17/09/17

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10 yang Penting Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Windows 10: Windows 10 merupakan versi windows terbaru saat ini. Banyak dari pengguna komputer yang beralih ke windows 10 ini, tapi masih ada yang masih menggunakan windows yang versi sebelumnya. Hal ini harus kita maklumi, karena pada windows 10 juga terdapat kelebihan dan kekurangannya.

Ketika kalian mau berpindah ke windows 10 setidaknya kalian harus mempertimbangkannya secara matang. Agar mempermudah dan memberikan gambaran mengenai windows 10, maka kami akan membahas kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh windows 10 ini.
                                                             
Windows 10 
Kelebihan Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi terbaru saat ini sudah pasti memiliki keunggulan yang mana tidak ada pada versi sebelumnya. Berikut ini kelebihan yang dimiliki windows 10 diantaranya:

1. Microsoft Tenaga Penuh

Hal yang paling utama kita bahas dalam windows 10 ini yaitu bagaimana Microsoft memperlukan OS ini. Sebagai sistem operasi yang terbaru maka pihak Microsoft memberikan fitur yang lebih dan modern kepada windows ini dari pada windows versi sebelumnya.

Pada windows 10 pihak Microsoft melakukan perubahan konsep menjadi Windows as a Service yang mana mayoritas waktu, tenaga, energi, dan resource terbaik mereka keluarkan dan gunakan untuk mengelola windows ini. Maka kalian jangan heran apabila kalian melihat perkembangan pada windows ini sangat cepat dan mengikuti terus perubahan yang terbaru saat ini.

2. Fitur Modern

Windows 10 dirilis untuk menghadirkan fitur-fitur yang berbeda dengan biasnaya, pada windows 10 ini kalian akan disajikan dengan fitur-firur yang up-to-date dan pastinya keren. Fitur yang digunakan pada windows dirancang melalui settingan yang sangat rapih dan modern dan dalam fiturnya diusung konsep always sync yang memberikan kemudahan untuk diakses di era cloud dan internet saat ini.

3. Powerfull Gaming

Buat kalian yang hobi akan games komputer maka windows 10 sangat cocok karena salah satu tujuan dari windows ini memberikan layanan powerfull gaming. Pada windows ini dalam membahas gaming, maka windows 10 sudah dilengkapi fitur DirectX 12 yang sangat powerfull serta didukung teroptimasi untuk hardware masa kini. Selain itu, windows ini juga disempurnakan dengan Game Mode yang memberikan kenyamanan dan peningkatan performa saat menggunakan gaming.

4. Peningkatan Dekstop Experience

Windows 10 memiliki dekstop experience yang lebih baik dari pada windows versi lawas, khususnya dalam hal produktifitas. Selain itu, windows ini juga dilengkapi dengan Virtual Dekstop yang memiliki fungsi untuk membuka banyak aplikasi di dekstop virtual secara terpisah.

5. Lebih Aman

Windows 10 memiliki jadwal update yang sangat aktif, termasuk dalam hal security. Dalam windows ini terdapat fitur security modern yang mana tidak ada pada windows sebelumnya seperti Windows Hello yang berfungsi untuk unlock windows 10.

Perlindungan keamanan yang dipakai oleh windows ini terbukti sangat lengkap karena sudah dilengkapi dengan windows defender yang mana memilki perlindungan security sangat baik. Bahkan info terbaru menyebutkan pada windows ini akan kembali didukung fitur proteksi yang sangat ampuh sehingga dapat kuat dan kebal dari serangan ransomware.

6. Aktifitas Praktis

Bagi kalian yang sudah memakai windows 10 dan sudah menghubungkannya dengan microsoft account, maka untuk kedepannya kalian tidak perlu memasukkan aktifasi lagi secara manual. Karena ketika kalian melakukan aktifasi untuk microsoft account maka data yang dibuat oleh kalian akan otomatis tersimpan dan langsung terhubung dengan akun microsoft kalian. Ketika instalilasi dilakukan, maka kalian hanya melakukan tombol skip aja dan log in pun akan berjalan otomatis dan penggunaan windows 10 pun akan segera kalian mulai.

