07/09/17

Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dijamin Bayi Sehat

Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dijamin Bayi Sehat: Ketika suami mendengar istrinya lagi hamil maka hati suami sangatlah senang karena akan dikaruniai seorang keturunan dari hasil pernikahannya. Anak merupakan anugrah yang tidak akan kita bisa nilai disebabkan hanya bisa dirasakan oleh hati dari ayah dan ibunya.
                                                                        
Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil
Ketika seorang ibu sedang mengandung (hamil), maka anda harus bisa mengatur dan mengkonsumsi makanan yang berguna agar bayi pada kandungan anda merasa sehat. Makanan ibu hamil harus makanan yang bergizi agar terjadi keseimbangan kesehatan antara ibu dan bayi kandungannya.

Dalam menggunakan pola makanan untuk ibu hamil tidaklah harus banyak, melainkan harus higienis, sehat, dan bergizi. Soalnya percuma apabila ibu mengkonsumsi makanan yang banyak terus tidak terjamin nilai gizi dan higienisnya, maka tidak akan berdampak baik terhadap bayinya.

Berikut ini kami akan infokan makanan yang penting di konsumsi untuk ibu yang lagi hamil agar bayinya tetap sehat diantaranya yaitu:

1. Sayur dan Buah

Sayur dan buah merupakan makanan yang paling penting harus dimakan oleh ibu yang lagi hamil, karena dalam sayur dan buah terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral yang sangat membantu untuk kesehatan ibu dan bayinya. Dalam masalah sayuran dan buah-buahan ini usahakan yang banyak mengandung vitamin A, K, dan C seperti bayam yang mana sangat memberikan dampak yang baik dalam menjaga kondisi kandungan ibu yang lagi hamil.

2. Daging Tanpa Lemak

Daging merupakan sumber protein yang tinggi untuk tubuh kita. Untuk ibu yang lagi hamil dalam mengkonsumsi daging diharuskan mengkonsumsi daging tanpa lemak agar kondisi bayi dapat mengalami pertumbuhan yang baik dan senantiasa bayi ibu dalam keadaan sehat.

Daging yang akan dimakan oleh ibu yang lagi hamil harus terjamin kemurniannya dan nilai higienisnya pun harus tinggi. Hindari mengkonsumsi daging yang hasil dari olahan karena sudah dicampuri bahan pengawet yang akan berdampak negatif pada kondisi bayi.

3. Kacang-kacangan

Nomor yang ketiga makanan yang perlu dikonsumsi untuk ibu yang hamil yaitu kacang-kacangan agar dapat memenuhi kebutuhan seratnya. Makanan kacang-kacangan ini sangat kaya akan kalsium dan zat besi sehingga akan memberikan kekuatan terhadap ibu dan bayi kandungannya.

4. Makanan Sumber Karbohidrat

Makanan sumber karbohidrat harus terus dikonsumsi oleh ibu yang lagi hamil setiap harinya seperti nasi, gandum, dan sebagainya. Di samping sebagai makanan pokok, sumber karbohidrat juga berperan dalam memberikan tenaga dan energi terhadap ibu yang lagi hamil sehingga tidak mudah terserang penyakit apabila kita bisa mengatur pola makanan yang mengandung karbohidrat.

5. Suplemen atau Vitamin

Suplemen atau vitamin merupakan kebutuhan pelengkap untuk ibu hamil. Dengan mengatur mengkonsumsi vitamin asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh pun akan bisa teratur dan terjaga, bahkan dengan mengkonsumsi vitamin juga dapat memberikan nafsu makan yang cukup sehingga kita tidak membiarkan perut kita merasa lapar dan kekosongan yang mana dapat dengan mudah terserang penyakit.

6. Sereal

Untuk ibu yang hamil pada setiap pagi harinya usahakan untuk mengkonsumsi sereal, karena dalam sereal terdapat asam folat yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang baru hamil. Bahkan para ahli kedokteran pun menyarankan agar ibu yang hamil harus dipenuhi asam folatnya setiap harinya dan dengan mengkonsumsi sereal dapat menjadi solusi untuk memenuhi asam folatnya.

7. Brokoli

Makanan selanjutnya yaitu brokoli. Brokoli merupakan salah satu nutrisi yang baik untuk ibu hamil. Karena di dalam brokoli mengandung kalsium dan asam folat yang berfungsi untuk melancarkan pencernaan dan mengusir berbagai jenis penyakit.

8. Pisang

Pisang merupakan salah satu sumber yang memberikan kekuatan terhadap ibu yang hamil apabila mengalami kelelahan. Di dalam pisang terdapat vitamin dan kalium yang baik untuk kesehatan ibu dan bayinya.

9. Jeruk

Buah selanjutnya yang bagus untuk ibu hamil yaitu buah jeruk. Dengan mengkonsumsi jeruk maka akan memberikan cairan yang sehat terhadap tubuh. Ketika seorang ibu lagi hamil harus senantiasa menjaga jumlah cairan di dalam tubuhnya agar tidak terjadi dehidrasi yang mana dapat berakibat buruk terhadap kesehatannya.

10. Apel

Buah apel sangat membantu apabila dikonsumsi setiap hari oleh ibu yang lagi hamil. Dalam buah apel terdapat nutrisi dan vitamin yang dapat membantu pertumbuhan bayi. Disamping itu, buah apel juga memiliki fungsi sebagai penurun berat badan dan sebagai penghilang rasa sembelit atau diare yang mana sering terjadi terhadap ibu yang lagi hamil.


Untuk memberikan kemudahan dalam mengkonsumsi makanan diatas, maka kami akan berikan cara agar kita dapat mengatur pola makan kita setiap harinya adalah sebagai berikut:

1. Sarapan Pagi

Jus Buah
Nasi Goreng
Telur Mata Sapi
Susu Khusus Ibu Hamil

2. Makan Siang

Nasi
Sayur Bening
Daging Tanpa Lemak
Tempe Goreng
Buah Jeruk
Minum Vitamin

3. Makan Malam

Nasi
Kacang-kacangan
Bakwan Jagung
Susu Khusus Ibu Hamil

Mungkin itulah materi yang dapat kami sampaikan mengenai makanan bergizi untuk ibu hamil. Buat kalian yang ingin menambahkan bisa berkomentar di kolom komentar yang berada di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai dengan selesai.

0 komentar

Posting Komentar