15/09/17

Cara Mencari Buku Di Perpustakaan Nasional Secara Gratis

Cara Mencari Buku Di Perpustakaan Nasional Secara Gratis: Kabar gembira buat anda pecinta atau yang hobby membaca buku karena sekarang perpustakaan nasional telah mengeluarkan layanan aplikasi perpustakaan nasional digital. Dengan adanya aplikasi ini anda dapat mencari dan meminjam buku di perpustakaan nasional secara online sehingga anda oula dapat mendapatkan pengetahuan dari buku tersebut setelah membacanya.

Aplikasi terbaru ini merupakan layanan penyedia koleksi pustaka milik Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang dimuat dalam bentuk digital yang memberikan kemudahan bagi masyarakat indonesia dalam distribusinya.

Tapi, sebelum kami berikan tips dalam hal meminjam buku di perpustakaan terbesar di dunia ini maka sebaiknya anda harus mendaftar dulu menjadi anggota Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang disingkat dengan PNRI. 

Mendaftar Anggota PNRI

Menjadi anggota PNRI merupakan layanan yang dikeluarkan oleh negara indonesia untuk semua warganya baik yang di dalam negeri maupun di luar negeri bisa mendaftar dengan layanan bebas dan gratis. Dalam melakukan pendaftarannya bisa dilakukan dengan dua cara, yang pertama kalian bisa lakukan secara oflline dengan cara mengunjugi langsung kantor perpustakaan nasional di Jl. Salemba Raya No 28A Jakarta. 

Cara yang kedua yaitu dapat dilakukan secara online dengan cara ini dapat memudahkan bagi para pendaftar dari luar jakarta. Cara kedua ini merupakan cara yang terfavorit karena tanpa mengunjungi tempatnya langsung kita akan diberi fasilitas dalam menggunakan buku yang ada di perpustakaan nasional.

Berikut ini langkah-langkah yang harus anda lakukan dalam mendaftar secara online:
                                                 
Daftar Keanggotan PNRI
1. Buka situs keanggotaan PNRI di http://keanggotaan.pnri.go.id, pilihlah daftar

2. Pada laman ini anda akan melihat beberapa menu yang terdiri dari "Persyaratan, Kartu Anggota, Tata Tertib, serta Hak dan Kewajiban". Sebaiknya anda baca terlebih dahulu agar kalian paham tentang semua peraturannya.

3. Isilah format yang tersedia dengan kartu identitas anda yang masih berlaku, bisa menggunakan KTP, kartu pelajar, kartu mahasiswa, dan lainnya. Kolom dengan tanda bintang (*) merupakan kolom-kolom yang anda wajib isi.

4. Berikan tanda Cek pada pernyataan "Saya menyatakan data yang diisi benar dan dapat dipertanggungjawabkan, serta setuju untuk mentaati segala peraturan Perpustakaan Nasional RI" yang terletak pada bagian bawah laman.

5. Klik daftar

Setelah anda selesai melakukan pendaftaran, maka anda akan diberi nomor anggota sebagai tanda bukti bahwa anda sudah berhasil menjadi anggota PNRI. Yang menjadi catatan anda harus mencatat nomor anggota tersebut dikarenakan tidak adanya fasilitas email sebagai notifikasi.

Buat anda yang telah melakukan pendaftaran lewat cara di atas dan sudah berhasil, selamat yah anda sudah diterima menjadi anggota dari PNRI.


Meminjam Buku di PNRI

Terus gimana agar kita dapat meminjam buku dari PNRI? Buat anda yang memiliki niat atau maksud untuk meminjam buku dari PNRI, anda harus mendownload aplikasi digital milik perpustakaan nasional tersebut. Setelah kita selesai mendownloadnya, maka kita langsung instal aplikasi tersebut. Aplikasi digital ini dapat kita gunakan dalam semua merk handphone dari mulai android atau iPhone.

Terus gimana cara menggunakannya? Untuk menggunakan aplikasi ini setelah kalian melakukan penginstalan maka kalian harus login (masuk) dengan memasukan ID keanggotaan yang telah kita daftar pada tahap sebelumnya. Setelah itu, anda langsung bisa melakukan browsing pada koleksi yang ada diaplikasinya dan anda dapat langsung meminjamnya dan ingat anda pun harus mengembalikannya.

Mungkin dari segi aplikasinya masih ada kekurangannya, tapi setidaknya dengan adannya aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi anda yang mencari buku bacaan kalian. Untuk mempermudah kalian kami akan berikan link downloadnya:

Download Aplikasi Perpusnas Untuk IOS/Apple via App Store

Download Aplikasi Perpusnas Untuk Android via Google Play

Nah, mungkin demikian yang dapat kami sampaikan mengenai cara mencari buku di perpustakaan nasional secara gratis. Gunakanlah aplikasi ini dengan sebaik mungkin dengan layanan yang telah ada. Selamat menggunakan aplikasinya. Terima kasih

0 komentar

Posting Komentar