17/08/17

Tradisi Unik Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia Di Berbagai Daerah

Tradisi Unik Merayakan Kemerdekaan Republik Indonesia Di Berbagai Daerah: Gak kerasa usia negara indonesia setelah melaksanakan kemerdekaan sudah mencapai 72 tahun, tepatnya pada hari ini tanggal 17 agustus negara indonesia merayakan hari kemerdekaan.

Suasana yang senang dan ramai gempita dirayakan oleh semua masyarakat indonesia di berbagai daerah. Hari kemerdekaan ini merupakan hari yang sangat bersejarah bagi negara indonesia, karena pada tanggal 17 agustus 1945 masyarakat indonesia yang diwakili oleh Ir. Soekrno dan Drs. H. Mohammad Hatta memproklamasikan kemerdekaan republik indonesia.
                                             

Perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan diseluruh sudut belahan indonesia akhirnya bisa menghasilkan sebuah hal yang sangat berharga lewat kemerdekaan dengan bisa mengusir para penjajah yang menguasai negara indonesia selama ratusan tahun.

Penderitaan dan penyiksaan yang dirasakan oleh masyarakat indonesia yang dibarengi dengan jiwa pejuangan dan kesatuan yang dilakukan secara terus menerus dapat mengubah situasi indonesia yang asalnya penuh penderitaan diganti dengan rasa senang dan gembira.

Sehingga sudah sewajarnya kita yang masih hidup pada masa sekarang merayakan hari kemerdekaan dengan kreativitas dan hati nurani yang bersih dengan tujuan mengenang perjuangan para pahlawan pada waktu masa penjajahan.

Berikut ini tradisi unik yang dilakukan oleh masyarakat indonesia di berbagai daerah diantaranya adalah:

1. Telok Abang Palembang

Kita awali perayaan kemerdekaan ini dari Kota Palembang, dimana masyarakat Palembang merayakan kemerdekaan ini lewat acara Telok Abang. Kata tersebut merupakan kata yang aneh dan awam kita dengar padahal untuk masyarakat Palembang merupakan acara rutinitas yang wajib mereka laksanakan.
                                       

Telok Abang memiliki arti telur merah, sehingga pada hari ini banyak sekali telur yang berwarna merah yang bisa dilihat di Kota Palembang. Telur rebus yang berwarna merah tersebut biasanya mereka tancapkan di atas mobil-mobilan, pesawat hingga sampai miniatur perahu.

2. Lomba Dayung Banjarmasin

Warga masyarakat Banjarmasin punya cara unik tersendiri dalam merayakan kemerdekaan ini. Para warga Banjarmasin secara rutinitas selalu membuat acara Lomba Dayung, biasanya mereka menggelar Lomba Dayung ini sejauh 500 meter di sungai mata.
                                           

Persaingan semakin ramai dan panas karena pada lomba masyarakat berhak memenangkan piala bergilir dari Gubernur Kalimantan Selatan apalagi ditambah dengan hadiah plus yang berupa uang tunai dari orang no 1 daerah Kalimantan Selatan.

3. Lomba Sampan Bima

Kalian bisa mencoba uji nyali ketika kalian mendatangi Kota Bima pada tanggal 17 agustus, karena pada hari warga Bima selalu merayakan kemerdekaan dengan acara Lomba Sampan yang dimana selalu dilaksanakan sejauh tujuh mil melewati laut flores. Wiss menantang banget.
                                                 

Lomba Sampan ini akan dimulai dari pulau sangiang dan berakhir di daerah dermaga. Apabila kalin mengikuti acara ini, maka kalian akan melewati laut flores maupun selat gili banta yang sudah terkenal akan ganasnya ombak di selat tersebut.

4. Pacu Kude Gayo 

Di belahan kota Aceh tepatnya di daerah Belang Bebangka, Aceh Tengah masyarakat merayakan hari kemerdekaan dengan acara pacu kuda atau biasa dikenal dengan pacu kude dalam bahasa gayo.
                                                 

Selama satu minggu dari tanggal kemerdekaan kalian akan dihibur dengan lomba pacu kude ini, biasanya lomba ini diikuti oleh masyarakat Aceh Tengah dari mulai usia 12 tahun sampai 20 tahun. Konon tradisi ini sudah mereka gelar pada zaman penjajahan mula sehingga mereka punya inisiatif merayakan acara ini sebagai acara wajib tahunana pada 17 agustus.

