05/09/17

Bagaimanakah Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup

Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup: Semua manusia yang ada di muka bumi ini pasti membutuhkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya baik lingkungan alam maupun lingkungan sosial. Lingkungan merupakan salah satu syarat untuk manusia dalam menjadikan nilai kesempurnaan dalam menjalani kehidupannya.                                                                         
Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup
Pengertian Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang berada pada wilayah sekitar manusia yang berfungsi mempengaruhi kehidupan manusia. Lingkungan bisa dibedakan menjadi lingkungan biotik dan lingkungan abiotik. Ketika kita berada dalam lingkungan sekolah maka kita di kelilingi oleh lingkungan biotik seperti teman-teman, bapak atau ibu guru, semua orang yang berada di sekolah, serta tumbuhan atau hewan yang masih ada di lingkungan sekolah. Di samping itu kita juga dikelilingi oleh lingkungan abiotik seperti meja, kursi, papan tulis, gedung sekolah dan berbagai benda mati yang berada di sekitar sekolah.


Pengertian Lingkungan Hidup

Secara khusus, kita sering menggunakan istilah lingkungan hidup untuk menyebutkan segala sesuatu yang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup makhluk di bumi ini. Adapun menurut undang-undang, lingkungan hidup yaitu satu kesatuan yang memiliki tujuan untuk memberikan kesejahteraan terhadap manusia dan sesuatu yang berada disekitarnya

Unsur-unsur lingkungan hidup dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu:

1. Unsur Biotik (Hayati)
Unsur biotik atau hayati adalah unsur lingkungan hidup yang terdiri dari makhluk hidup, seperti manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan dan jasad renik. Jika kita berada di dalam kelas maka lingkungan biotiknya yaitu teman-teman, serta guru, dan apabila kita berada di kebun sekolah maka lingkungan biotiknya yaitu tanaman atau tumbuhan di kebun sekolah.

2. Unsur Abiotik (Fisik)
Unsur abiotik adalah unsur dari lingkungan hidup yang mengarah terhadap benda-benda mati seperti air, tanah, dan lain sebagainya. Keberadaan lingkungan fisik sangat besar sekali perananannya dalam kehidupan ini.

3. Unsur Sosial Budaya
Unsur sosial budaya adalah lingkungan sosial dan budaya yang dibuat manusia yang merupakan sistem nilai, gagasan, dan keyakinan dalam perilaku sebagai makhluk sosial. Kehidupan masyarakat dapat mencapai keteraturan berkat adanya sistem nilai dan norma yang diakui serta ditaati oleh setiap anggota masyarkat.

Kerusakan Lingkungan Hidup

Apabila diteliti masalah kerusakan lingkungan hidup terjadi karena dua faktor yaitu:

1. Bentuk kerusakan lingkungan hidup akibat peristiwa alam

Berbagai bentuk bencana alam yang sudah terasa oleh masyarakat indonesia setidaknya telah menimbulkan dampak rusaknya lingkungan hidup. Dahsyatnya gelombang tsunami yang terjadi di kota aceh dan pangandaran, dan gempa yang terjadi di daerah DIY dan sekitarnya, merupakan contoh fenomena yang dalam sekejap mampu merubah bentuk muka bumi.

Peristiwa alam lainnya yang berdampak terjadinya kerusakan di muka bumi diantaranya adalah:

Letusan gunung berapi yang berakibat adanya hujan abu vulkanik, lava panas, awan panas, gas yang mengandung racun serta material padat yang dapat menimpa perumahan.

Gempa bumi yang mengakibatkan terjadinya bangunan roboh, tanah longsor akibat gempa, dan tanah dipermukaan bumi dapat merekah.

Angin topan dapat berakibat terjadinya rusaknya area pertanian, membahayakan penerbangan, merobohkan bangunan, dan menimbulkan ombak besar di laut.

