08/09/17

Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya Lengkap

Jenis-jenis Jaringan Komputer dan Pengertiannya: Sebelum kita membahas mengenai jenis-jenis jaringan komputer, maka lebih bagus kita harus mengetahui dulu pengertian jaringan komputer. Jaringan komputer adalah hubungan yang terjadi antara dua komputer atau lebih yang mana semua komputer tersebut saling membantu dalam melaksanakan tugasnya masing-masing.

Masalah pengertian jaringan komputer sebenarnya banyak sekali dari para ahli yang memberikan pendapatnya, buat kalian yang mau mengetahui pengertian jaringan komputer lebih luasnya bisa dilihat di 14 Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli.

Setelah kalian memahami pengertian jaringan komputer, baru kalian melanjutkan pengetahuan kalian mengenai jenis-jenis jaringan komputer. Pada artikel ini kami akan menjelaskan jenis-jenis jaringan komputer secara lengkap serta disertai gambar-gambarnya akan semakin memudahkan dalam pemahaman kalian.

Jenis-Jenis Jaringan Komputer

Dalam membahas mengenai jenis-jenis komputer secara umum terbagi menjadi 5 kategori, yaitu berdasarkan jangkauannya, distribusi sumber informasi, media transmisi, peranan, dan hubungan tiap komputer dalam memproses dan menganalisa data. Berikut ini kami akan memberikan penjelasan lengkapnya, silahkan anda simak!

A. Berdasarkan Jangkauan Geografis

1. LAN

Local Area Network atau yang biasa kita kenal dengan singkatan LAN merupakan jaringan komputer yang hanya mencakup jarak wilayah kecil seperti sekolah, kantor, dan warnet. Biasanya jaringan LAN hanya berjarak 1km persegi.
                                                          
Jaringan LAN
Dalam jaringan komputer menggunakan jenis LAN biasanya menggunakan teknologi IEEE 802.3 yang mempunyai kecepatan transfer data dari mulai 10 - 1000 MB/s. Tapi dalam jaringan komputer LAN banyak juga orang yang menggunakan teknologi nirkabel seperti wifi.

2. MAN

Metropolitan Arean Network yang disingkat dengan MAN. Jaringan MAN dapat dikatakan juga sebagai gabungan dari beberapa jaringan LAN sehingga jangkauan dari jaringan LAN bisa lebih luas yakni bisa mencakup suatu kota dengan kecepatan yang sangat tinggi.

Jangkauan yang dihasilkan menggunakan jaringan MAN bisa mencapai 10 - 50km. Dalam pembuatan jaringan MAN cukup simple karena hanya menggunakan satu atau dua kabel yang tidak dilengkapi switching.

3. WAN

Wide Area Network atau yang disingkat dengan WAN merupakan jaringan komputer yang dapat mencakup daerah yang sangat luas seperti negara atau benua. Pada umumnya WAN memiliki fungsi untuk menghubungkan antar komputer yang memiliki jarak yang jauh tapi tetap bisa melakukan komunikasi dengan lancar.

B. Berdasarkan Distribusi Sumber Informasi
                                                  
1. Jaringan Terpusat

Jaringan terpusat memiliki pengertian yaitu jaringan komputer yang terdiri atas komputer client dan komputer server yang mana komputer client memiliki fungsi sebagai perantara dalam mengakses sumber informasi atau data yang berasal dari komputer server.

2. Jaringan Terdistribusi

Jaringan terdistribusi adalah gabungan dari beberapa jaringan komputer client dan komputer server yang mana membentuk suatu jaringan tertentu dan antara gabungan tersebut saling terhubung dan terkoneksi.
                                                               
Jaringan Terpusat dan Terdistribusi
C. Berdasarkan Media Transmisi Data

1. Jaringan Berkabel (Wired Network)

Media transmisi yang digunakan dalam jaringan ini yaitu berupa kabel yang mana kabel tersebut memiliki fungsi untuk menghubungkan beberapa komputer sehingga komputer-komputer tersebut bisa saling bertukar data atau informasi melalui jaringan internet. Dalam media transmisi yang biasa digunakan dalam wired network yaitu kabel UTP.

2. Jaringan Nirkabel (Wireless Network)
                                                           
Jaringan Nirkabel
Jaringan nirkabel merupakan jaringan yang tidak memakai kabel dalam transmisi datanya, melainkan jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media transmisinya. Gelombang tersebut memiliki fungsi untuk mengirimkan sinyal informasi atau data antar beberapa komputer. Salah satu media transmisi yang cukup terkenal dalam wireless network yaitu wireless adapter.

Baca juga Fungsi Keyboard Komputer Terlengkap
                                           
D. Berdasarkan Peranan dan Hubungan Tiap Komputer

1. Jaringan Client-Server

Pada jaringan ini umumnya terdiri dari beberapa komputer yang saling terhubung. Dalam jaringan ini terdapat satu komputer sebagai server dan sisanya sebagai client. Tugas dari komputer server yaitu menyediakan sumber daya atau data sedangkan tugas dari client hanya memakai sumber daya tersebut.
                                                     
Jaringan Client Server
2. Jaringan Peer to Peer

Dalam jaringan ini antara komputer server dan komputer client tidak memiliki tugas khusus dan tidak memiliki perbedaan. Jadi dalam jaringan ini, komputer yang bertugas sebagai server bisa menjadi sebagai client dan komputer yang client pun bisa menjadi sebagai server.

E. Berdasarkan Topologi Jaringan
                                                                
Topologi Jaringan
Topologi jaringan adalah salah satu cara untuk menghubungkan beberapa komputer bahkan dalam jumlah banyak sekalipun. Tujuan dari topologi ini yaitu agar komputer tersebut bisa saling terkoneksi sehingga dapat melakukan transfusi data. Pembahasan dalam topologi jaringan cukup luas karena terdapat berbagai macam topologi yang mana akan kami bahas mengenai topologi ini pada artikel selanjutnya.

Nah, mungkin itu yang bisa kami sampaikan mengenai jenis-jenis jaringan secara lengkap semoga bermanfaat untuk kalian yang membacanya. Buat kalian yang mau memberikan tambahan tentang materi ini bisa berkomentar di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.

























0 komentar

Posting Komentar