07/09/17

14 Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

14 Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli: Kata jaringan komputer pada masa sekarang ini merupakan kata yang sudah tidak asing lagi kita dengar, karena jaringan komputer merupakan salah satu komponen pendukung dalam membantu pekerjaan kita. Dengan adanya jaringan komputer maka akan mudah untuk bisa terhubung dengan beberapa komputer yang hanya memakai satu user sebagai pusat penerima jaringannya.

Pada waktu sekarang komputer merupakan suatu alat yang penting untuk kita bawa setiap harinya, bahkan dengan munculnya laptop dan netbook semakin memberikan kenyaman kepada penggunanya. Oleh karena itu, sebelum kita membahas jaringan komputer maka sebaiknya kita mengetahui pengertian komputer dan jenis-jenisnya agar dapat mempermudah untuk kita dalam belajar jaringan komputer.
                                                                              
Jaringan Komputer
Jaringan komputer secara umum mempunyai definisi sebuah sistem yang terdiri dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lainnya melalui media transmisi atau media komunikasi sehingga dapat saling berbagi data, software, dan hardware komputer.

Sejarah Singkat Jaringan Komputer

Perkembangan jaringan komputer sudah mulai tercipta pada zaman dahulu yakni tepatnya pada tahun 40-an dan terus menerus melalui perkembangan sehingga ditemukannya koneksi LAN bahkan sampai terciptanya jaringan internet yang merupakan jaringan koneksi yang sangat luas dan banyak digunakan di seluruh dunia.

Sejarah jaringan komputer sangat penting untuk kita pelajari, karena akan memberikan pengetahuan tambahan untuk kita dalam masalah teknologi dan perkembangannya sehingga sampai pada masa sekarang ini. 

Terus, apa yang dimaksud dengan jaringan komputer? Untuk lebih lengkapnya berikut ini kami akan memberikan pengertian jaringan komputer menurut para ahli secara lengkap.

Berikut ini para ahli yang memberikan definisi mengenai pengertian jaringan komputer diantaranya adalah:

1. Jafar Noor Yudianto (2007)

Beliau berpendapat bahwa jaringan komputer adalah suatu sistem yang tediri dari berbagai komputer-komputer yang telah dirancang agar bisa saling berbagi sumber daya seperti CPU dan printer dan juga saling berkomunikasi seperti surel dan pesan instan.

2. Umi Proboyekti

Jaringan komputer adalah suatu kumpulan komputer yang berjumlah lebih dari satu dan jaraknya berjauhan tapi bisa saling melakukan berkoneksi dan berhubungan dalam menjalankan tugasnya. Bentuk suatu jaringan terkoneksi dengan serat optik, tembaga atau satelit.

3. Anonim

Jaringan komputer adalah suatu kelompok komputer yang saling berhubungan dengan menggunakan suatu media untuk melakukan komunikasinya sehingga komputer-komputer tersebut dapat berbagi data, berbagi informasi dan berbagi program sesuai yang dibutuhkan. Bahkan jaringan komputer juga dapat diartikan suatu kumpulan dari berbagai macam komputer yang berada di berbagai lokasi tapi tetap bisa melakukan hubungan antara tiap-tiap komputernya.

4. Abdul Kadil

Menurutnya jaringan komputer yaitu suatu hubungan minimalnya dari dua buah komputer yang memiliki tujuan untuk saling tukar-menukar data.

5. Tanaenbaum

Jaringan komputer yaitu kumpulan dari berbagai macam perangkat lunak dan perangkat keras dalam suatu sistem yang berguna untuk mengatur semua anggotanya dalam melakukan aktifitas komunikasi. Satu komputer dari jaringan tersebut menjadi pusat dalam menentukan kinerja anggotanya.

6. Izaas El-Said

Jaringan komputer adalah suatu kerjasama dari banyaknya komputer yang saling terhubung dan mempunyai tujuan untuk berbagi komunikasi dan informasi antara satu dan lainnya.

7. Madcoms

Jaringan komputer yaitu suatu kumpulan dari berbagai komputer dan dibantu alat lainnya untuk saling terhubung dan saling menyatu dalam melakukan tugasnya masing-masing.

8. Techi Wire House

Jaringan komputer yaitu suatu kumpulan dari komputer minimalnya dua komputer yang saling terhubung dan mempunyai suatu koneksi tertentu.

9. Budhi Irawan

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang terdiri atas beberapa komputer yang saling terkoneksi dan mempunyai satu tujuan yang sama dan saling melengkapi akan kekurangannya masing-masing.

10. Zymon Machajewski

Jaringan komputer adalah seperangkat komputer yang saling terhubung secara bersamaan dan saling membagikan resource atau sumber daya. Sumber daya pada masa sekarang yang sudah terkenal dalam jaringan komputer yaitu sumber daya internet.

11. Kristanto

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer yang saling terhubung dan terkoneksi yang melakukan pertukaran informasi, sumber daya, dan dapat memakai perangkat keras secara bersamaan.

12. Wikipedia

Jaringan komputer adalah suatu sistem yang sengaja dirancang untuk menggabungkan komputer dalam satu jaringan agar komputer-komputer tersebut dapat berbagi informasi dan berbagi akses antara satu komputer dengan yang lainnya.

13. Yayasan Sandhykara

Jaringan komputer yaitu suatu kerjasama yang dilakukan oleh dua atau lebih komputer yang terpisah yang mana digabungkan lewat suatu media komunikasi agar dapat saling berinteraksi antara satu komputer dengan yang lainnya.

14. Saya sendiri

Menurut saya sendiri jaringan komputer secara umum dapat disimpulkan sebagai suatu kelompok yang terdiri atas beberapa komputer yang mana saling terhubung antara satu dengan yang lainnya dengan memakai perantara (alat penghubung) dan saling membantu dalam melaksanakan tugasnya masing-masing baik menyangkut source, informasi, dan perangkat komputer.


Itulah ulasan yang dapat kami bahas mengenai 14 Pengertian Jaringan Komputer semoga dapat menambah wawasan yang membacanya. Buat kalian yang mau menambahkan materi ini dapat berkomentar di kolom komentar yang berada di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.



0 komentar

Posting Komentar