11/09/17

Contoh Sistem Informasi Berbasis Komputer Lengkap

Contoh Sistem Informasi Berbasis Komputer: Pada masa sekarang manusia sangat membutuhkan sistem informasi terutama sistem informasi berbasis komputer. Dalam kehidupannya, manusia sangat membutuhkan berbagai informasi untuk menambah wawasan atau pengetahuan serta untuk membantu pekerjaannya sehingga banyak dari para ahli yang menciptakan aplikasi yang berbasis komputer.

A. Definisi Sistem

Sistem adalah suatu kesatuan usaha yang terdiri atas beberapa bagian yang saling membutuhkan antar bagian tersebut serta memiliki suatu tujuan yang sama dalam suatu lingkungan yang kompleks. Dalam sistem terdapat elemen-elemen yang penting yang harus dipahami yaitu meliputi masukan (input), pengolahan (processing), dan keluaran (output). 

Dalam sistem mempunyai sifat-sifat atau karakteristik yang harus kalian perhatikan diantaranya meliputi:

1. Komponen Sistem

2. Batasan Sistem

3. Lingkungan Luar Sistem

4. Penghubung Sistem

5. Masukan Sistem

6. Keluaran Sistem

7. Pengolahan Sistem

8. Sasaran Sistem

B. Definisi Informasi

Informasi adalah data yang diolah menjadi suatu bentuk yang berguna dan bermanfaat bagi penerimanya. Informasi memiliki fungsi untuk mengurangi ketidakpastian dalam proses pengambilan suatu keputusan. Suatu informasi dapat dikatakan berhasil apabila informasi tersebut dapat diterima baik oleh masyarakat dan banyak yang menggunakannya.

Agar informasi yang dihasilkan dikategorikan baik, maka informasi tersebut harus memenuhi persyaratan kualitas informasi yang meliputi:

1. Relevan

2. Akurat

3. Tepat Waktu

4. Ekonomis

5. Efisien

6. Ketersediaan

7. Dapat dipercaya

8. Konsisten


C. Sistem Informasi Berbasis Komputer

Sistem informasi memiliki banyak macamnya diantranya sistem informasi komputer, akuntansi, manjemen, kantor, dan manufactur. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai sistem operasi yang berbasis komputer. 

Sistem informasi Berbasis Komputer dalam bahasa asingnya dikenal dengan Computer Based Information System (CBIS). CBIS adalah sistem informasi berbasis komputer yang merupakan sistem pengolah data yang diproses menjadi info rmasi yang berkualitas.
                                                     
 Sistem Operasi Berbasis Komputer

Dalam pembahasan mengenai sistem informasi berbasis komputer ini terdapat beberapa bagian penting yang harus kalian pahami diantaranya meliputi:

1. Model dari Computer Based Information System Manajer

Model dari Computer Based Information System Manajer membuat suatu keputusan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan informasi. Bentuk informasi dapat disajikan berupa lisan atau tulisan oleh pengolah informasinya.

Porsi komputer dalam informasi terdiri dari 5 bagian porsi yaitu SIA, SIM, DSS, OA, dan ES. Sistem informasi CBIS ini digunakan untuk menggambarkan lima subsistem yang menggunakan komputer.

2. Organisasi Jasa Informasi

Perusahaan-perusahaan yang menggunakan media komputer sebagai alat dalam melakukan pekerjaannya sangat menyadari betapa pentingnya unit-unit yang dibutuhkan oleh komputer dan orang yang menjadi spelialisnya. Para spealis informasi adalah pegawai dari perusahaan yang memilki tanggung jawab dalam menjaga dan memelihara sitem yang berbasis komputer ini.

Berikut 5 spealis informasi yang memiliki peranan penting dalam sistem informasi berbasis komputer yaitu:

1. Analis Sistem yang memiliki tugas untuk memperbaiki sistem yang sudah ada dan mengembangkan siste-sistem komputer yang baru.

2. Pengelola Database memiliki tugas untuk menciptakan database yang berisi data yang diperlukan untuk menghasilkan suatu informasi.

3. Spealis Jaringan memiliki tugas untuk membentuk jaringan komunikasi data yang menyatukan berbagai sumber daya komputer yang sudah tersebar.

4. Programer memiliki tugas untuk membuat kode-kode intruksi yang menyebabkan komputer dapat mengubah data menjadi informasi yang diperlukan. Data tersebut dihasilkan dari dokumentasi yang telah dibuat oleh analis sistem.

5. Operator yang memiliki tugas untuk menjalankan komputer yang memiliki skala besar seperti mainframe dan komputer mini.

3. Pengelolaan CBIS

Pengelolaan yang dilakukan oleh CBIS yaitu memiliki tujuan untuk mengembangkan seluruh atau sebagian sistem komputer yang telah digunakan oleh konsumen. Orang yang mengelola mengenai tugas ini dikenal dengan End User Computing. 

End User Computing dapat memiliki perkembangan karena:

a. Meningkatnya pengetahuan masyarakat mengenai komputer dalam berbagai tingkatan manajemen.

b. Adanya banyak pekerjaan yang harus diselesaikan dengan waktu yang cepat.

c. Harga dari perangkat keras yang cukup murah.

d. Adanya penawaran perangkat lunak dalam bentuk yang sudah jadi.

4. Mencapai CBIS

Dari cabang-cabang CBIS memiliki suatu tujuan untuk menciptakan suatu informasi yang dapat diterima baik oleh masyarakat. Agar tujuan dari CBIS dapat dicapai dengan sangat baik harus menjalankan langkah-langkah yang tepat dalam menyusun suatu informasi.

Nah, mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai contoh sistem informasi berbasis komputer semoga dapat memberikan suatu informasi bagi orang yang membacanya. Untuk kalian yang ingin menambahkan materi ini dapat dilakukan dengan berkomentar di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.




0 komentar

Posting Komentar