09/09/17

Pengertian Interaksi Sosial, Bentuk, dan Contohnya Lengkap

Pengertian Interaksi Sosial, Bentuk, dan Contohnya Lengkap: Interaksi Sosial adalah bentuk hubungan timbal balik antara dua orang atau lebih yang mempunyai peran untuk saling mempengaruhi baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.                                                                 
Contoh Interaksi Sosial
Interaksi sosial dapat juga diartikan sebagai proses yang dilakukan oleh manusia untuk bisa menjalin komunikasi atau kontak yang bisa mempengaruhi terhadap pikiran dan perbutan. Dengan adanya interaksi sosial akan menjadikan sarana untuk saling mengerti antara satu orang dengan yang lainnya.

Dalam interaksi sosial terdapat aturan-aturan yang apabila dijalankan dengan baik maka interaksi sosial pun akan terjalin baik dan apabila aturan tersebut tidak dijalankan maka interaksi sosial pun tidak akan berjalan sesuai yang diharapkan.

Pengertian Interaksi Sosial 

Dalam pengertian interaksi sosial banyak para ahli yang memberikan pendapatnya. Berikut ini para ahli yang memberikan pendapat mengenai interaksi sosial diantaranya yaitu:

1. Gilin: Beliau berpendapat bahwa interaksi sosial adalah hubungan yang bersifat sosial dan dinamis yang menyangkut hubungan antar individu atau antar kelompok.

2. Macionis: Menurut Macionis interaksi sosial yaitu suatu proses yang meliputi tindakan untuk membalas tindakan orang lain yang mana sebelumnya terjadi hubungan atau kontak.

3. Soerjono Soekanto: Menurutnya interaksi sosial merupakan suatu proses yang didalamnya terkandung cara-cara berinteraksi jika antara individu dan kelompok telah saling bertemu yang telah menentukan sistem dan hubungan sosial.

4. Homans: Menurut Homans interaksi sosial adalah suatu aktifitas yang dilakukan oleh seseorang terhadap individu lain yang mana individu tersebut memberikan balasan atas aktifitas yang telah dilakukan oleh seseorang tersebut.

5. Kimball Young dan Raymond W. Mack: Menurut mereka, pengertian interaksi sosial yaitu hubungan sosial yang bersifat dinamis yang meliputi individu dengan individu atau individu dengan kelompok atau kelompok dengan kelompok.


Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial

Berikut ini bentuk-bentuk interaksi sosial diantaranya meliputi:

1. Kerjasama 

Kerjasama adalah salah satu bentuk interaksi sosial yang dimana orang-orang yang terlibat didalamnya saling tolong menolong dalam menyelasaikan suatu permasalahan atas satu tujuan yang sama. Contohnya kerjasama (gotong royong) dalam membersihkan lingkungan sekolah.

2 Persaingan

Persaingan merupakan suatu bentuk dari interaksi dimana orang-orang saling bersaing dalam meraih satu tujuan yang sama. Contohnya persaingan dalam melamar pekerjaan.

3. Pertentangan

Bentuk interaksi sosial pertentangan yaitu interaksi sosial yang berupa perjuangan yang langsung dengan rasa sadar baik antara individu atau kelompok untuk mencapai suatu tujuan.

4. Persesuaian

Persesuaian adalah bentuk interaksi dari manusia yang sedang bertentangan yang memiliki kesepakatan untuk menyudahi pertentangannya. Persesuai merupakan suatu interaksi yang menciptakan kedamaian baik yang bersifat sementara atau kekal.

5. Perpaduan

Perpaduan adalah suatu bentuk interaksi lanjutan setelah sebelumnya tercipta interaksi awal. Dengan menjalankan interaksi perpaduan akan memiliki manfaat terciptanya kerukunan dan kesatuan dalam setiap individu atau kelompok. Ketika perpaduan ini terus berjalan dengan baik maka konsistensi untuk mencapai suatu tujuan pun akan berjalan dengan baik.

Contoh-contoh Interaksi Sosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan dan tidak bisa hidup menyendiri. Salah satu terciptanya rasa sosial yang baik, maka harus dijalani dengan interaksi sosial yang baik. Berikut ini contoh-contoh dari interaksi sosial meliputi:

A. Interaksi Sosial Individu dengan Individu 

1. Seseorang yang mengajari temannya belajar ilmu sejarah.
2. Seorang ibu yang mengurus anaknya.
3. Seorang paman memberi makanan kepada kerabatnya.
4. Seorang ayah mengajak bermain anaknya.
5. Seorang anak membeli makanan ke pedagang.

B. Interaksi Sosial Individu dengan Kelompok

1. Seorang guru mengajarkan muridnya.
2. Seorang presiden memberikan informasi kepada rakyatnya.
3. Seorang komandan mengatur anggotanya.
4. Seorang ayah mengajarkan kepada anak-anaknya.
5. Seorang ustadz berbagi ilmu dengan jemaahnya.

C. Interaksi Sosial Kelompok dengan Kelompok

1. Para guru dengan semua muridnya melaksanakan upacara bendera.
2. Pihak polisi dan TNI bergabung untuk memberantas kejahatan.
3. Kelompok antar murid yang berlomba dalam suatu kejuaran nasional.
4. Organisasi pramuka dan PMR bergabung membantu korban gempa.
5. Pertemuan antara anggota MPR dan DPR membahas permasalahan negara.

Mungkin itulah yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian interaksi sosial lengkap dengan bentuk dan contohnya. Buat kalian yang mau menambahkan materi ini bisa berkomentar di kolom komentar. Terima kasih telah berkunjung dan telah membaca artikel ini.
























0 komentar

Posting Komentar