05/09/17

Masa Praaksara dan Prasejarah Di Indonesia

Masa Praaksara dan Prasejarah Di Indonesia: Sebagai bangsa indonesia seharusnya kita harus mengetahui masa atau zaman yang sudah dilewati oleh manusia sebelumnya terutama oleh para pahlawan bangsa indonesia.
                                                                    
Masa Praaksara di Indonesia
Sebelum masuk ke masa yang serba modern pada masa sekarang ini, manusia melewati dulu masa praaksara atau masa prasejarah. Masa prasejarah adalah waktu yang dilalui oleh manusia dengan keadaan serba berkecukupan yang mana dalam memenuhi kehidupannya mereka harus berburu dan untuk tempat tinggalnya mereke selalu berpindah-pindah.

Sejak awal terciptanya bumi ini, manusia sebagai makhluk yang mempunyai akal melalui perubahan zaman sehingga mengalami kemajuan dalam berbagai bidang. Perkembangan yang dilakukan oleh manusia tersebut dalam ilmu sejarah disebut dengan zaman. Berikut ini zaman-zaman yang dilalui oleh manusia sehingga mengalami perkembangan diantaranya yaitu:

1. Zaman Arkaezoikum

Zaman awal yang terjadi di bumi ini yaitu zaman arkaezoikum. Zaman ini merupakan zaman yang paling tua yaitu sekitar 2700 juta tahun yang lalu, pada masa ini belum ada kehidupan karena bumi masih dalam situasi permukaan yang sangat panas dan masih dalam pembentukan.

2. Zaman Paleozoikum

Zaman Paleozoikum atau yang terkenal dengan sebutan zaman primer. Zaman ini merupakan zaman yang terjadi sekitar 350 juta tahun yang lalu yang mana suhu bumi sudah mengalami penurunan atau mendingin. Pada zaman ini sudah muncul makhluk hidup pertama yaitu makhluk hidup bersel satu yang pertama kali menduduki bumi ini.

3. Zaman Mesozoikum

Zaman Mesozoikum atau zaman sekunder adalah zaman yang terjadi sekitar 150 juta tahun yang lalu yang mana pada masa ini sering juga disebut dengan zaman reptile, karena pada zaman ini sudah hidup reptile-reptile raksasa yaitu seperti dinosaurus dan sejenisnya.

4. Zaman Neozoikum

Zaman yang keempat yaitu Zaman Neozoikum. Pada zaman ini kehidupan makhluk hidup sudah mengalami kestabilan dengan munculnya makhluk hidup yang menyusui dan sudah berkurangnya hewan-hewan reptile besar. Zaman Neozoikum ini terbagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Zaman Divilium

Zaman Divilium atau biasa disebut dengan zaman es karena pada zaman ini es yang berada di daerah kutub utara sudah mencair terjadi karena adanya perubahan iklim pada masa tersebut. Pada zaman es ini juga manusia sudah mengalami kehidupan.

2. Zaman Alluvium

Zaman Alluvium atau yang biasa dikenal dengan zaman holosen yaitu zaman yang berlangsung sekitar 20.000 tahun lalu yang mana ditandai dengan munculnya nenek moyang dari manusia yaitu homo sapiens.


Masa Praaksara dan Prasejarah di Indonesia

A. Pengertian Masa Prasejarah atau Praaksara

Praaksara atau prasejarah yaitu terdiri dari dua kata yakni pra yang artinya belum dan aksara yang artinya tulisan. Jadi prasejarah yaitu masa dimana manusia belum mengenal tulisan. Semua negara didunia ini pasti mengalami masa ini dan waktunya berbeda-beda. Setelah hilangnya masa prasejarah ini maka manusia berpindah ke zaman sejarah yakni dimana manusia telah mengenal tulisan.

B. Jenis-jenis Manusia Purba

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ahli atau pakar sejarah yang dibantu dengan ahli fosil yang melakukan penelitian di indonesia memberikan pendapat bahwa di negara indonesia pada waktu dahulu terdapat manusia purba yang hidup.

Dari banyaknya ditemukannya fosil-fosil yang ada di indonesia terutama di pulau jawa, maka dapat disimpulkan bahwa manusia purba yang pernah ada di indonesia diantaranya yaitu:

1. Meganthropus Paleojavanicus yaitu manusia purba yang hidup di pulau jawa dan merupakan manusia purba yang pertama di indonesia. Manusia purba ini memiliki badan yang sangat tinggi dan tubuh yang kekar. Meganthropus Paleojavanicus ini ditemukan di daerah jawa tengah tepatnya di daerah surakarta.

2. Pithecantropus Erectus yaitu manusia purba yang paling banyak ditemukan di daerah indonesia terutama di sekitar pulau jawa. Manusia purba ini disebut juga manusia kera karena memiliki bentuk sama seperti kera dan badan yang tegak serta tinggi badan sekitar 165 - 180 cm.

3. Manusia purba jenis homo yaitu manusia purba yang memiliki berbagai jenis yaitu homo sapiens, homo wajakensis, homo soloensis. Manusia purba homo ini memiliki bentuk yang sudah mulai cukup baik dan stabil dibandingkan dengan manusia purba pada masa-masa sebelumnya.

C. Perkembangan Manusia Purba di Indonesia

Perubahan dan perkembangan manusia purba yang terjadi di negara indonesia diantaranya meliputi:

1. Masa Berburu dan Meramu

Awal mula manusia di indonesia dalam mempertahankan kehidupannya dengan cara berburu dan meramu dengan cara memakan langsung makanan yang diraihnya tanpa melakukan pengolahan terlebih dahulu. 

Alat yang digunakan pada masa ini yaitu kampak yang digunakan untuk menggali ubi dan memotong tumbuhan. Manusia pada masa ini juga senantiasa berpindah-berpindah dalam menentukan tempat tinggalnya karena sangat sulit untuk mendapatkan tempat yang nyaman.

2. Masa Bercocok Tanam

Pada masa ini manusia sudah mengalami kemajuan dengan cara mereka sudah menemukan tempat tinggal yang tetap dan mereka pun sudah mulai belajar menganai bercocok tanam karena dapat meringankan daripada melakukan berburu. 

Tapi, pada masa ini berburu belum mengalami kepunahan melainkan kebanyakan manusia sudah mulai berpindah ke bercocok tanam. Alat yang digunakan pun sudah mengalami kemajuan dengan cara mengolah sendiri dengan cara menghaluskan batu-batuan.

3. Masa Pertukangan

Pada masa pertukangan, manusia sudah mengenal adanya pembagian tugas dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga selesainya pekerjaan dapat dilakukan dengan waktu yang cukup cepat. Bahkan pada masa ini manusia pun sudah menggunakan logam atau perunggu untuk membuat peralatan rumah tangga mereka.

Demikianlah pembahasan mengenai masa praaksara dan prasejarah di indonesia semoga memberikan ilmu pengetahuan kepada para pembaca. Buat kalian yang mau menambahkan materi ini dapat dilakukan dengan cara berkomentar di kolom di bawah ini. Terima kasih telah berkunjung.























0 komentar

Posting Komentar