03/09/17

Pengertian Hukum Permintaan dan Penawaran Terbaik 2017

Pengertian Hukum Permintaan dan Penawaran Terbaik 2017: Dalam setiap transaksi ekonomi pasti di dalamnya terdapat istilah permintaan (demand), penawaran (supply), harga dan kuantitas suatu barang yang saling mempengaruhi antara hubungan yang satu dengan yang lainnya. Harga dan kuantitas suatu barang akan di tentukan dengan adanya pertemuan tentang permintaan dan penawaran.                                          
Hukum Permintaan dan Penawaran 
Dengan adanya sistem dalam ekonomi yang seperti itu berikut ini kami akan coba menjelaskan tentang pengertian dari permintaan dan penawaran serta hukumnya permintaan dan penawaran dalam suatu produk yang berbentuk barang atau jasa.

Pengertian Permintaan dan Penawaran

Permintaan adalah sebuah teori dalam ilmu ekonomi yang didalamnya terdapat naik atau turunnya suatu barang dengan melihat dari segi permintaan terhadap barang tersebut, Sedangkan penawaran adalah jumlah barang yang ditawarkan pada tingkat harga tertentu dan pada waktu tertentu.

Pengertian Hukum Permintaan

Hukum permintaan adalah teori dalam ilmu ekonomi yang didalamnnya mempelajari tentang keadaan suatu barang, apabila harga suatu barang naik maka permintaan terhadap barang tersebut akan menurun, dan sebaliknya apabila harga suatu barang turun maka permintaan terhadap barang tersebut otomatis akan naik. Jadi dapat diartikan bahwa hukum permintaan melihat akan harga suatu barang soalnya apabila harga barang naik maka pembeli akan menurun dan otomatis pembeli pun akan mencari ganti dari barang tersebut dengan harga yang lebih murah.

Pengertian Hukum Penawaran

Hukum penawaran adalah teori dalam ilmu ekonomi yang didalamnya menjelaskan harga tingkat suatu barang dalam waktu tertentu. Apabila tingkat harga suatu barang naik maka jumlah barang yang ditawarkan pasti menaik, dan sebaliknnya apabila tingkat harga suatu barang menurun maka barang yang ditawarkan pasti menurun. Dalam hukum penawaran tingkat harga suatu barang pasti akan lurus dengan jumlah barang yang ditawarkan.

Baca juga 7 Masalah Ekonomi Di Indonesia Lengkap Dengan Solusinya

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Permintaan dan Penawaran

1. Faktor Dalam Permintaan

 Selera Konsumen

Apabila selera konsumen terhadap suatu barang dan jasa tinggi maka akan otomatis jumlah barang dan jasa yang diminta akan mengalami peningkatan. Contohnya permintaan terhadap handphone.

 Pendapatan Konsumen

Apabila pendapatan konsumen semakin tinggi maka akan diikuti dengan daya konsumen yang kuat untuk membeli barang dan jasa dengan jumlah yang lebih banyak.

 Harga Barang / Jasa Pengganti

Konsumen akan cenderung memilih dan mencari harga barang yang relatif lebih murah untuk dijadikan sebagai alternatif pengganti. Contohnya para pelajar akan memilih pulpen dengan merek yang biasa dengan harga murah dibandingkan dengan harga pulpen yang mahal dengan merek ternama.

 Harga Barang / Jasa Pelengkap

Konsumen akan memilih barang dengan harga yang murah dibandingkan barang yang sebelumnya suka digunakan mengalami kenaikan harga. Contohnya masyarakat akan cenderung lebih memilih gas yang harganya lebih murah dan mudah di dapat daripada minyak tanah yang sulit di dapat dan harganya naik meningkat.

 Prakiraan Harga

Apabila harga suatu barang pada masa yang akan datang mengalami peningkatan maka konsumen akan membeli jumlah barang dengan banyak sebagai solusinya. Contohnya Pada saat krisis ekonomi, ketika konsumen memperkirakan harga sembako akan mengalami kenaikan maka konsumen akan membeli untuk memborong sembako.

 Intensitas Kebutuhan Konsumen

Bila suatu barang atau jasa sangat dibutuhkan secara mendesak dan dirasakan penting oleh konsumen, maka jumlah permintaan akan mengalami peningkatan. Contohnya kebutuhan bahan pokok beras, maka konsumen akan membeli walaupun dengan harga yang tinggi.

2. Faktor Dalam Penawaran

 Biaya Produksi 

Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak laku.

