12/09/17

Bagian-bagian Utama Komponen CPU dan Fungsinya Masing-masing

Bagian-bagian Utama Komponen CPU: Pada masa sekarang hampir semua manusia mengenal dengan namanya komputer. Namun, kebanyakan orang hanya bisa menggunakannya saja tanpa mengetahui komponen-komponen yang terdapat dalam komputer. Salah satu komponen terpenting dalam komputer adalah CPU. 

Setelah pada pembahasan sebelumnya kita membahas mengenai Pengertian CPU dan Fungsinya, pada postingan kali ini kami akan membahas komponen-komponen yang terdapat dalam CPU.

CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat paling penting yang terdapat pada suatu komputer yakni memilki peranan dalam mengolah data dan memproses data dari sebuah komputer. Dalam CPU terdapat beberapa komponen-komponen yang terhubung antara satu dengan yang lainnya. Berikut ini komponen-komponen yang terdapat dalam CPU diantaranya yaitu:

1. Casing
                                                 
Casing CPU
Casing adalah bagian terluar dari CPU yang memiliki fungsi sebagai pelindung dan penutup dari komponen-komponen lainnya agar terhindar dari kotoran seperti debu dan lain sebagainya. Selain itu, casing juga berfungsi sebagai tempat dudukan komponen lainnya seperti motherboard, hardisk, floppy drive, dan lain-lain.

2. Processor
                                                      
Processor CPU
Processor merupakan otak dari semua proses yang terdapat dalam komputer. Semakin tinggi kecepatan processor, maka semakin cepat pula komputer dalam melakukan pemprosesan suatu data.

3. RAM
                                                                            
RAM CPU
RAM (Random Access Memory) memiliki fungsi sebagai penampung data yang telah di proses oleh processor. Selain itu, RAM juga berfungsi sebagai penyimpan data sementara dalam keadaan hidup. Kapasitasa memori dalam suatu RAM biasanya dalam pasaran yaitu 64 MB sampai dengan 8 GB.


4. VGA Card
                                                           
VGA Card CPU

VGA (Video Graphic Editor) adalah sebuah komponen yang memiliki fungsi untuk mengolah data dalam bentuk grafis dan menampilkannya ke monitor.

5. Harddisk
                                                        
Harddisk CPU
Harddisk adalah tempat penyimpanan data yang terdapat dalam komputer. Semakin besar kapasitas harddisk, maka semakin banyak pula data-data yang akan disimpan. Pada saat ini kapasitas harddisk yang berada di pasaran yaitu kisaran dari 250 GB sampai dengan 3 Tera.

6. Motherboard
                                                            
Motherboard CPU
Motherboard adalah papan sirkuit penghubung dari semua komponen yang berada dalam CPU. Motherboard memiliki fungsi untuk menghubungkan semua komponen-komponen komputer agar bisa terhubung antara satu dengan lainnya.

7. Sound Card
                                                                  
Sound Card CPU
Sound Card adalah komponen dari CPU yang berfungsi untuk menerima sinyal digital dari komputer yang bisa menjadi gelombang sehingga dapat menghasilkan sinyal sonic.

8. Optical Disk Drive
                                                              
Optical Disk Drive CPU
Optical Disk Drive atau yang biasa dikenal dengan CD atau DVD yang digunakan untuk membaca dan menulis CD atau DVD. Yang termasuk ke dalam Optical Disk Drive ini yaitu CD-ROM drive, CD-RW drive, DVD-ROM drive, dan DVD-RW drive.

9. Power Supply
                                                           
Power Supply CPU
Power Supply bagian dari CPU komputer yang memiliki fungsi untuk memberikan daya pada komponen-komponen komputer. Power Supply dibedakan atas daya yang dimilikinya dari mulai 300 watt - 600 watt dan selalu berkembang sesuai dengan berkembangnya komputer.

Demikian yang bisa kami sampaikan mengenai bagian-bagian utama dalam komponen CPU dan fungsinya masing-masing semoga memberikan suatu pengetahuan bagi yang membacanya. Untuk kalian yang mau menambahkan materi ini bisa berkomentar pada kolom yang berada di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan telah membaca artikel ini sampai selesai.

0 komentar

Posting Komentar