01/09/17

Inilah 15 Manfaat Shalat Tahajud Dalam Islam

Inilah 15 Manfaat Shalat Tahajud Dalam Islam: Ketika manusia di kategorikan sebagai umat islam(membaca dua kalimah syahadat) hal yang paling di tekankan setelah itu adalah melaksanakan sholat. Sholat adalah ibadah dari gabungan dari jasmani dan rohani yang diawali dengan membaca takbir dan di akhiri bacaan salam.
                                                           
Manfaat Shalat Tahajud
Shalat merupakan rukun islam yang kedua yang mana sholat itu terbagi ke dalam dua bagian ada yang wajib di laksanakannya yaitu sholat fardu yang lima waktu(dzhur,ashar,magrib,isya dan subuh) dan ada juga yang bersifat sunah seperti sholat tahajud,duha,idul fitri,idul adha dan lain sebagianya.

                                                   
1. Dikabulkannya Do'a-do'a

Ketika seorang muslim berdo'a kepada allah SWT ada waktu yang unggul di gunakan untuk bermunajat kepada allah SWT salah satunya ketika tengah malam di kala orang lain tertidur salah satunya melaksanakan sholat tahajud dikarenakan di dalam bacaan sholat tahajud tersimpan banyak do'a-do'a kepada allah SWT.

2. Mendekatkan Diri Kepada Allah SWT

Salah satu ciri dari mu'min yang sholeh yaitu senantiasa mendekat diri kepada dikala yang lainnya tidak melakukan ibadah kepada alloh misalnya ketika tidur.

3. Menjauhkan Dari Penyakit

Ketika kita membasuh muka kita (berwudlu) di waktu sebelum subuh itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh yang mana apabila daya tahan tubuh sudah meningkat akan menjauhkan diri kita dari berbagai macam penyakit.

4. Menang Dalam Jihad

Setiap orang memiliki hawa nafsu yang mana hawa nafsu tersebut apabila sudah dikuasai oleh syetan maka hawa nafsu itu akan mengajak kita untuk melakukan dosa yang mana dilarang oleh allah SWT.

5. Dicintai Oleh Allah SWT

Seorang muslim ketika melaksanakan sholat sunat tahajud maka muslim itu rela meninggalkan nyamannya tidur tengah malam demi untuk bersujud kepada sang pencipta. Dengan pengorbanan seperti itu maka ampunan dari allah SWT akan senantiasa di limpahkan kepada muslim tersebut dengan demikian dapat di simpulkan bahwa allah SWT cinta kepada muslim tersebut.

6. Dicintai Nabi Muhammad SAW

Salah satu dari fadilah tahajud adalah kita akan dicintai oleh nabi muhammad SAW dikarenakan salah satu dari akhlak terpuji yang rutin di amalkan oleh rosulullah adalah melaksanakan ibadah tengah malam bahkan isra mi'raj pun di lakukaukan tengah malam. Maka otomatis mu'min yang selalu melaksanakan sholat tahajud akan amat dicintai oleh baginda rosulullah SAW.

7. Jaminan Mendapat Surga Allah

Salah satu hadist Rasulullah menjelaskan bahwa Allah SWT akan memberikan jaminan berupa surga kepada umat muslim yang senantiasa melaksanakan shalat tahajud dengan hati yang ikhlas dan ridho karena Allah SWT.

8. Mendapatkan Keringanan Waktu Dihisab

Ketika terjadi kiamat di alam dunia ini, maka semua makhluk pasti akan mendapat balasan dan perhitungan dari amal yang dilakukan ketika hidup di dunia ini. Semua yang dikerjakan pasti ada balasannya. Ada keistimewaan tersendiri bagi orang yang dawam melaksanakan shalat tahajud yaitu Allah SWT akan meringankan hisabannya di alam akhirat karena sebagai bentuk ijabah dari do'a yang sering dibacakan pada waktu sepertiga malam.

