30/08/17

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah: Salah satu puasa sunat yang dianjurkan dalam agama islam yaitu puasa 2 hari menjelang lebaran idul adha yang biasa disebut dengan puasa tarwiyah dan arafah. 

Mengapa harus ada puasa sunat tarwiyah dan arafah?? Jawaban untuk pertanyaan tersebut yaitu karena pada bulan dzulhijjah umat islam yang mempunyai harta yang banyak diwajibkan untuk melaksanakan ibadah haji yang mana nilai pahalanya sangat besar.

Tujuan adanya puasa tarwiyah dan arafah yaitu agar umat islam yang tidak mampu melaksanakan ibadah haji bisa mendapatkan pahala seperti ibadah haji dengan cara menjalankan ibadah puasa. Puasa ini juga sangat dianjurkan oleh Rasulullah dalam hadistnya yang artinya "puasa pada hari tarwiyah menghapus dosa satu tahun dan pada hari arafah menghapus dosa dua tahun"

Keutamaan puasa pada bulan dzulhijjah sangat banyak sekali tidak hanya sebagai penghapus dosa, untuk penjelasan lengkapnya mengenai hal itu bisa kalian baca di 9 Keutamaan Puasa Dzulhijjah.
Orang islam yang cinta akan Allah dan Rasulnya pasti akan melaksanakan puasa tersebut, karena sebagai rasa taat kepada Allah dan juga ebagai bentuk rasa syukur kepada Allah.

Tapi buat kalian yang mau melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah, maka kalian harus mengetahui dulu niatnya dikarenakan agar puasa kita bisa syah menurut agama islam dan bisa diterima oleh Allah SWT.

Bacaan Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah

Berikut ini bacaan niat dalam melaksanakan puasa tarwiyah dan arafah:

Niat puasa tarwiyah lapadznya yaitu:
                                                         

Niat puasa arafah lapaznya yaitu:
                                                        

Mungkin itulah pembahasan mengenai niat puasa tarwiyah dan arafah, semoga puasa yang kita lakukan pada bulan dzulhijjah dapat diterima oleh Allah sehingga bisa memberikan keberkahan di dunia dan akhirat. Terima kasih telah berkunjung





0 komentar

Posting Komentar