11/09/17

6 Rukun Iman Serta Penjelasannya Secara Berurutan

6 Rukun Iman Serta Penjelasannya Secara Berurutan: Kata iman berasal dari bahasa arab yang menurut bahasa artinya percaya. Sedangkan arti iman menurut istilah adalah mempercayai dan menyakini dengan hati, diucapkan dengan lisan serta diamalkan dengan anggota badan. 

Sedangkan arti dari Rukun adalah landasan atau dasar. Jadi rukun iman memiliki arti 6 dasar yang harus dipercayai dan diyakini oleh hati manusia agar dapat dikategorikan beragama islam. Dengan demikian, orang yang beragama islam dapat dikatakan syah apabila telah mempercayai rukun iman. Sehingga, apabila ada manusia yang tidak percaya mengenai salah satu dasar dari rukun iman maka agama islamnya tidak akan syah, karena antara rukun iman dan rukun islam itu saling melengkapi dan saling menyempurnakan.
                                                       
Rukun Iman
Seorang manusia dapat dikatakan beragama islam apabila telah mempercayai 6 dasar keimanan atau kepercayaan yaitu iman kepada Allah, iman kepada Rasul, iman kepada malaikat, iman kepada kitab, iman kepada hari kiamat, dan iman kepada takdir. Dalil yang menjadikan rukun iman sebagai suatu dasar dalam islam yaitu surat Annisa ayat 59 yang artinya:

" Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasulnya dan taatilah pemerintah kalian. Kemudian apabila kalian berbeda pendapat tentang sesuat, maka kembalikanlah kepada Allah (Al-qur'an) dan Rasul-Nya (Assunah) jika kamu sungguh-sungguh beriman kepada Allah dan hari kemudian. Hal yang demikian tersebut lebih baik bagimu dan lebih baik akibatnya." (Q.S An-nisa : 59).

Dari ayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa masalah keyakinan dalam agama islam merupakan suatu masalah yang paling penting karena kalian harus mempercayai semua hal yang berkaitan dengan rukun iman dan tidak boleh ada satu dasar yang kalian tidak mempercayainya. Berikut ini kami akan menjelaskan 6 rukun iman serta penjelasannya secara lengkap:

1. Iman (percaya) Kepada Allah

Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang paling utama karena menjadi dasar pokok keimanan seseorang. Beriman kepada Allah berarti kalian harus meyakini bahwa tidak ada tuhan yang wajib disembah kecuali Allah karena Allah SWT yang telah menciptakan semua makhluknya dari mulai penciptaan langit beserta isinya dan bumi beserta isinya. 

Iman kepada Allah dapat dikatakan syah dan sempurna apabila kalian telah meyakini Allah sebagai tuhan kalian dan juga meyakini bahwa Allah mempunyai sifat-sifat yang wajib ada di Allah. Berikut ini sifat-sifat wajib yang dimiliki Allah yaitu:

1. Wujud (Ada)

2. Qidam (Terdahulu)

3. Baqa (Kekal)

4. Mukhalafatuhu Lilhawadisi (Berbeda dengan makhluknya)

5. Qiyamuhu Binafsih (Berdiri sendiri)

6. Wahdaniyat (Esa atau Satu)

7. Qudrat (Kuasa)

8. Iradat (Berkehendak)

9. Ilmun (Mengetahui)

10. Hayat (Hidup)

11. Sama' (Mendengar)

12. Basar (Melihat)

13. Kalam (Berbicara)

14. Qaadiran (Maha Kuasa)

15. Muriidan (Maha Berkehendak)

16. 'aliman (Maha Mengetahui)

17. Hayyan (Maha Hidup)

18. Sami'an (Maha Mendengar)

19. Bashiiran (Maha Melihat)

20. Mutakalliman (Maha Berbicara).

2. Iman (percaya) Kepada Malaikat

Rukun iman nomor ke dua yaitu iman kepada malaikat. Iman kepada malaikat berarti kalian harus meyakini bahwa malaikat itu ada dan telah Allah ciptakan dari cahaya. Penciptaan terhadap malaikat berbeda dengan manusia, karena malaikat tidak memiliki sifat atau karakteristik dan juga malaikat tidak berjenis kelamin tidak seperti manusia. Jumlah malaikat yang diciptakan oleh Allah tidak akan kalian ketahui karena begitu banyaknya dan hanya Allah yang mengetahui jumlah tersebut. Namun kalian sebagai umat islam harus mengetahui 10 malaikat yang wajib diketahui yaitu:

