29/08/17

Ruang Lingkup Biologi dan Karakteristiknya

Ruang Lingkup Biologi dan Karakteristiknya: Ilmu biologi merupakan salah satu ilmu yang menjadi favorit dari berbagai macam kalangan manusia yang masih dalam tahap pembelajaran, dikarenakan dalam ilmu biologi banyak sekali ruang lingkup dan cabang-cabang ilmu yang sangat menarik dan penting untuk kita pelajari. 
                                                           
Ruang Lingkup Biologi
Maka kami akan terlebih dahulu mencoba untuk membahas ruang lingkup ilmu biologi sebelum membahas kepada materi-materi yang akan dibahas dalam materi biologi ini. Dalam pembahasan ruang lingkup ilmu biologi ini meliputi berbagai macam bagian diantaranya:

1. Karateristik Biologi Sebagai Ilmu

Biologi sebagai salah satu mata pelajaran yang memiliki karakteristik berbeda dibandingkan dengan mata pelajaran yang lainnya di sekolah. Obyek dari biologi yang berupa makhluk hidup memberikan daya tarik tersendiri buat para siswa yang ingin mempelajarinya, soalnya obyek yang mereka pelajari berada dalam dirinya dan lingkungannya berupa hewan, tumbuhan dan lain-lain.

Biologi merupakan ilmu yang mengkaji atau mempelajari makhluk hidup dengan segala permasalahnnya. Biologi merupakan salah satu cabang dari sains, sehingga antara biologi dan sains memiliki persamaan dalam pembahasan dan dalam membutuhkan terhadap dukungan yang meliputi teknologi yang ada di masa sekarang.

Biologi sebagai sains lahir dan berkembang melalui pengamatan dan eksperimen yang merupakan langkah-langkah dalam kerja ilmiah. Perkembangan biologi dapat dilihat dari hasil dari pengamatan dan penelitian yang dilakukan, semakin banyak penelitian dilakukan maka akan semakin banyak juga materi yang akan dipelajari.

Jadi dapat kita prediksi ilmu biologi adalah salah satu ilmu yang menarik untuk dipelajari dan termasuk salah satu ilmu yang rumit untuk kita teliti karena obyek biologi sangat banyak sekali, sehingga para ilmuwan-ilmuwan yang meneliti biologi senantiasa hanya ahli dalam satu cabang ilmu biologi, tidak bisa meneliti terhadap seluruh cabang dalam ilmu biologi.

Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik yang sama dengan ilmu sains lainnya.
Adapun karakteristik ilmu pengetahuan alam (IPA) atau sains yang didalamnya tersimpan biologi meliputi:

 Objek kajian merupakan benda yang konkret dan dapat ditangkap oleh indra.

 Dikembangkan berdasarkan pengalaman yang nyata (empiris).

 Memiliki langkah-langkah sistematis yang bersifat baku.

 Menggunakan cara berfikir yang logis maksudnya berfikir dengan cara menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus menjadi ketentuan yang berlaku umum atau dikatakan juga berfikir secara deduktif.



2. Ruang Lingkup Biologi

Mata pelajaran biologi menurut keputusan Depdiknas tahun 2003 dalam ruang lingkupnya memiliki tiga sudut pandang yang berbeda tapi dalam aplikasinya harus bersama-sama dilakukan sebagai salah satu kesatuan. Tiga sudut pandang tersebut meliputi:

1. Obyek Biologi

Obyek atau kajian dalam ilmu biologi adalah makhluk hidup. Makhluk hidup yang ada di bumi ini sangatlah luas dan banyak, maka agar mudah mempelajarinya para ilmuwan membagi makhluk hidup tersebut menjadi beberapa kelompok dalam bahasa biologi dikenal dengan kingdom.

Pada awalnya para ahli membagi semua makhluk hidup menjadi dua kingdom yaitu kingdom tumbuhan dan kingdom hewan. Dasar para ahli membagi makhluk hidup menjadi dua kingdom yaitu:

1. Karena semua tumbuhan memilki dinding sel yang tersusun dari selulosa, sementara hewan tidak memiliki dinding sel.

2. Tumbuhan memiliki klorofil sehingga dapat membuat makanannya sendiri melalui proses fotosintesis dan tidak dapat berpindah tempat, sedangkan hewan pada umumnya bisa berpindah tempat dan tidak dapat membuat makanannya sendiri.

Tapi pendapat ini ditentang karena ada tumbuhan yang tidak bisa membuat makanannya sendiri yaitu jamur. Sehingga para ahli taksonomi membagi makhluk hidup menjadi tiga kingdom yaitu kingdom plantae (tumbuhan), fungi (jamur), animalia (hewan).

Setelah pendapat ini bertahan cukup lama adalagi para ilmuwan yang membagi makhluk hidup menjadi lima kingdom bahkan sampai enam kingdom yaitu meliputi ( virus, monera, protista, fungi, plantae, animalia) dengan cara meneliti akan struktur sel yang ada didalam makhluk hidup.

Dari berbagai macam pendapat para ahli mengenai pengelompokan makhluk hidup, tapi pada hakikatnya sama yaitu mencakup hewan dan tumbuhan hanya perbedaannya pada dasar pengelompokannya saja.

2. Tema Persoalan Biologi

Persoalan biologi menurut BSCS meliputi sembilan tema dasar yaitu: 

1. Biologi sebagai proses inkuiri.

2. Sejarah konsep biologi.

3. Evolusi

4. Keanekaragaman dan keseragaman.

5. Genetika dan kelangsungan hidup.

6. Organisme dan lingkungan.

7. Perilaku atau etologi.

8. Struktur dan fungsi.

9. Regulasi atau sistem pengaturan.

3. Struktur Organisme Kehidupan

Organisme yang terdiri atas satu sel disebut juga uniseluler dan yang terdiri atas banyak sel disebut multiseluluer. Pada organisme seluler segala fungsi hidup dijalankan oleh sel itu sendiri. Karena fungsi hidup tidak hanya satu, maka terjadilah suatu sistem yang terdiri atas subsistem-subsistem, makin banyak subsistem yang menyusun organisme maka akan semakin kompleks organisme tersebut.

Mungkin itulah penjelasan mengenai ruang lingkup biologi mudah-mudahan menambah pengetahuan kita semua. Untuk kalian yang mau menambahkan materi ini bisa berkomentar di kolom komentar. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai.

0 komentar

Posting Komentar