01/08/17

Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru dan Terlengkap

Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru dan Terlengkap: Salah satu olahraga yang terpopuler di indonesia bahkan di dunia adalah permainan bola voli. Sudah kita bisa menyaksikan bahwa banyak sekali manusia yang senang akan bola voli dari mulai anak-anak sampai orang dewasa. 

Terkenalnya permainan bola voli dapat kita saksikan dari mulai di perkampungan ada lomba ajang antar kampung, ditingkat negara ada PON permainan bola voli, bahkan di dunia sekalipun ada ajang bergengsi yang diperebutkan seperti olimpiade.


Tapi agar permainan bola voli yang kita sukai dan biasa kita laksanakan alangkah baiknya harus di bersamakan dengan peraturan permainan bola voli yang benar. Maka kami dengan adanya artikel ini akan membahas mengenai Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru dan Terlengkap.

Dalam permainan bola voli terdapat banyak sekali peraturan-peraturan yang perlu kita pahami, agar permainan bola boli yang kita lakukan dapat memenuhi standar nasional. Adapun peraturan-peraturan yang terdapat dalam permainan bola voli diantaranya adalah:

1. Ukuran Lapangan

Lapangan bola voli harus berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 18 m dan lebar 9 m. Semua garis yang berada dalam lapangan yang mencakup garis batas lapangan, garis tengah dan garis daerah serang adalah 3 m (daerah depan). Garis batas itu diberi tanda batas dengan menggunakan tali, kayu, cat, kapur, atau kertas yang lebarnya 5 cm.
                                                     
Lapangan yang 18 m dibagi menjadi dua bagian yang dimanan untuk satu timnya 9 m. Dalam tengah lapangan tersebut dibatasi garis tengah yang membagi lapangan menjadi dua bagian sama besar. Masing-masing lapangan terdiri atas daerah serang dan daerah pertahanan.

2.  Jaring Net 

Jaring net dalam bola voli dalam peraturan bola voli panjang 9,5 m, lebar 1,0 m, dan lebar mata jaring 10 cm. Pada bagian atas net harus ada pita putih yang lebarnya 5 cm. Tinggi jaring net bola voli untuk putra 2,43 m, dan tinggi jaring net untuk putri 2,24 m.


3. Bola 

Bola yang digunakan dalam bola voli yaitu harus terbuat dari bahan kulit yang lunak dan bagian dalam bolanya harus terbuat dari karet. Sedangkan untuk ukuran bola voli yang benar adalah diameter bola voli antara 65 - 67 cm, berat bola antara 250 - 280 gram, dan jumlah jalur antara 12 - 18 jalur.
4. Pemain

Jumlah pemain dalam lapangan bola voli harus berjumlah 6 orang setiap tim dan ditambah 5 orang sebagai pemain cadangan dan satu orang pemain libero. Satu tim bola voli harus maksimal mempunyai 12 orang, satu coach, satu asisten coach, satu trainer dan satu dokter medis. Pemain yang akan bermaian harus didaftarkan dulu oleh pelatih dan buat pemain yang tidak masuk dalam daftar pelatih tidak bisa memasuki pertandingan.
                                                      

5. Formasi Bola Voli

Formasi dalam bola voli terbagi menjadi 4 bagian yaitu meliputi:
➜ Tosser: Tosser adalah orang yang memberi umpan bola kepa rekan setimnya. Salah satu tugas tosser yang terpenting adalah mengatur jalannya permainan, karena ketika tosser dapat mengatur permainan maka akan terjadi serangan dan pertahanan yang seimbang.
➜ Spiker: Spiker yaitu pemain yang bertugas memukul bola agar jatuh di daerah pertahanan lawan.
➜ Libero: Libero yaitu pemain yang memiliki tugas untuk melakukan sistem pertahanan.
➜ Blocker: Blocker adalah pemain bertahan yang memiliki tugas untuk menahan serangan dari lawan.

6. Tempo Pertandingan

Dalam bola voli selesainya pertandingan tidak ditentukan dengan menit, melainkan dengan hitungan bola yang masuk yaitu 25 poin untuk 1 set permainan. Sedangkan selesainya permainan bola voli yaitu dengan cara:

➜ Two Winning Set: Pertandingan selesai dengan salah satu tim bisa memenangkan dua set secara langsung.
➜ Three Winning Set: Pertandingan selesai dengan salah satu tim bisa memenangkan tiga set secara langsung.

7. Perhitungan Angka

Perhitungan nilai atau angka dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut:
➜ Jika pihak musuh bisa memasukan bola ke dalam daerah kita maka pihak musuh akan mendapatkan poin.
➜ Serve yang dilakukan oleh tim harus melewati net dan masuk ke daerah musuh, apabila tidak sampai maka pihak musuh akan mendapatkan nilai.

8. Bentuk Pelanggaran

Bentuk pelanggaran yang ada dalam permainan bola voli yaitu meliputi:
➜ Berbicara kasar terhadap orang atau wasit.
➜ Mempengaruhi keputusan wasit.
➜ Melakukan protes berlebihan kepada wasit.
➜ Mendapatkan petunjuk dari luar lapangan pada saat pertandingan berlamgsung.
➜ Meninggalkan lapangan tanpa ada izin dari wasit.

9. Sistem Pertandingan

Sistem pertandingan dalam permainan bola voli yaitu meliputi:
➜ Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan yang 8 tim tersebut dibagi menjadi dua grup, masing-masing grup terdiri dari 4 tim.
➜ Setiap tim terdiri dari 10 pemain, 6 orang sebagai pemain inti dan 4 orang sebagai pemain cadangan.
➜ Pergantian pemain dalam bola dapat dilakukan bebas (tidak dibatasi).
➜ Pertandingan tidak akan ditunda apabila satu tim kurang satu pemainnya dengan alasan yang tidak jelas.
➜ Jumlah pemain dalam pertandingan minimal 4 orang, apabila pada saat bertanding ada tim yang pemainnya kurang dari 4 orang maka tim tersebut akan dipastikan kalah.
➜ Setiap pertandingan berlangsung tiga babak, apabila dalam dua babak belum ada pemenang. Apabila dalam dua babak sudah ada pemenangnya maka tidak akan ada babak ketiga.
➜ Apabila dalam penyisihan group ada poin yang sama, maka untuk menentukan tim yang unggul dengan cara menjumlahkan kualitas nilai yang mereka sudah jalani.

10. Pelanggaran 

Dalam bola voli terdapat beberapa pelanggaran yang meliputi:
➜ Pemain menyentuh net atau melewati garis batas tengah lapangan. Tapi apabila melewati garis lapangan tanpa disengaja dan tidak mengganggu lawan maka tidak dianggapTid sebagai pelanggaran.
➜ Tidak boleh menangkap atau melempar ketika permainan berlangsung.
➜ Bola yang keluar lapangan belum dihitung apabila belum menyentuh permukaan lapangan.
➜ Servis yang dilakukan apabila keluar akan menghasilkan nilai bagi lawan.
➜ Setiap tim harus berpindah lapangan apabila satu set pertandingan telah selesai.
➜ Time out hanya 1 kali setiap babak dan berlangsung satu menit.
➜ Apabila ada peraturan internasional yang baru dan telah disetujui maka kita harus ikuti peraturan baru tersebut.

Demikian penjelasan mengenai Peraturan Permainan Bola Voli Terbaru dan Terlengkap, mudah-mudahan dapat kita pelajari dan kita gunakan dalam pertandingan.












0 komentar

Posting Komentar