17/09/17

Pengertian Router dan Jenis-jenis Router

Pengertian Router dan Jenis-jenis Router: Apakah anda sudah mengenal apa yang namanya Router? Router merupakan salah satu istilah yang terdapat pada jaringan komputer. Router adalah suatu sistem dari perangkat jaringan yang berfungsi untuk mengirimkan sejumlah paket data dari suatu jaringan internet menuju tujuannya dengan melalui sebuah proses yang dinamakan Routing.

Router secara umum mempunyai definisi menghubungkan dua jaringan atau lebih, sehingga berbeda dengan switch. Perbedaan yang dapat ditemukan dari router dan switch, kalau router menghubungkan beberapa jaringan dari satu jaringan LAN, sedangkan switch menghubungkan sejumlah perangkat untuk dapat menghasilkan jaringan LAN.
                                               
Router dan Jenis-jenisnya
Apakah anda sudah mengerti tentang LAN? Kalau memang belum anda bisa pelajari selengkapnya dalam Fungsi LAN Card dan Jenis-jenisnya. Antara router dan switch tentu memiliki perbedaan yang cukup jelas. Dengan menggunakan router anda dapat menghubungkan banyak jaringan yang berukuran kecil ke suatu jaringan yang ukurannya lebih besar atau yang kita bisa kenal dengan sebutan internetwork.

Macam-macam Jenis Merk Router

Secara umum, router dapat kita bedakan menjadi dua bagian yakni router statis dan router dinamis. Router statis adalah router yang mempunyai tabel routing dengan kondisi statis diatur secara manual oleh pihak administrator jaringan. Sedangkan router dinamis adalah router yang mempunyai tabel routing dengan kondisi dinamis dengan cara membaca lalu lintas yang terjadi pada suatu jaringan.

Berdasarkan jenisnya, router ini terbagi menjadi 3 macam jenis. Berikut ini pembahasan mengenai macam-macam jenis router:

1. Router Fisik atau Hardware

Router fisik atau hardware merupakan jenis router yang paling umum kita temukan. Router fisik ini memiliki bentuk fisik yang nyata dan sudah pastinya banyaj yang menggunakannya. Dalam hal bentuknya router ini memiliki bentuk seperti modem serta dilengkapi dengan banyaknya port dan juga bisa disimpan pada lokasi-lokasi yang menjadi central sebuah tempat jaringan. Mengapa router ini banyak digunakan? Router hardware banyak digunakan karena dalam router ini tersimpan kemampuan yang besar dalam melakukan proses routing.

2. Router Software

Jenis dari macam-macam router selanjutnya yaitu router software. Router software adalah sebuah aplikasi atau program memungkinkan sebuah PC menjadi router lewat penggunaan sistem operasi populer. Router software juga merupakan sebuah software yang di instal pada sistem operasi komputer baik menggunakan linux, windows, maupun macOS. 

Dengan memasukan software ini dapat memberikan dua fungsi pada komputer yang pertama komputer ini dapat dimanfaatkan sebagai PC pada umumnya, dan yang kedua komputer ini dapat berguna sebagai router. Dalam hal keunggulannya, router yang menggunakan software ini masih kalah dengan router hardware dalam masalah kecepatan jaringan yang dihasilkan.

3. Router PC

Jenis router yang terakhir, yaitu Router PC. Router PC memiliki perbedaan dengan router software, kalau router software merupakan sebuah software yang memberikan kemampuan tambahan terhadap PC, sedangkan router PC yaitu sebuah router yang memang dengan sengaja diinstall pada PC yang memberikan fungsi kepada sebuah PC dapat bertindak sebagai router. 

Jenis router yang menggunakan router PC ini sangat jarang digunakan karena mungkin masih kalah dengan kemampuan yang bisa dihairkan oleh Router Hardware. Meskipun begitu, Router  PC ini hanya membutuhkan spesifikasi yang rendah seperti Pentium 2, RAM 64, dan Hardisk 10 GB. 


Dengan kami menjelaskan jenis-jenis router diatas semoga dapat memberikan gambaran kepada anda dalam memilih jenis router yang akan anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan anda menggunakan jenis router yang terbaik, maka anda dapat menikmati fungsi dari router semaksimal mungkin.

Nah, Mungkin demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian Router dan Macam-macam Jenis Router semoga memberikan manfaat untuk anda yang membaca artikel ini. Untuk anda yang mau menambahkan meteri ini bisa kalian lakukan dengan cara berkomentar pada kolom komentar yang terdapat dibawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.


















0 komentar

Posting Komentar