dzulhijjah yaitu wukuf di padang arafah. Ketika para jemaah haji melakukan ibadah yang paling pokok yaitu wukup di arafah dan untuk umat islam yang tidak mampu melaksanakan ibadah haji maka disunatkan untuk melaksanakan ibadah puasa yang dinamakan dengan puasa arafah.

Tapi buat kalian yang belum mengetahui mengenai niat puasa dzulhijjah, maka kami akan memberi informasi niat puasa dzulhijjah yaitu:

1. Niat puasa pada tanggal 1 - 7 dzulhijjah lapadznya adalah:
                                                   
Artinya: Aku niat puasa pada bulan dzulhijjah sunat karena Allah Ta'aala.

2. Niat puasa pada tanggal 8 dzulhijjah lapadznya adalah:      
Artinya: Aku niat puasa tarwiyah sunat karena Allah Ta'aala.

3. Niat puasa pada tanggal 9 dzulhijjah lapadznya adalah:
                                                             
Artinya: Aku niat puasa arafah sunat karena Allah Ta'aala.

Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Pada 10 hari pertama pada bulan dzulhijjah merupakan hari-hari yang termasuk mulia dalam agama islam, karena pada hari tersebu Nabi Muhammad memerintahkan umatnya untuk berpuasa sunat. Walaupun derajatnya masih puasa sunat, tapi banyak sekali keutamaan dan pahala yang allah berikan kepada umatnya yang menjalankan ibadah puasa diantaranya adalah:

1. Tanggal 1 Dzulhijjah

Bagi kalian yang melaksanakan puasa tanggal 1 dzulhijjah maka Allah akan memberikan ampunan terhadap dosa yang telah kalian lakukan dengan tidak sadar atau tidak disengaja.

2. Tanggal 2 Dzulhijjah

Umat islam yang melaksanakan ibadah puasa pada tanggal 2 dzulhijjah maka Allah akan memberikan pahala sama dengan orang yang melakukan ibadah setahun tanpa melakukan maksiat.

3. Tanggal 3 Dzulhijjah

Orang yang melakukan puasa pada tanggal 3 dzulhijjah maka pada hari tersebut Allah akan mengabulkan do'a yang telah dia panjatkan.

4. Tanggal 4 Dzulhijjah

Barang siapa yang berpuasa pada tanggal 4 dzulhijjah maka Allah akan menghilangkan sifat fakir, susah dan melarat selama dia masih hidup dan pada waktu di akhirat akan dimasukan ke dalam golongan orang yang mulia.

5. Tanggal 5 Dzulhijjah

Pahala yang Allah janjikan pada manusia yang berpuasa pada tanggal 5 dzulhijjah yaitu Allah menghacurkan sifat kemunafikannya dan dijauhkan dari siksa kubur.

6. Tanggal 6 Dzulhijjah

Umat muslim yang berpuasa pada tanggal 6 dzulhijjah maka Allah akan memberikan rahmat dan kasih sayang kepadanya dan tidak akan mendapatkan adab atau siksa.

7. Tanggal 7 Dzulhijjah

Keutamaan puasa pada tanggal 7 dzulhijjah yaitu Allah akan menutup 30 pintu kemelaratan serta akan membukakan 30 pintu kemudahan untuknya.

8. Tanggal 8 Dzulhijjah

Bagi kalian yang melakukan puasa pada tanggal 8 dzulhijjah maka allah akan memberikan pahala yang tidak bisa dihitung dan diperkirakan dengan bayangan manusia.

9. Tanggal 9 Dzulhijjah

Dalam kitab fiqih umat islam yang mengerjakan puasa pada tanggal 9 dzulhijjah maka allah akan mengampuni dosanya 1 tahun ke belakang dan 1 tahun ke depan.

                                                            Semoga Bermanfaat











0 komentar

Posting Komentar