5. Estafet Obor Semarang

Kita sekarang terbang menju daerah jawa tengah yaitu tepatnya di Kota Semarang adanya lomba estafet obor. Lomba esrafet obor ini biasanya mereka laksanakan pada malam hari dengan tujuan memperindah waktu malam dengan cahaya obor.
                                           

Semua masyarakat senantiasa berpartisipasi mendukung acara ini hingga acara ini diikuti semua kalangan masyarakat dari mulai anak kecil sampai orang dewasa.

6. Baritan Malang

Jawa Timur punya ciri khas unik dalam merayakan kemerdekaan, tepatnya di Kota Malang. Di Kota Malang masyarakat suka merayakan tradisi baritan yang merupakan acara rutinitas.
                                               

Baritan adalah suatu acara dimana masyarakat berkumpul di suatu tempat, duduk lesehan, dan menyantap aneka hidangan. Prosesi paling utama dalam baritan ini yaitu adanya pidato perjuangan para pahlawan sehingga masyarakat bisa selalu mengenang akan perjuangan para pahlawan indonesia.

7. Open House Bogor

Setiap warga indonesia mungkin ingin memasuki kawasan istana di Kota Bogor, karena tempat ini merupakan tempat berkumpulnya presiden indonesia dan para bawahannya. Waktu yang tepat kalian agar bisa masuk istana ini yaitu pada tanggal kemerdekaan, karena pada hari itu Istana Bogor di buka untuk umum.
                                         

Istana Bogor merupakan tempat yang syakral, karena istana ini tidak bisa dimasuki pada sembarangan waktu karena begitu ketat penjagaannya. Buat kalian yang penasaran akan Istana Bogor ini waktu yang tepat yaitu pada tanggal 17 agustus ini.

8. Upacara Yogyakarta

Di ibu kota Jawa Tengah yaitu Yogyakarta, masyarakat daerah setempat selalu melaksanakan upacara kemerdekaan dengan unik yaitu upacara di tengah laut. Lokasi yang biasanya di gunakan untuk upacara ini yaitu di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta.
                                       

9. Bola Sarung Makassar

Sepak bola selalu menempel dihati masyarakat indonesia. Bahkan pada hari kemerdekaan banyak sekali daerah yang mengadakan acara ini lewat lomba sepak bola. Hal yang unik terjadi di daerah Makassar yaitu adanya lomba sepak bola sarung.
                                             

Lomba ini sangat ramai dan antusias dilakukan oleh masyarakat Makassar, pada ajang ini bahkan dibagi menjadi beberapa kelompok dari mulai lomba anak-anak, pemuda, sampai dengan yang sudah menikah.


10. Ritual Tahlil Jawa Timur

Daerah Jawa Timur yang banyak dilingkup daerah pesantren merayakan acara kemerdekaan dengan mengadakan ritual tahlil akbar yang mana mereka laksanakan pada malam hari menjelang 17 agustus.
                               

Tujuan dari tahlil akbar ini yaitu mendo'akan para pejuang pahlawan indonesia yang telah berjuang membela negara indonesia sampai titik darah penghabisan.

11. Golewang Tasikmalaya

Kata golewang merupakan kata yang mungkin aneh di dengar. Tapi buat masyarakat daerah Tasikmalaya acara ini merupakan acara yang wajib selalu ada dalam merayakan kemerdekaan republik indonesia.
                                     

Lomba golewang adalah lomba berjalan di atas kayu besar yang terlentang di atas kolam atau sungai. Acara ini sangat dinanti-nanti masyarakat Tasikmalaya karena acara ini banyak memberikan kesenangan, kegembiraan, dan suka tawa apalagi pasti selalu ditambah dengan hadiah menarik yang sudah disiapkan oleh panitia.

Begitulah tradisi unik dari berbagai daerah di indonesia, mudah-mudahan menjadi inspirasi buat kita buat tahun kedepannya.

                                                         Semoga Bermanfaat


























0 komentar

Posting Komentar