2. Bentuk keruksakan lingkungan hidup akibat perbuatan manusia

Manusia yang disebut sebagai makhluk yang berakal sempurna memiliki peranan penting dalam melestarikan lingkungannya. Manusia sebagai makhluk ciptaan tuhan yang diberi akal dan budi dapat merubah wajah dunia dari pola kehidupan sederhana sampai ke bentuk kehidupan modern seperti sekarang ini. Tapi daya nafsu manusia kadang suka melampaui batas soalnya banyak kemajuan yang diraih oleh manusia membawa dampak buruk terhadap lingkungan hidup.

Beberapa kerusakan lingkungan hidup yang diakibatkan oleh perilaku manusia diantaranya:

Terjadinya pencemaran sebagai dampak adanya kawasan industri.

Terjadinya banjir sebab adanya pembuangan sampah sembarangan.

Terjadinya tanah longsor akibat kurang perhatian terhadap pepohonan.

Penebangan hutan secara liar.

Perburuan liar.

Penimbunan rawa-rawa untuk pemukiman

Pembuangan sampah di tempat sembarangan.

Bangunan liar di area aliran sungai.

Pemanfaatan sumber daya alam yang di luar batas.

Upaya Dalam Melestarikan Lingkungan Hidup

Lingkungan yang di sekitar kita itu mempunyai peranan penting dalam kelangsupan hidup ini. Sudah sepantasnya alam yang ada di sekitar kita haruslah bersih, sehat dan lestari demi kenyamanan kita bersama. Ada berbagai hal yang dapat dilakukan manusia dalam melakukan pelestarian lingkungan hidup diantaranya adalah:

Menanam pohon di sekitar pemukiman

Upaya dalam melestarikan alam yang mungkin paling mudah adalah dengan cara menanam pohon atau tanaman di sekitar perumahan atau pemukiman. Cara yang sederhana ini senantiasa dapat menjadikan situasi di rumah kita asri dan indah sehingga dalam menghitup udara juga bersih.

Membuat terasering atau sengkedan

Membuat terasering terhadap lingkungan pesawahan dapat menjaga kondisi lingkungan menjadi lebih indah dan aman. Dikarenakan lahan yang bersifat miring rawan akan terkena longsor, maka terasering merupakan solusi yang sangat tepat untuk menjaga agar tanah tetap terjaga dan bisa ditanami oleh pepohonan.

Menggunakan produk daur ulang

Salah satu fungsi dari penggunaan produk daur ulang yaitu kita dapat mengurangi sampah yang ada di sekitar kita. Mungkin dengan menggunakan produk daur ulang ini akan menjadi solusi berkurangnya sampah di negara kita.

Melarang keras pembabatan hutan

Pemerintah dan masyarakat harus sadar betul bahwa peranan hutan sangatlah banyak dalam kehidupan ini. Maka pemerintah harus bisa mengeluarkan peraturan yang keras terhadap manusia yang senantiasa melakukan pembabatan hutan. 

Menerapkan sistem tebang pilih dan tebang tanam
Salah satu upaya dalam menjaga hutan agar tetap baik yaitu dengan menjalankan sistem tebang pilih dan tebang tanam, dikarenakan dengan sistem ini akan menghindari terjadinya esploitasi hutan arau rusaknya hutan yang berakibat terhadap manusia juga.

Membuat kebijakan yang pro akan lingkungan
Pemerintah dan masyarakat bisa bekerja sama dalam menjaga lingkungan dengan adanya kebijakan pro lingkungan dengan tujuan agar tercipta suasana yang asri dan bersih.

Membuat hukum yang tegas
Sanksi yang berat bagi para perusak lingkungan alam dapat juga sebagai salah satu solusi dalam pelestarian lingkungan hidup. Sebab mungkin saja orang yang biasa melakukan perusakan lingkungan dapat merasa taku kalau di bayangi sanksi yang berat.

Reklamasi pantai
Lingkungan pantai merupakan salah satu yang harus diperhatikan kelestarian dan keindahannnya. Maka jalan reklamasi pantai dapat dipakai agar pantai tetap terjaga keindahannya.

Mungkin demikian yang dapat kami sampaikan mengenai upaya dalam pelestarian lingkungan 

0 komentar

Posting Komentar