7. Terdapat Windows Store

Salah satu hala terpenting dari windows 10 adalah memiliki windows store yang mana baru pertama kali muncul dan dipakai pada windows terbaru ini. Windows store merupakan windows yang diisi oleh berbagai aplikasi UWP yang mana aplikasi ini merupakan rancangan terbaru yang akan dipakai secara konsisten oleh perusahaan windows.

Melakukan instalan lewat windows store dapat memberikan kemudahan seperti halnya kalian melakukan instalisasi pada handphone. Dalam masalah update software windows 10 dapat melakukannya dengan hanya sekali tanpa harus ribet mengupdate dengan masing-masing software.

8. Touchscreen Maksimal

Pada windows 8 kalian sebenarnya sudah menggunakan touch friendly dalam hal touchscreen namun masih tahap awal. Puncaknya dari touch friendly itu terdapat pada windows 10 yang mana punya dukungan dan kesempurnaan penuh dalam hal touchscreen, sehingga untuk kalian yang memiliki PC touchscreen pemakaian windows 10 ini akan sangat cocok anda gunakan.

9. Tablet Mode

Kelebihan windows 10 selanjutnya yaitu sudah dilengkapi dengan Tablet Mode yang memberikan fungsi agar kalian dapat menggunakannya secara maksimal di perangkat touchscreen. Bahkan dengan adanya Tablet Mode ini akan memberikan kenyamanan walaupun kita menggunakan komputer dengan ukuran layar yang kecil.

10. Punya Fitur Yang Maksimal

Dalam windows 10 kita tidak dapat menampik dalam masalah fiturnya, karena fitur yang dihadirkan oleh windows sangat keren, bagus, modern, dan tidak terdapat pada windows versi sebelumnya. Contoh dari fitur terbarunya seperti game mode, screenshot area, night light, virtual dekstop dan masih banyak lagi.


Kekurangan Windows 10

Di dunia ini tidak ada yang sempurna, seperti halnya windows 10. Walaupun windows 10 ini memiliki keunggulan yang banyak tapi tetap tidak bisa lepas dari kekurangan. Berikut ini kekurangan yang terdapat pada windows 10 diantaranya yaitu:

1. Terlalu Sering Update

Pada umumnya windows yang sebelumnya sudah ada suka terjadi yang namanya update windows yang biasanya terjadi 2x dalam setahun. Sedangkan pada windows 10 ini anda akan sering berjumpa dengan adanya update bahkan dalam sebulan anda bisa dipaksa untuk melakukan update sebanyak 2x bahkan bisa lebih.

Dalam melakukan updatenya, windows 10 tidak memiliki jadwal yang tepat, karena ketika pihak microsoft mau merilis atau mengupdate fitur maka pada saat itu pula kalian harus melakukan update. Sebenarnya untuk pengupdaten ini dapat kita hentikan dengan cara mematikannya secara manual, tapi anda akan merasakan ketinggalan dalam fitur yang ada punya. Oleh karena itu dapat disimpulkan ketika anda menggunakan windows 10 ini, maka anda harus pasrah dan terima dengan banyaknya update.

2. Boros Kuota Internet

Dengan adanya update yang sering dilakukan, maka kalian akan merasakan dampaknya yaitu borosnya kuota internet. Windows 10 merupakan OS yang paling boros dengan kouta, apalagi dalam windows ini kalian akan mendapati update mayor dalam setahun 2x yang mana masing-masing updatenya bisa menghabiskan kuota 2 GB - 4 GB. Disamping itu, update yang suka terjadi pada setiap bulannya yang dapat menghabiskan kuota ratusan MB dalam sekali updatenya.

3. Gonta-ganti Experience

Ketika microsoft melakukan update mayor dalam setahunnya sebanyak 2x, maka otomatis tampilan experience akan mengalami perubahan. Selain experience, fitur yang lainnya juga dapat mengalami perubahan diantaranya fitur pengaturan, fitur UI, fitur UX. Agar kalian tidak bingung dalam masalah fitur dari windows 10, maka kalian harus sering searching tentang fitur windows 10 karena perbedaan fitur akan terjadi pada windows terbaru ini.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada windows 10 ini. Semoga dengan kalian membaca artikel ini dapat memberikan pertimbangan sehingga kalian akan berfikir secara matang dalam memakai windows 10 ini. Untuk kalian yang mau menambahkan materi ini bisa lakukan dengan cara berkomentar di kolom komentar yang berada di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.














0 komentar

Posting Komentar