12/09/17

Pengertian CPU, Fungsi CPU, dan Komponen CPU

Pengertian CPU, Fungsi CPU, dan Komponen CPU: Ketika seseorang membeli komputer biasanya suka melihat dulu spesifikasinya terlebih dahulu. Bahkan kalian mungkin suka mendengar kata pentium dan beberapa spesifikasinya seperti quadcore dan lain sebagainya. Istilah-istilah tersebut menuju pada prosesor komputer atau yang biasa dikenal dengan CPU.

Pada artikel kami akan mencoba membahas mengenai Pengertian CPU, Fungsi CPU, dan Komponennya yang mempunyai peranan sangat penting terhadap suatu komputer atau laptop. Berikut ini penjelasan lengkapnya!!

A. Pengertian CPU

CPU merupakan singkatan dari Central Processing Unit yang artinya komponen utama atau perangkat keras yang memproses data utama pada sebuah komputer. CPU merupakan bagian yang paling penting pada komputer karena CPU menjalankan semua program yang terdapat pada komputer baik yang menyangkut software atau hardware.
                                                          
Pengertian dan Fungsi CPU
CPU merupakan komponen yang terpenting pada suatu komputer karena dengan CPU semua aplikasi yang terdapat pada komputer bisa melakukan tugasnya contohnya ketika anda mengetik angka 1 pada keyboard dan pada layar komputer otomatis tertulis no 1 tersebut yang menjalankan pindahnya nomor 1 dari keyboard ke layar monitor adalah CPU. Jadi apabila suatu komputer tidak ada CPU maka komputer tersebut tidak akan bisa berjalan dan berfungsi.

Dalam bahasa lain CPU sering dikenal juga dengan bahasa prosesor maka ketika anda sedang memahami dan menganalisa sebuah processor maka anda pun sedang memahami dari CPU.


B. Komponen CPU

Suatu CPU pasti memiliki prosesor atau suatu chip yang terdapat didalam komputer yang berfungsi untuk proses kalkulasi komputer. Namun, dengan perkembangan dunia teknologi yang semakin pesat sangat memungkinkan sebuah CPU memiliki lebih dari satu procesor yang dinamakan dengan prosesor core.

Bahkan ketika anda membaca sebuah brosur yang menerangkan komputer maka kalian sering membaca yang namanya teknologi dual core yang artinya dua processing dalam satu CPU atau quad core yang memiliki empet processing dalam satu CPU. Untuk zaman sekarang yang semakin berkembang maka ada satu CPU yang memiliki enam prosesor yang disebut dengan hexa core bahkan ada yang sampai menggunakan delapan prosesor yang disebut dengan octo core. 

Komponen yang terdapat dalam CPU sangatlah banyak sehingga kalau saya uraikan pada artikel ini akan membuat anda sulit dalam memahami masalah CPU sehingga untuk penjelasan komponen CPU secara lengkapnya bisa kalian baca pada artikel kami selanjutnya.

C. Fungsi CPU

Sebagai komponen pokok dalam sebuah komputer, tentunya CPU memiliki peranan atau fungsi yang penting dalam komputer. Berikut ini fungsi-fungsi CPU pada suatu komputer diantaranya yaitu:

1. Fetching

Dalam bahasa indonesia fetching memiliki arti menjemput. Dalam bahasa komputer fetching adalah proses pengambilan perintah dan data yang diperlukan yang mana proses pengambilan tersebut berjalan dari memori utama ke CPU. 

Sebuah intruksi yang terjadi dalam CPU terdiri dari dua bagian yang penting. Bagian yang pertama merupakan aksi yang akan dijalankan yang disebut dengan opcode, dan bagian kedua adalah data yang akan dikerjakan yang disebut dengan operand. 

2. Decoding

Decoding adalah suatu proses penerjemahan suatu program ke dalam bahasa yang dimengerti oleh CPU. Dalam suatu sistem CPU, sebuah program yang akan dijalankan harus sesuai dengan kode instruksi yang nantinya akan diterjemahkan agar CPU dapat mengenalinya dalam kode instruksi biner. 

3. Executing

Executing adalah kegiatan CPU dalam melakukan suatu hal yaitu dalam melakukan kalkulasi atau perhitungan dengan menggunakan suatu komponen yang berada didalamnya yang disebut dengan ALU atau Arithmetical Logical Unit. Ketika suatu program dijalankan maka CPU akan mengeksekusi program tersebut yang dikenal dengan bahasa Executing.

Komponen ALU memiliki fungsi dalam semua proses perhitungan matematika dan logika dalam suatu komputer. Selain itu fungsi dari ALU ini juga berperan dalam proses pemindahan dari satu perangkat memori ke perangkat memori lainnya.

4. Storing

Fungsi dari CPU yang lainnya yaitu sebagai storing. Storing yaitu menyimpan data dalam CPU. Ketika anda menggunakan komputer maka CPU akan menjalankan suatu proses dalam menyimpan data yang telah kita gunakan baik penyimpanan secara permanen maupun sementara.

Ketika anda menjalankan komputer dengan menggunakan data yang cepat dan menyimpannya secara sementara maka CPU akan menyimpan data tersebut dalam RAM sementara data yang permanen akan disimpan dan masuk ke dalam harddisk. Kedua fungsi tersebut dapat berjalan dengan baik karena dilakukan dan diatur oleh CPU.

Demikian pembahasan yang kami sampaikan mengenai Pengertian CPU, Fungsi dan Komponennya semoga dapat memberikan pengetahuan yang lebih kepada yang membacanya. Buat kalian yang mau menambahkan tentang materi ini dapat berkomentar dengan kolom komentar yang terdapat di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai dengan selesai.





0 komentar

Posting Komentar