03/08/17

Teknik Dasar Permainan Futsal Pemula

Teknik Dasar Permainan Futsal Pemula: Demam olahraga kini sedang melanda bangsa indonesia, dari mulai sepak bola, badminton, basket, renang dan tinju. Bahkan yang terbaru yang lagi ramai dimainkan dan difavoritkan adalah olahraga futsal.

Apa itu futsal?? Futsal adalah olahraga seperti sepak bola yang tujuannya sama memasukan bola ke gawang tapi ada perbedaan dari mulai peraturan, sistem dan teknik permainannya.

Olahraga futsal ini sekarang lagi demam di indonesia, dari mulai anak-anak bahkan sampai orang yang sudah menikah pun banyak yang memainkan dengan tujuan bisa berolahraga di tengah kesibukannya.                     


Pengertian olahraga futsal secara umum adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua grup atau tim dimana setiap tim beranggotakan lima orang. Tujuannya adalah untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan cara menendang bola dengan kaki dan memakai teknik dalam menendangnya.

Buat kalian yang hobi atau suka dengan permainan futsal alangkah baiknya kita lebih dalam mengenal akan teknik dasar futsal agar kita bisa mempunyai tujuan agar menjadi pemain yang profesional dan bisa dikenal oleh orang banyak lewat kemampuan kita.

Setelah kita mengetahui pengertian futsal, maka tahap kita selanjutnya harus mengetahui Teknik Dasar Permainan Futsal Pemula yang akan kami bahas dengan baik di bawah ini.

Teknik Dasar Permainan Futsal Pemula

Dalam olahraga futsal apalagi buat para pemula ada 7 teknik dasar yang harus kita pelajari adalah sebagai berikut:

1. Teknik Dasar Kiper (Penjaga Gawang)

Dalam permainan futsal yang terdiri dari 5 orang, harus ada pemain yang menjadi penjaga gawang (kiper). Tugas dari seorang kiper yaitu bisa menahan bola, menghalau bola, dan menangkap bola dengan cara bagaimana pun agar bola tidak masuk ke gawangnya.
                                                     

Pada umumnya teknik dasar menjadi seorang penjaga gawang adalah sebagai berikut:
➜ Menghalau bola dengan menepisnya apabila posisi agak jauh dari jangkauan kita tapi sudah memasuki area garis seorang penjaga gawang.
➜ Jika posisi lawan satu lawan satu dengan kiper, maka seorang kiper harus maju dengan tujuan agar mempersempit ruang dalam menembak bola.
➜ Apabila bola datang dengan keadaan lambat dan lemah maka hentikan dengan kaki lebih baik.
➜ Selalu optimis dalam melakukan tindakan.
➜ Ketika laju bola sangat keras dan kencang, maka yang harus dilakukan bukan menangkap bola melainkan menghalau atau menepis bola ditujukan ke area yang jauh dari jangkauan musuh.

2. Teknik Dasar Menguasai Bola

Hal yang perlu diperhatikan dalam permainan futsal yaitu menguasai bola. Ketika suatu tim dapat menguasai pertandingan dengan mengatur bola berputar pada tim kita, maka sangat besar kemungkinan kita akan dapat memenangkan permainan.
                                                 

Teknik dasar dalam menguasai bola diantaranya meliputi:
➜ Apabila bola yang datang menuju posisi kepala kita, usahakan kita harus melakukan heading dan mengumpannya ke teman yang posisinya terdekat dengan kita.
➜ Apabila datangnya bola tidak keras dan tepat menghadap ke posisi dada kita, maka kita harus menahannya dengan dada dan ketika bola ke bawah langsung sambut dengan pergerakan kaki kita.
➜ Apabila datangnya bola dengan kedaan pelan dan lambat, maka yang harus kita lakukan mengontrol bola tersebut dan melihat posisi teman agar kita bisa memberikan umpan kepada rekan setim kita.
➜ Apabila datangnya bola dari lawan sangat keras dan cepat, maka yang harus kita lakukan yaitu dengan cara menghalau sebisa mungkin diarahkan ke rekan setim kita atau ketika posisi sulit melakukan halauan ke luar lapagan juga boleh demi mengamankan gawang dari selangan lawan.

