29/08/17

Tata Cara Shalat Fardhu Menurut Rasulullah

Tata Cara Shalat Fardhu Menurut Rasulullah: Shalat merupakan salah satu dari rukun islam. Shalat adalah suatu bentuk ibadah menghadap kepada yang wajib dilaksanakan terhadap seorang muslim baik laki-laki atau perempuan yang berupa perkataan atau perbuatan berdasarkan syarat dan rukun yang telah ditetapkan, yang diawali bacaan salam diakhiri dengan bacaan takbir.
                                                            
Tata Cara Shalat Fardhu
Dalam artikel ini kami akan berusaha untuk membahas tentang tata cara shalat yang didalamnya terdapat syarat shalat dan rukunnya. Sebab apabila kita tidak mengetahui akan syarat dan rukunnya maka shalat kita tidak akan diterima Allah SWT.


Syarat -Syarat Shalat

1. Beragama islam.

2. Sudah mencapai masa baligh dan punya akal.

3. Suci dari hadast dan najis yang meliputi badan, pakaian dan tempat.

4. Menutup aurat: Batasan aurat buat laki-laki dari puser sampai lutut, sedangkan perempuan seluruh anggota badan kecuali wajah dan telapak tangan.

5. Sudah masuk waktu shalat yang telah ditentukan.

6. Menghadap kiblat.

7. Mengetahui rukun shalat dan sunnahnya.

Rukun-Rukun Shalat Dan Tata-Tata Cara Shalat

Berikut ini tata cara shalat fardhu menurut Rasulullah dari awal sampai akhir yaitu:

1. Membaca niat misalkan didalam hati kita berbicara niat saya shalat subuh dua raka'at di waktu sekarang sambil menghadap ke ka'bah fardhu karena alloh ta'ala.

2. Takbiratul ihram yaitu mengangkat dua tangan kita sambil mengucapkan allohu akbar bersamaan dengan niat shalat didalam hati kita.

3. Berdiri dengan posisi tegak.

4. Membaca surat Al-fatihah pada tiap-tiap rakaat disunhakan disusul dengan bacaan surat yang ada didalam al-qur'an.

5. Ruku' disertai tumaninah (diam sejenak) disunahkan sambil membaca "subhana robbiyal adzimi wabihamdih"

6. I'tidal disertai tumaninah yaitu berdiri setelah melakukan ruku' dibarengi tumaninah disunahkan sambil membaca "robbana lakal hamdu wamil'uma si'ta min syain ba,du".

7. Sujud awal disertai tumaninah disunahkan sambil membaca "subhana robbiyal a'la wabihamdih".

8. Duduk diantara dua sujud disertai tumaninah disunahkan sambil membaca "robbigpirli warhamni wajburni warpa'ani warjuqni wahdini wa'apini wa'pu anni".

9. Sujud kedua disertai tumaninah disunahkan sambil membaca "subhana robbiyal a'la wabihamdih".

10. Membaca tasyahud akhir didalamnya harus ada bacaan shalawat kepada nabi yang lapadz nya "attahiyatul mubarokatus sholawatut toyyibatu lillah, assalamu a'alaika ayyuhan nabiyyu warohmatullahi wabarokatuh assalamu a'alaina wa'ala i'badillahis solihin, ashadu an laa ilaha ilalloh waashadu anna muhammadar rosululloh, allohumma solli a'la sayyidina muhammad".

11. Membaca salam yang pertama "Assalamualaikum"

12. Harus tertib, maksudnya melakukan gerakan rukun shalat harus tepat dengan aturan yang ditentukan.

Demikian sudah kami jelaskan syarat-syarat dan rukun-rukun shalat yang harus dikerjakan setiap kita melaksanakan shalat. Semoga setelah kita membaca artikel ini kita lebih berhati-hati lagi dalam melaksanakan shalat sehingga shalat kita bisa dikategorikan sah menurut hukum agama islam.



0 komentar

Posting Komentar