13/09/17

Fungsi Lan Card dan Jenis-jenisnya Lengkap

Fungsi Lan Card dan Jenis-jenisnya Lengkap: Lan Card adalah pintu ke jaringan dari suatu komputer. Lan Card yaitu suatu perangkat antar muka dalam jaringan komputer untuk menghubungkan komputer dengan perangkat jaringan lainnya melalui perantara kabel. 

Lan Card dalam istilah komputer mempunyai nama yang berbeda-beda, sering juga disebut dengan kartu jaringan, Network Interface Card, atau Ethernet Card. Dalam pemasangannya Lan Card biasanya harus menginstal dahulu driver dari  Lan Card tersebut dan ada juga Lan Card yang telah terinstal otomatis tanpa harus menggunakan driver.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, penggunaan Lan Card sudah mulai tersisihkan dengan adanya perangkat wireless wifi yang dianggap lebih simple dan efektif karena penggunaanya tanpa menggunakan kabel. Namun, masih cukup banyak juga dari para pengguna komputer yang masih menggunakan Lan Card karena kecepatan jaringan yang dihasilkan oleh Lan Card lebih bagus dari pada menggunakan wireless.

Fungsi Lan Card

Fungsi Lan Card pada umumnya sangat banyak tapi fungsi utama dari Lan Card yaitu untuk menyambungkan jaringan koneksi antar komputer dalam satu tempat. Berikut ini fungsi-fungsi Lan Card secara lengkapnya yaitu:

1. Komunikasi Dalam Satu Area

Fungsi yang pertama dari Lan Card yaitu sebagai sarana komunikasi antar komputer dalam satu area. Dengan fungsi ini, Lan Card dapat memberikan kemudahan terhadap perusahaan dalam mempercepat komunikasi antar pegawai sehingga dapat menyelasaikan pekerjaan dalam waktu singkat.

2. Membagi Koneksi Jaringan Internet

Lan Card dapat membagi koneksi jaringan internet dalam satu area menjadi beberapa bagian. Biasanya dengan penggunaan Lan Card ini dapat membagi jaringan internet menjadi dua bagian yaitu bagian umu dan khusus. Contoh terdekatnya seperti penggunaan jaringan di universitas, untuk dosen biasanya menggunakan jaringan dengan kecepatan yang tinggi dibandingkan dengan jaringan mahasiswanya, karena pada jaringan tempat dosen biasanya menggunakan Lan Card dan pada jaringan tempat mahasiswa hanya menggunakan wifi.

3. Membantu File Sharing Sesama Jaringan

Fungsi dari Lan Card selanjutnya yaitu dapat mengcopy file antar sesama komputer yang telah terhubung dengan jaringan LAN yang telah dibuat. Bahkan dengan jaringan LAN ini dapat juga melakukan printing tanpa menggunakan kabel.

4. Jaringan Internet Pada Warnet

Salah satu fungsi dari Lan Card yaitu dapat dimanfaatkan dalam membuat sistem jaringan internet. Hal ini biasanya dilakukan oleh warnet karena dengan adanya Lan Card kalian dapat melakukan setting sendiri dalam melakukan jaringan internet terhubung ke semua komputer dengan hanya menggunakan satu server. 

5. Bermain Game Multiplayer

Untuk orang-orang yang hobi game penggunaan Lan Card dapat dimanfaatkan sebagai ajang untuk bermain game secara multiplayer seperti permainan dota 2 dan lain sebagainya. Setting yang dilakukan agar bisa multipalyer tidaklah sulit, kalian hanya melakukan beberapa tahap setting yang cukup mudah dan langsung bisa memainkan gamen sobat kalian secara bersamaan.


Jenis-Jenis Lan Card

Lan Card atau kartu jaringan pada masa sekarang sudah mengalami banyak perubahan. Yang paling lama dan paling pertama muncul dari Lan Card ini yaitu Lan Card kabel. Pada masa sekarang Lan Card kabel masih banyak diminati dan digunakan, karena Lan Card kabel ini memiliki keunggulan yaitu harga yang relatif cukup murah dan dalam pemasangannya cukup mudah. Berikut ini jenis-jenis Lan Card berdasarkan pemasangannya terbagi menjadi 5 bagian yaitu:

1. Lan Card ISA
                                                       
Lan Card ISA
Lan Card ISA merupakan Lan Card yang pertama kali diproduksi dan diperkenalkan oleh salah satu perusahaan IT terkemuka. Dalam Lan Card ISA ini memiliki slot yang berwarna hitam dan output connector BNC atau RJ 45.

2. Lan Card PCI
                                                   
Lan Card PCI
Lan Card PCI yaitu Lan Card yang diproduksi pada tahun 1992 ini merupakan Lan Card penerus dari Lan Card ISA. Pada masa sekarang penggunaan Lan Card ini masih cukup populer dan banyak yang menggunakannya karena pemasangan Lan Card PCI ini langsung pada motherboard.

3. Lan Card USB
                                                            
Lan Card USB
Lan Card USB adalah Lan Card generasi pada masa sekarang ini dan merupakan pengganti dari Lan Card yang pernah ada sebelumnya. Lan Card USB ini sangat simple dalam penggunaanya karena bisa melakukan sistem pasang-cabut. Apabila kita mau menggunakannya bisa langsung dipasang dan apabila tidak mau menggunakannya maka bisa kita cabut.

4. Lan Card Wireless
                                                         
Lan Card Wireless
Land Card Wireless yaitu Lan Card yang dalam penggunaanya memakai koneksi wireless. Lan Card wiireless ini tanpa menggunakan kabel dan dalam penggunaanya hanya menggunakan port USB wireless.

5. Lan Card PCMCIA
                                                                   
Lan Card PCMCIA
Lan Card PCMCIA adalah kartu jaringan yang digunakan pada laptop lewat perantara slot cardbus yang berada dalam laptop atau notebook. 

Nah, sobat mungkin demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Fungsi Lan Card dan Jenis-Jenisnya semoga dapat memberikan pengetahuan wawasan untuk yang membacanya. Untuk kalian yang mau menambahkan tentang materi ini bisa melakukannya dengan berkomentar pada kolom komentar yang berada di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.



0 komentar

Posting Komentar