9. Melancarkan Aliran Darah

Shalat tahajud adalah shalat yang dilakukan pada waktu sepertiga malam yaitu pada jam 03.00 pagi. Pada waktu tersebut adalah waktu dimana Allah memberikan rahmat dan suhu udara serta oksigen yang masih bersih dan segar.

Orang yang rutin akan melaksanakan shalat tahajud akan selalu menghirup udara yang bersih sehingga dapat melancarkan aliran darah yang berada di dalam tubuh. Waktu tersebut sulit dijumpai selain pada waktu tersebut, karena ketika pada waktu matahari sudah terbit mungkin suhu udara pun sudah mulai ada polusi berbeda dengan udara yang ada pada waktu sepertiga malam.

10. Pikiran Lebih Tenang

Setiap manusia pasti memiliki aktifitas atau pekerjaan yang membuat pikirannya panas dan mumet. Solusi agar pikiran kita bisa mendapatkan ketenangan maka perbanyaklah melaksanakan shalat tahajud karena disamping udara yang bersih yang dapat diarasakan dan juga kita dapat merasakan pikiran yang lebih tenang dengan cara mengadu kepada Allah atas semua masalah yang kita hadapi.

11. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh manusia merupakan sebagai standar awal mengenai kesehatan tubuh kita. Waktu yang paling cocok dalam meningkatkan kekebalan tubuh manusia yaitu pada waktu pagi hari karena jiwa akan merasa tenang dan badan merasa segar sehinnga kekebalan tubuh pun otomatis meningkat.

12. Shalat Yang Paling Afdhol Setelah Shalat Fardhu

Dari salah satu hadist Rasulullah SAW menjelaskan bahwa shalat yang paling afdhol setelah shalat fardhu yaitu shalat tahajud, karena shalat tahajud merupakan ibadah yang dilaksanakan pada waktu kebanyakan manusia tertidur pulas. Oleh karena itu, orang yang beribadah pada waktu semua lupa kepada Allah SWT, maka Allah pun akan memberikan balasan yang setimpal baik di dunia maupun di akhirat.

13. Menjadi Simbol Dari Ketakwaan

Tugas manusia di alam dunia ini adalah beribadah dan derajat paling mulia di sisi Allah SWT adalah orang yang bertaqwa. Dalam mencapai derajat sebagai orang yang bertaqwa, para ulama memberikan solusi yaitu dengan cara melaksanakan ibadah shalat tahajud dengan hati yang ikhlas dan tulus menuruti perintah dari Allah SWT.

14. Mendapatkan Derajat Paling Mulia

Dalam hadist Rasulullah SAW amalan yang paling pertama dihitung di akhirat nanti adalah shalat. Shalat lima waktu merupakan shalat wajib yang harus kita laksanakan dan shalat sunnah sebagai pendukung terhadap shalat fardhu.

Orang yang terbiasa melaksanakan shalat sunat salah satunya shalat tahajud maka Allah akan memberikan derajat yang lebih dibandingkan orang yang tidak melaksanakan shalat tahajud, karena Allah dalam Al-Qur'an berjanji akan menghitung amal ibadah manusia sekecil apapun baik yang berupa amal shaleh maupun amal maksiat.

15. Hati Selalu Dekat Terhadap Allah

Hati manusia yang senantiasa beribadah kepada Allah, maka Allah pun akan memberikan rasa kepada manusia tersebut selalu dekat terhadap Allah. Ketika hati manusia sudah seperti itu, maka dengan otomatis hidupnya pun akan mendapatkan keberkahan dan selalu senang dan semangat dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Demikian beberapa fadilah yang dapat kita raih apabila istiqomah dalam melaksanakan sholat sunah tahajud dan mudah-mudahan kita senantiasa dapat dicintai oleh allah SWT dan Rasul-Nya. Buat kalian yang mau menambahkan materi ini bisa kalian berkomentar lewat kolom di bawah. Terima kasih telah berkunjung.




0 komentar

Posting Komentar