 Teknologi

Dengan kemajuan teknologi akan mengalami pengurangan terhadap biaya produksi dan produsen dapat menawarkan barang dalam jumlah yang lebih besar lagi.

 Harga Barang Pelengkap dan Pengganti

Apabila permintaan terhadap barang pelengkap atau pengganti mengalami kenaikan maka pihak produsen akan berpindah memproduksi barang pengganti karena konsumen lebih memilih yang harganya lebih murah.

 Pajak

Semakin tinggi tarif pajak yang dikenakan akan memiliki akibat naiknya harga barang sehingga akan berdampak rendahnya jumlah penawaran dan jumlah barang yang ditawarkan.

 Prakiraan Harga

Apabila kondisi pendapatan masyarakat mengalami peningkatan maka pihak produsen akan menambah jumlah barang yang ditawarkan dan sebaliknya apabila pendapatan masyarakat tetap bahkan cenderung menurun maka produsen cenderung mengurangi jumlah barang yang ditawarkan dan kemungkinan akan pindah untuk memproduksi barang yang baru.

 Tujuan Perusahaan

Bila suatu perusahaan memiliki tujuan untuk menguasai pasar maka pihak perusahaan harus mampu menekan harga terhadap suatu barang walaupun keuntungan yang didapat kecil. Tapi apabila pihak perusahaan tidak mau menguasai pasar dan cenderung ingin mendapatkan keuntungan yang besar maka pihak perusahaan akan memasang harga yang tinggi terhadap barang yang ditawarkannya.

Penentuan Harga Keseimbangan

Harga keseimbangan adalah harga titik pertemuan dari kurva penawaran dan permintaan. Terbentuknya harga dan  kuantitas keseimbangan di pasar merupakan hasil kesepakatan antara pembeli (konsumen) dan penjual (produsen).dimana barang yang di tawarkan telah disetujui oleh pihak konsumen dengan harga yang telah ditetapkan sebelumnya. Apabila harga yang telah disepakati bisa diterima dengan baik oleh kedua belah pihak maka harga tersebut akan menjadi patokan dan biasanya bisa bertahan lama.

Masalah harga suatu barang biasanya tergantung dengan kondisi barang tersebut dan bisa dilihat nilai ekonomis suatu barang tersebut serta diperlukan nilai tukar berupa uang untuk memperoleh barang teresbut. Harga adalah perwujudan nilai tukar atas suatu barang atau jasa yang dinyatakan dengan uang. Harga pasar untuk suatu barang biasanya terbentuk adanya proses tarik menarik antara pembeli dengan permintaannya dan penjual dengan penawarannya.

Menentukan keadaan keseimbangan dengan matematik: Menentukan keseimbangan dapat juga dilakukan secara matematik yaitu, dengan memecahkan persamaan permintaan dan persamaan penawaran secara serentak.

CONTOH; 

Persamaan permintaan: Qd = 1.500 - 0,001 Pq

Persamaan penawaran: Qs = -100 + 0,001 Pq

Syarat keseimbangan adalah syarat permintaan sama dengan syarat penawaran Qd = Qs

1.500 - 0,001 P = -100 + 0,001 Pq

1.500 + 100 = 0,001 P + 0,001 Pq

1.600 = 0,002 Pq

Pq = 800.000 (harga keseimbangan atau harga pasar).

Kurva Hukum Permintaan dan Penawaran

1. Kurva Permintaan

Dengan adanya hukum permintaan maka kurva permintaan akan menjadi miring dari kiri atas ke kanan bawah, sehingga kurva permintaan akan mengalami kemiringan negatif. Kurva permintaan tidak mungkin menyentuh sumbu P karena berapapun harganya pasti ada konsumen yang bersedia untuk membeli barang yang dihasilkan.

2. Kurva Penawaran

Kurva penawaran memiliki kemiringan positif artinya variabel-variabelnya akan bekerja dalam suatu arah yang sama. Kurva penawaran akan membentuk dari kiri bawah ke kanan atas. Kurva penawaran akan mempunyai slope positif yaitu jumlah barang yang ditawarkan akan berbanding lurus dengan harga barang. Semakin tinggi harga barang, maka akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.
                                              
Demikian penjelasan mengenai hukum permintaan dan penawaran beserta kurvanya mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan kita semuanya. Buat kalian yang mau menambahkan bisa berkomentar di kolom di bawah. Terima kasih telah berkunjung.

























0 komentar

Posting Komentar