1. Malaikat Jibril tugasnya membawa wahyu dari Allah.

2. Malaikat Mikail tugasnya menurunkan hujan.

3. Malaikat Israfil tugasnya meniup sangsakala.

4. Malaikat Izrail tugasnya mencabut nyawa.

5. Malaikat Munkar tugasnya memberi pertanyaan kepada mayit di dalam kubur.

6. Malaikat Nakir tugasnua memberi pertanyaan kepada mayit di dalam kubur.

7. Malaikat Raqib tugasnya mencatat amal kebaikan.

8. Malaikat Atid tugasnya mencatat amal keburukan.

9. Malaikat Malik tugasnya menjaga pintu neraka.

10. Malaikat Ridwan tugasnya menjaga pintu syurga.


3. Iman (percaya) kepada kitab-kitab Allah

Iman kepada kitab-kitab Allah berarti kalian harus mempercayai dan meyakini bahwa Allah telah menurunkan wahyu (kitab suci) kepada para nabi melalui perantara malaikat jibril. Fungsi dari kitab suci tersebut sebagai pedoman bagi umatnya para nabi dalam menjalankan kehidupannya baik di dunia maupun di akhirat. Jumlah kitab suci yang Allah turunkan kepada nabi jumlahnya 104 kitab suci tapi ada 4 kitab yang harus wajib diketahui sebagai dasar iman kepada kitab Allah yaitu:

1. Kitab Taurat diturunkan kepada Nabi Musa A.S

2. Kitab Zabur diturunkan kepada Nabi Daud A.S

3. Kitab Injil diturunkan kepada Nabi Isa A.S

4. Kitab Al-Qur'an diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW

4. Iman (percaya) Kepada Rasul-Rasul Allah

Iman kepada para rasul Allah berarti kalian harus meyakini bahwa Allah SWT telah mengutus para rasul kepada manusia untuk mengajak manusia ke jalan yang diridhoi Allah dan memberi peringatan kepada manusia yang melanggar perintah Allah. Jumlah para rasul yaitu 313 semuanya. Tapi yang Allah perintahkan kepada umat islam harus mengetahui 25 nabi yaitu:

1. Nabi Adam A.S

2. Nabi Idris A.S

3. Nabi Nuh A.S

4. Nabi Hud A.S

5. Nabi Soleh A.S

6. Nabi Ibrahim A.S

7. Nabi Luth A.S

8. Nabi Ismail A.S

9. Nabi Ishak A.S

10. Nabi Yakub A.S

11. Nabi Yusuf A.S

12. Nabi Ayub A.S

13. Nabi Sueb A.S

14. Nabi Musa A.S

15. Nabi Harun A.S

16. Nabi Zulkifli A.S

17. Nabi Daud A.S

18. Nabi Sulaiman A.S

19. Nabi Ilyas A.S

20. Nabi Ilyasa A.S

21. Nabi Yunus A.S

22. Nabi Zakaria A.S

23. Nabi Yahya A.S

24. Nabi Isa A.S

25. Nabi Muhammad SAW

5. Iman (percaya) Kepada Hari Kiamat

Iman kepada hari kiamat yaitu kalian harus meyakini dan mempercayai bahwa hari kiamat itu pasti ada dan pasti akan datang. Waktu terjadinya hari kiamat tidak ada yang mengetahuinya kecuali Allah. Pada hari kiamat manusia semuanya dikumpulkan oleh Allah di padang mahsyar untuk mempertanggung jawabkan semua perbuatannya ketika hidup di dunia dan Allah pun akan memberikan balasan berupa syurga kepada orang yang taat kepada Allah dan Allah pun akan memberikan balasaan berupa neraka kepada orang yang maksiat kepada Allah.

6. Iman (percaya) Kepada Qada dan Qodar

Iman kepada qada dan qadar Allah berarti kalian harus meyakini bahwa semua yang terjadi di langit dan di bumi ini atas kehendak dan kemauan Allah. Takdir yang diberikan Allah kepada manusia bisa takdir yang baik seperti kenikmatan dan takdir yang buruk seperti kematian. Hal yang terpenting dalam rukun iman no ke enam ini yaitu sikap kalian dalam menghadapi takdir yang Allah berikan. Ketika takdir yang Allah berikan baik maka kalian harus senantiasa bersyukur kepada Allah dan apabila takdir yang Allah berikan buruk maka kalian harus senantiasa sabar dan tabah dalam menghadapinya.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai penjelasan rukun iman semoga kalian dengan membaca artikel ini dapat memberikan ilmu dan juga menambah keimanan kalian. Untuk kalian yang mau menambahkan materi ini bisa dengan berkomentar di kolom komentar yang berada di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh














0 komentar

Posting Komentar