3. Teknik Dasar Passing Bola

Passing adalah teknik yang harus kita pelajari agar kita bisa mengatur operan atau umpan ke rekan setim kita. Tujuan dari passing adalah agar bisa mengatur umpan yang jarak dekat dan umpan jarak jauh.
                                                        

Teknik dasar dalam passing bola diantranya meliputi:

Passing menggunakan kaki bagian dalam
➜ Posisi bahu kanan ditarik ke belakang, jika menendang bola menggunakan kaki kanan.
➜ Posisi kaki tumpuan berada tepat di samping bola.
➜ Posisi lutut kaki sedikit ditekuk.
➜ Bagian kaki yang digunakan untuk menendang ditarik ke belakang, lalu diayunkan ke arah depan.
➜ Posisi kaki harus berada tepat di bagian tengah bola.
➜ Setelah melakukan tendangan bola, bersiaplah untuk menghadang lawan ketika bola suatu saat dapat diambil oleh lawan.

Passing menggunakan kaki bagian luar
➜ Posisi bola berada di samping badan ke arah bola saat akan melakukan umpan.
➜ Posisi kaki tumpuan berada di samping bola.
➜ Posisi lutut kaki ditekuk sedikit.
➜ Posisi kaki yang digunakan untuk menendang ditarik ke belakang.
➜ Posisi kaki harus berada tepat di sisi bagian kanan atau kiri bola.
➜ Posisi kaki setelah melakukan tendangan tetap diayunkan ke samping mengikuti arah bola.

Passing menggunakan tumit kaki
➜ Posisi bola harus berada di belakang badan.
➜ Posisi kaki tumpuan berada tepat di samping bola.
➜ Posisi tumit kaki harus tepat di depan bola.
➜ Posisi kaki yang digunakan untuk menendang ditarik kedepan selanjutnya diayunkan ke arah belakang.
➜ Posisi kaki setelah menendang bola tetap diayunkan ke belakang mengikuti arah bola.

4. Teknik Dasar Dribling

Salah satu teknik dalam olahraga futsal yaitu dribling. Dribling adalah teknik dalam futsal dengan cara membawa bola dengan kualitas menggocek lawan agar bisa menembus pertahanan atau jagaan dari lawan.
                                                  

Beberapa contoh dalam melakukan dribling yaitu:
➜ Teknik dribling menggunakan kaki bagian luar.
➜ Teknik dribling menggunakan kaki bagian dalam.
➜ Teknik dribling menggunakan punggung kaki.

5. Teknik Dasar Shooting

Teknik shooting adalah menendang bola dengan pelan atau keras ke dalam gawang lawan, agar bisa mendpatkan goal atau poin. Dalam melakukan shooting yang terpenting adalah melakukan tendangan ke arah bagian yang sulit dijangkau oleh kiper lawan.
                                                 

Teknik dalam melakukan shooting adalah sebagai berikut:
➜ Teknik shooting menggunakan kaki bagian dalam.
➜ Teknik shooting menggunakan kaki bagian luar.
➜ Teknik shooting menggunakan punggung kaki.
➜ Teknik shooting menggunakan ujung kaki (sepatu).

6. Teknik Dasar Chipping

Teknik chipping adalah salah satu teknik dalam pernainan futsal dengan cara melambungkan bola menggunakan ujung kaki dengan memperhatikan tingkat akurasinya. 

Dalam melakukan teknik chipping ini sama halnya dengan melakukan passing yaitu dengan cara menggunakan ujung kaki dan posisi pada saat menendang harus mengenai bagian paling bawah pada bola futsal.

Hal yang terpenting dalam melakukan teknik chipping yaitu ketika pemain lawan melakukan pressing terhadap kita dan posisi kita tertutupi untuk melakukan umpan datar kepada rekan setim kita, sehingga pada saat itulah kita harus melakukan umpan chipping (melambungkan bola) kepada rekan setim kita yang paling dekat.

Begitulah Teknk Dasar Permainan Futsal Pemula mari kalian coba untuk laksanakan agar kalian menjadi pemain futsal terbaik dan professinal.

                                                Terima Kasih!!! Semoga Bermanfaat!!!

























0 komentar

Posting Komentar