20/09/17

Pengertian Virtual Memory dan Fungsinya

Pengertian Virtual Memory dan Fungsinya: Apakah Virtual Memory itu? Mungkin sebagian pengguna komputer kata ini sudah tak asing lagi karena mungkin sering melihat pemberitahuan dari komputer anda yang bertuliskan "memory is low", yang mana hal ini terjadi karena komputer kekurangan memori untuk menjalankan sebuah program.

Mungkin kata Virtual Memory untuk para pengguna komputer yang baru merupakan kata yang asing, bahkan dapat membingungkan dalam memahaminya. Oleh karena itu, kami lewat artikel ini akan membantu untuk membahas mengenai Pengertian Virtual Memory dan Fungsinya.
Pengertian Virtual Memory 

Virtual Memory terdiri dari dua kata yaitu Virtual dan Memory. Virtual memiliki arti tiruan, sedangkan Memory memiliki arti ruang penyimpanan. Jadi Virtual Memory adalah sebuah sistem yang digunakan oleh sistem operasi untuk menggunakan sebagian dari memory sekunder yaitu Hardisk seakan-akan ia menggunakannya sebagai memori internal yaitu RAM yang terpasang di dalam sebuah sistem komputer. 
                                                             
Pengertian Virtual Memory dan Fungsinya
Sistem operasi Virtual Memory ini bekerja dengan cara memindahkan beberapa kode yang tidak dibutuhkan ke sebuah berkas dalam hard drive yang kita kenal dengan page file. Virtual Memory dapat bekerja secara maksimal ketika kaedaan RAM yang terdapat di dalam komputer tidak mencukupi untuk menjalankan suatu sistem program yang membutuhkan memori yang tinggi.

Virtual Memory dapat juga diartikan dengan suatu teknik yang memisahkan antara memori logis dan memori fisik. Memori logis berisi kumpulan keseluruhan suatu program. Tanpa adanya Memory Virtual maka memori logis akan dibawa langsung ke memori fisik atau memori utama. Jadi salah satu fungsi dari memori virtual yaitu melakukan pemisahan dengan menaruh memori logis ke secondary storage (disk sekunder) dan hanya membawa halaman yang diperlukan ke memori utama (memori fisik).

Dengan adanya Virtual Memory maka kinerja yang dijalankan oleh memori utama tidak akan terganggu dan ketika sedang membutuhkan intruksi atau data yang terdapat pada suatu halaman tertentu, maka halaman tersebut akan dicari di memori utama dan jika halaman yang dicari tidak ditemukan di memori utama maka pencarian halaman akan dilakukan pada memori disk sekunder.

Dari beberapa pengertian diatas, maka dapat kami simpulkan bahwa Virtual Memory adalah memori yang bersifat sementara yang digunakan oleh komputer untuk menjalankan berbagai program aplikasi atau program penyimpan data yang membutuhkan memori yang lebih besar dari memori yang telah tersedia.
Fungsi Virtual Memory

1. Menangani kelebihan beban RAM

Fungsi yang pertama dari Virtual Memory adalah menangani kelebihan RAM. Ketika RAM sudah tidak mampu menanggung beban dari program yang dijalankan oleh suatu komputer, maka Virtual Memory akan membantu agar kinerja RAM tetap stabil walaupun menanggung beban yang lebih dari kapasitasnya.

Untuk memberi gambaran tentang keterangan diatas, misalnya kita mempunyai komputer yang kapasitas RAM 2GB dan data yang harus ditamping oleh RAM tersebut adalah 2,5GB maka otomatis dengan keadaan tersebut komputer akan menjadi lemot dan bahanya akan ngelag. Maka dengan keadaan seperti Virtual Memory akan memberikan bantuan kepada RAM dalam menjalankan aplikasi-aplikasi komputer sehingga beban yang terdapat pada RAM akan berkurang dan tentunya RAM akan berjalan dengan stabil.

2. Menyimpan data dari RAM

Kita sebut saja Virtual Memory ini sebagai memori cadangan yang hanya membantu mengurangi kapasitas memori namun tidak seperti RAM, Virtual Memory tidak dapat meneruskan data yang disimpan untuk diproses oleh processor. Jadi, ketika data yang disimpan di Virtual Memory akan diproses, maka Virtual Memory akan meneruskannya ke RAM dan RAM akan meneruskannya ke Processor.

Mungkin hanya itu yang dapat kami bahas mengenai Pengertian Virtual Memory dan Fungsinya semoga dapat memberikan pengetahuan untuk yang membacanya. Untuk kalian yang mau menambahkan materi ini dapat dilakukan dengan cara berkomentar pada kolom komentar yang terdapat dibawah. Terima kasih telah berkunjung dan membaca artikel ini sampai selesai.

0 komentar

Posting Komentar