29/08/17

Niat Shalat Idul Adha dan Tata Caranya

Niat Shalat Idul Adha dan Tata Caranya: Rangkaian ibadah yang dianjurkan oleh agama islam pada bulan dzulhijjah yaitu melaksanakan puasa pada tanggal 8 dan 9 dzulhijjah atau yang biasa dikenal dengan puasa hari tarwiyah dan hari arafah. Dimana pada 2 hari tersebut Allah SWT memberikan pahala kepada umat muslim yang mau melaksanakannya. Untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat di Niat Puasa Dzulhijjah dan 9 Keutamaannya.

Setelah selesai melaksanakan ibadah puasa. Pada malam harinya umat islam disunatkan untuk menggemakan bacaan takbir dengan serentak di seluruh pelosok dunia sebagai salah satu rasa bersyukur atas ni'mat kesehatan dan fisik yang sempurna yang telah Allah berikan.

Umat islam yang semalaman membacakan takbir dan pada esok hari tepatnya pada pagi hari umat islam disunatkan untuk melaksanakan shalat idul adha yang mana akan kami jelaskan masalah niat dan tata caranya dalam artikel ini.

Niat Shalat Idul Adha

Hal yang paling utama dalam melaksanakan ibadah shalat yaitu niat. Ketika kalian tidak membaca niat atau salah dalam niatnya, maka ibadah shalat tersebut tidak akan sah dan tidak akan diterima oleh Allah SWT.

Berikut ini bacaan niat shalat idul adha yang benar lapadznya yaitu:
                                                             
Niat Shalat Idul Adha
                                                      
Tata Cara Shalat Idul Adha

Jumlah rakaat shalat idul adha sama halnya dengan idul fitri yaitu 2 rakaat. Untuk rakaat pertama diawali dengan membaca takbiratul ihram lalu ditambah mengucapkan bacaan tahmid dan takbir sebanyak 7 kali. Untuk rakaat kedua disunatkan membaca tahmid dan takbirnya sebanyak 5 kali.

Menurut para ulama dalam membaca bacaan takbir dan tahmid alangkah baiknya diawali dengan membaca tasbih jadi ada 3 bacaan yaitu tasbih, tahmid, dan takbir yang lapadznya yaitu:
                                                             
 
Bacaan Tasbih, Tahmid, dan Takbir
                                                       
Artinya: Maha suci dzat Allah, segala puji milik-Nya, dan tidak ada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah SWT.

Buat kalian yang masih bingung akan prakteknya, maka kami akan coba jelaskan secara detailnya dibawah ini:

1. Rakaat Pertama (setelah niat)

Membaca takbiratul ihram dengan niat shalat idul adha.

Membaca do'a iftitah.

Mengucapkan takbir 7 kali yang disela-sela takbirnya membaca bacaan tasbih, tahmid, dan takbir.

Membaca surat Al-Fatihah

Melakukan gerakan dan bacaan seperti shalat dan menurti gerakan imam.

2. Rakaat Kedua

Membaca takbir 5 kali yang disela-sela takbirnya membaca bacaan tasbih, tahmid, dan takbir.

Membaca surat Al-Fatihah

Melakukan gerakan dan bacaan seperti biasa dan menuruti gerakan imam.

Setelah selesai melaksanakan shalat, maka diharuskan untuk imam melakukan khutbah dan materi yang dibahas dalam khutbahnya diharuskan mengenai sejarah dan hikmah idul adha.

Ketika shalat selesai dilaksanakan, maka umat islam langsung melaksanakan penyembelihan hewan qurban sebagai bentuk rasa syukur atas ni'mat dari Allah SWT. Dalam penyembelihan hewan qurban dalam islam tidaklah sembarangan, melainkan ada hukum-hukum yang menentukan tinggal kalian baca aja selengkapnya di sini Cara Menyembelih Hewan Qurban Menurut Islam.

Nah, sobatku sekalian mungkin itulah penjelasan mengenai Niat Shalat Idul Adha dan Tata Caranya mudah-mudahan bisa memberikan manfaat di dunia dan di akhirat. Terima kasih telah berkunjung.




0 komentar

Posting Komentar