28/08/17

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Contoh dan Fungsinya

Pengertian Sistem Operasi Komputer, Contoh dan Fungsinya Sistem operasi adalah perangkat lunak yang paling penting untuk menjalankan komputer. Fungsi dari sistem operasi komputer adalah untuk mengelola memori komputer dan proses-proses lainnya yang berada pada komputer, serta semua perangkat lunak dan perangkat keras. Dengan demikian, anda dapat melakukan sesuatu yang terdapat pada komputer sekalipun anda tidak mengetahui arti dari bahasa komputer tersebut.
                                                
Contoh Sistem Operasi Komputer

Contoh Sistem Operasi Komputer

Dengan adanya komputer maka dengan sendirinya akan ada sistem operasi dan contoh dari sistem operasi tersebut.
Berikut ini adalah contoh dari sistem operasi komputer diantaranya yaitu:

1. Windows

Windows merupakan sistem operasi komputer yang paling sering digunakan. Sistem operasi windows merupakan sistem operasi komputer yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Microsoft Corporation. Sistem operasi windows memakai tampilan antar muka bergrafis atau GUI (Grafhical User Interface).

2. Linux

Linux adalah sistem operasi open source yang gratis untuk disebarluaskan di bawah lisensi GNU. Fungsi dari lisensi tersebut yaitu agar kalian bisa mendapatkan program dengan sumbernya secara lengkap, bahkan ada diberikan hak untuk mengcopy sebanyak yang anda mau dan juga bisa mengubah kode sumbernya.

3. Macintosh

Macintosh adalah sistem operasi yang dipakai oleh komputer khusus yaitu komputer macintosh. Sistem operasi ini dibuat oleh perusahaan Apple. Karena macintosh merupakan sistem operasi yang dirancang khusus, maka macintosh tidak cocok untuk dipakai pada komputer yang berbasis IBM.

4. Symbian

Symbian adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh symbian Ltd yang fokus pada operasi handphone saja. Tapi pada zaman sekarang sistem operasi symbian pada mobile sudah menurun karena adanya dan populernya sistem android.

5. Android

Android merupakan nama sistem operasi yang telah terkenal pada zaman sekarang untuk serian gadget seperti laptop, komputer dan handphone  . Simbol atau logo android yaitu berbentuk robot dengan dua antena dikepalanya yang menandakan bahwa android merupakan sistem operasi yang canggih dan paling terpopuler pada masa sekarang.

6. Solaris

Solaris adalah sistem operasi yang berdasarkan unix system yang dikembangkan oleh perusahaan yang bernama Sun Microsystem yang merupakan pendukung SunOS. Kelebihan dari sistem operasi solaris yang yaitu terkenal akan kestabilan sistem kerjanya.

7. Chrome OS

Chrome OS adalah sistem operasi yang dikeluarkan oleh perusahaan ternama yaitu google. Sistem operasi Chrome OS memakai standard web HTML 5, yang mana merupakan pengembangan dari sebuah software di browser yang berbasis OS atau sistem operasi.


Fungsi Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi dalam komputer memiliki banyak sekali fungsinya diantaranya adalah:

1. Bertindak sebagai koordinator yang memberikan fasilitas agar segala aktifitas yang sifatnya kompleks dapat dikerjakan dengan urutan yang benar.

2. Bertindak sebagai badan pengawas dan memberikan izin untuk yang bisa masuk ke dalam komputer tersebut.

3. Bertindak sebagai pengoptimal yang membuat jadwal atas beberapa masukan dari isi pengguna, komputasi, akses basis data, keluaran, dan sebagainya guna meningkatkan sistem kerja tersebut.

4. Bertindak utama dalam menjaga kondisi CPU dan penggunaan memori dari komputer.

5. Bertindak sebagai pusat yang membantu memberikan pelayanan terhadap user.


0 komentar

Posting Komentar