20/09/17

Pengertian Modem, Repeater, HUB, Router, Switch, Bridge, NIC, Access Point

Pengertian Modem, Repeater, HUB, Router, Switch, Bridge, NIC,  Access Point: Pada masa sekarang koneksi jaringan termasuk salah satu prioritas manusia. Lewat koneksi jaringan yang stabil, manusia dapat melakukan berbagai aktifitasnya seperti bekerja, belajar dan bermain. Tapi, ketika koneksi jaringan internet anda tidak stabil (menyambungkan) maka anda akan merasa jengkel dan juga kesal.

Alat penguat koneksi sinyal cukuplah banyak, tapi karena banyaknya itu membuat kita bingung untuk menentukan pilihan. Oleh karena itu, kami lewat artikel ini akan membahas mengenai perbedaan-perbedaan yang terdapat pada alat penangkap jaringan seperti modem, repeater, HUB, router, switch, bridge dan lain sebagainya.

1. Pengertian Modem

Modem merupakan singkatan dari dua kata yaitu Modulator dan Demodulator. Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses menumpangkan data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu (seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi yang mana data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal analog.
                                     
Modem
Demodulator adalah proses mendapatkan kembali data atau proses pembaca dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulator, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal analog dirubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca pada komputer penerima.

Dengan pembahasan demikian modem dapat melakukan fungsinya dan juga dapat dikatakan bahwa modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Jenis-jenis Modem

Berdasarkan pemasangannya modem terbagi menjadi dua jenis, yaitu modem internal dan modem external. Modem internal dipasangkan pada bagian dalam komputer seperti pada slot PCI yang terdapat pada CPU. Sedangkan modem external dipasang pada bagian luar CPU, umumnya dipasangkan pada serial port atau USB yang terdapat pada bagian cassing CPU.

2. Pengertian Repeater

Repeater adalah alat jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk memperluas jangkauan sinyal Wifi yang belum tercover dari sinyal yang berasal dari server agar bisa menangkap sinyal Wifi. Perangkat Repeater harus terdiri dari dua perangkat, yaitu Client dan Server. Client (menerima sinyal dari server), sedangkan Server (menyebarkan sinyal kepada Wifi).
                                                            
Repeater

Fungsi Repeater diantaranya yaitu:

➜ Untuk memindahkan daerah-daerah yang sinyalnya lemah dari server.
➜ Untuk menyebarluaskan jangkauan sinyal dari server.
➜ Untuk mempermudah akses sinyal Wifi yang berasal dari server.

Baca juga Pengertian Repeater dan Fungsinya

3. Pengertian HUB

HUB adalah sebuah perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical layer. Cara kerja dari HUB ini sebagai penyambung atau concentrator yang hanya menguatkan sinyal di kabel UTP. Dalam sistem HUB anda tidak akan mengenal MAC Addressing sehingga tidak bisa memilih data yang harus ditransmisikan sehingga collision tidak bisa dihindari dari penggunaan HUB tersebut.
                                                       
HUB
Fungsi HUB diantaranya yaitu:

➜ Menambah jarak jaringan internet.
➜ Memfasilitasi fleksibilitas dengan mendukung interface yang berbeda.
➜ Memberikan management yang tersentralisasi.

4. Pengertian Router

Router adalah sebuah perangkat jaringan yang bekerja pada OSI layer 3, Network Layer atau perangkat komputer yang memiliki tugas menyampaikan paket data melewati jaringan internet hingga sampai ketujuannya. Selain itu, Router juga berperan penting sebagai penghubung atau penerus paket data antara dua segmen jaringan atau lebih.
                                                           
Router
Fungsi Router diantaranya yaitu:

➜ Router memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat penghubung antara dua atau lebih jaringan komputer untuk meneruskan dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

5. Pengertian Switch

Switch adalah perangkat jaringan komputer yang bekerja di OSI layer 2, Data Link Layer. Cara kerja dari Switch ini sebagai penyambung dalam jaringan komputer. Dalam Switch ini anda akan mengenal dengan yang namanya MAC Adressing sehingga dapat memilih data yang mana yang akan diteruskan ke mana.
                                                               
Switch
Fungsi Switch diantaranya yaitu:

➜ Dapat digunakan sebagai Repeater (alat penguat sinyal).
➜ Berfungsi untuk menghubungkan kabel-kabel UTP antara satu komputer dengan yang lainnya.
➜ Dalam Switch ini biasanya terdapat Routing yang memiliki fungsi sebagai batu loncat dalam melakukan koneksi dengan komputer yang lain dalam jaringan LAN.

Baca juga 19 Input Device (Perangkat Masukan) Komputer

6. Pengertian Bridge

Bridge adalah sebuah komponen jaringan komputer yang dapat berfungsi dalam memperluas jaringan. Bridge jaringan beroperasi di dalam lapisan-lapisan data link pada model OSI. Selain itu, Bridge ini dapat bekerja untuk menggabungkan dua buah media jaringan yang berbeda.
                                                         
Bridge
Fungsi Bridge diantaranya yaitu:

➜ Membagi dari satu buah jaringan menjadi dua buah jaringan.
➜ Mengatur informasi dintara kedua sisi jaringan agar dapat berjalan secara teratur.

7. Pengertian Access Point

Access Point adalah perangkat yang digunakan sebagai pembuat koneksi wireless pada jaringan komputer.
                                                       
Access Point
Fungsi Access Point diantaranya yaitu:

➜ Sebagai perangkat jaringan yang dapat membuat jaringan tanpa kabel.

8. Pengertian NIC

NIC merupakan singkatan dari Network Interface Card yang artinya sebuah kartu yang memiliki fungsi sebagai jembatan dari komputer menuju jaringan komputer. Cara kerja NIC yaitu untuk mengubah aliran data paralel dalam bus komputer menjadi bentuk data serial sehingga dapat ditransmisikan di atas media jaringan.
                                                       
NIC
Fungsi NIC diantaranya yaitu:

➜ Sebagai media yang mengirimkan data ke komputer yang lain di dalam jaringan.
➜ Mengontrol data flow diantara komputer dan sistem kabel.
➜ Sebagai penerima data yang dikirim dari komputer lain lewat kabel dan menerjemahkannya ke dalam bit yang bisa dimengerti oleh komputer.

Baca juga 20 Bahasa Pemrograman Komputer 

Demikian yang dapat kami bahas mengenai Perbedaan Modem, Repeater, HUB, Router, Switch, Bridge, Access Point semoga dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya. Untuk kalian yang mau menambahkan materi ini dapat berkomentar pada kolom komentar yang terdapat di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.






















0 komentar

Posting Komentar