20/09/17

Pengertian Repeater dan Fungsinya serta Cara Penggunaanya

Pengertian Repeater dan Fungsinya serta Cara Penggunaanya: Ketika anda berbicara kata repeater, maka pembahasan anda tidak akan jauh mengenai jaringan. Repeater secara umum merupakan salah satu alat yang berguna pada jaringan komputer. Ketika anda membahas tentang jaringan komputer, mungkin anda akan menemukan fase yang rumit karena memahami jaringan merupakan suatu pembahasan yang harus benar-benar fokus karena banyak sekali cabang dari jaringan tersebut.

Ketika anda membahas suatu jaringan, maka anda akan melibatkan mengenai fungsi dan cara kerja jaringan tersebut. Walaupun pembahasan jaringan ini cukup rumit, tapi kami akan mencoba semaksimal kami membahas jaringan dan salah satu yang akan kami bahas mengenai jaringan yaitu Repeater.


Pengertian Repeater

Banyak orang yang menanyakan Apa Repeater itu? Pada dasarnya kata Repeater berasal dari bahasa inggris yang artinya pengulangan. Jika diartikan dari suku kata repeater mempunyai arti pengulangan kembali, dan apabila disempurnakan dalam bahasa, Repeater merupakan alat yang berguna untuk mengulang dan meneruskan kembali signal ke daerah sekitar perangkat.
                                                               
Pengertian Repeater dan Fungsinya
Jika dipahami oleh ilmu komputer, Repeater adalah alat yang memiliki kegunaan untuk menguatkan sinyal. Dengan Repeater, sinyal yang lemah dan memiliki jangkauan yang sedikit dapat ditingkatkan menjadi kekuatan sinyal yang lebih kuat dan memiliki jangkauan yang luas.

Fungsi Repeater

1. Untuk memperluas jangkauan sinyal internet

Repeater memiliki fungsi untuk meningkatkan transfer data jaringan internet sehingga dapat menghasilkan koneksi jaringan yang maksimal dan memperluas daya koneksi sinyal pada jaringan tersebut. Tanpa Repeater, maka koneksi jaringan internet tidak akan dimanfaatkan secara maksimal dalam arti lain koneksinya hanya bisa mencakup beberapa wilayah bahkan hanya kawasan wilayah yang kecil.

2. Mengoptimalkan dan menambah sinyal Wifi

Repeater juga dapat difungsikan untuk mengoptimalkan dan menambah sinyal wifi dengan metode pengulangan transfer datanya. Pengulangan data ini terjadi dengan menangkap dan menambahkan sinyal ke akses jaringan internet yang terpasang ke alat ini.

3. Mempercepat pengiriman dan penerimaan data

Fungsi selanjutnya dari Repeater yaitu mampu mempercepat dalam pengiriman dan penerimaan data jaringan internet. Dengan adanya Repeater, dapat memberikan dan memperoleh kecepatan yang lancar untuk yang akan mendownload atau mengupload sesuatu yang memiliki data yang besar.

4. Mengurangi penggunaan kabel jaringan

Repeater juga memiliki fungsi untuk menghemat kepada pemiliknya agar tidak mengeluarkan biaya yang banyak dalam penggunaan kabel jaringan. Ketika anda menggunakan Repeater, maka anda akan meminimalis dari kabel jaringan yang anda pakai dan dapat memberikan kehematan pada keuangan anda.

5. Pengganti Router

Fungsi selanjutnya dari Repeater yaitu dapat mengganti access point atau router. Jadi ketika router anda bermasalah, maka anda bisa gunakan Repeater sebagai pengganti fungsi dari access point pada sebuah router. Dengan melakukan metode ini, maka kestabilan keuangan anda dapat terjaga tanpa harus membeli router yang baru.

Repeater dapat juga diartikan sebagai alat penguat sinyal wifi yang sekarang banyak dicari oleh pengguna komputer. Dengan Repeater ini jangkauan sinyal wifi akan semakin jauh, sinyal semakin kuat dan stabil sehingga dapat memberikan kenyamanan pada akses internet yang tidak akan putus-putus. 


Cara Menggunakan Repeater

1. Colokkan perangkat Repeater ke jaringan listrik.

2. Sambungkan SSID (alat penguat sinyal wifi) ke laptop.

3. Jika sudah tersambung, maka buka browser dan ketikkan alamat IP yang disebutkan di manual book.

4. Lalu log-in dengan user dan password yang sesuai dengan petunjuk.

5. Setelah ditemukan SSID di area sekitar, kemudian pilih salah satu yang hendak ditambah jarak jangkauannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian Repeater dan Fungsinya, semoga dapat bermanfaat bagi yang membacanya. Untuk anda yang mau menambahkan materi ini dapat dilakukan dengan cara berkomentar pada kolom komentar yang terdapat dibawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.















0 komentar

Posting Komentar