09/09/17

Pengukuran Adalah Membandingkan Besaran Dengan Besaran Standar

Pengukuran adalah membandingkan besaran yang digunakan dengan besaran standard. Pengukuran dalam ilmu biologi sangatlah banyak pada kesempatan ini kami akan membahas tentang pengukuran waktu.

Alat pokok dalam melaksanakan pengukuran waktu yaitu jam henti (stopwatch). Cara melakukan pengukuran waktu dengan menggunakan stopwatcch banyak digunakan oleh manusia karena cara menggunakannya sangat mudah dan tidak mengeluarkan biaya yang banyak serta kesederhanaan aturan yang dipakainya.
                                                        
Pengukuran Waktu
Teknik dalam melakukan pengukuran waktu terbagi menjadi dua yaitu pengukuran langsung dan pengukuran tidak langsung. Pengukuran waktu langsung adalah pengukuran yang dilakukan di tempat pekerjaan yang dijalankan bahkan mengukur waktunya pun ditempat pekerjaan tersebut.

Sedangkan pengukuran waktu tidak langsung adalah pengukuran dan perhitungan waktu yang dilakukan diluar tempat pekerjaan. Teknik perhitungannya bisa dilakukan dengan cara mencermati tabel yang mana dapat menghasilkan data waktu baku dan data waktu gerakan.

Pengukuran waktu merupakan salah satu alternatif dalam menjalankan sistem kerja. Dengan pengukuran ini kita dapat menemukan waktu tersingkat dalam suatu sistem pekerjaan. Tujuan dari pengukuran waktu ini yaitu agar kita dapat menemukan waktu baku atau waktu yang wajar biasa orang lain gunakan dalam menjalankan pekerjaannya.

Langkah-langkah Sebelum Melakukan Pengukuran

Agar mendapatkan hasil yang baik dalam pengukuran, maka kalian tidak boleh hanya melakukan asal mengukur melainkan kalian harus memperhatikan faktor-faktor agar hasil pengukuran tersebut pantas digunakan dalam menyelasaiakan pekerjaan tersebut.

Sebelum kalian melakukan pengukuran waktu, maka kalian harus mengetahui langkah-langkah yang tepat sebelum melakukan pengukuran agar hasilnya dapat memuaskan. Berikut ini langkah-langkahnya meliputi:

1. Penetapan Tujuan Pengukuran

Hal yang terpenting dalam pengukuran yaitu tujuan dari pengukuran tersebut. Maka kita harus menetapkan tujuan penelitian yaitu meliputi penggunaan hasil pengukuran, tingkat ketelitian, dan tingkat keyakinan yang diinginkan dari hasil pengukuran tersebut.

2. Melakukan Penelitian Pendahuluan

Tujuan dari pengukuran waktu adalah agar mendapatkan waktu terbaik serta hasilnya bagus. Maka salah satu caranya dengan melakukan beberapa penelitian pendahuluan yang mana hasilnya dapat menjadi acuan agar bisa sukses dan berhasil dalam melakukan pekerjaan yang sebenarnya.

3. Memilih Operator

Operator adalah orang yang mengatur semua sistem pada pekerjaan. Dalam memilih operator tidak hanya orang yang berprofesi sebagai pekerja. Orang ini harus memenuhi kriteria khusus agar pengukuran tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana serta dilengkapi hasil yang memuaskan.

4. Melatih Operator

Setelah mendapatkan seorang operator, maka operator tersebut harus dilatih karena pelatihan tentu masih diperlukan terutama apabila pekerjaan yang akan dikerjaan merupakan suatu pekerjaan baru untuknya dan belum pernah melakukan pekerjaan tersebut.

5. Membagi Pekerjaan Atas Elemen Pekerja

Suatu pekerjaan agar dapat berjalan dengan cepat, maka dalam melaksankan pekerjaan tersebut para pekerja harus kita bagi sesuai tugas yang diperlukan. Dengan pembagian tersebut kita dapat menemukan elemen waktu sebagai acuan elemen waktu siklus. Waktu siklus adalah waktu penyelesaian yang digunakan untuk membereskan satu produk dari mulai penggunaan bahan baku sampai dengan selesainya.

6. Menyiapkan Perlengkapan Pengukuran

Setelah point-point diatas bisa dijalankan dengan baik, maka sekarang kalian akan melakukan pengukuran tersebut tapi sebelumnya kalian harus menyiapkan alat-alat yang akan diperlukan dalam pengukuran yaitu:


Dalam menggunakan stopwatch yaitu apabila kita menekan tombol A maka otomatis tombol B akan mati dan begitu juga sebaliknya. Sedangkan tombol C berfungsi agar mengembalikan jarum jarum penunjuk ke skala nol atau skala awal.

b. Lembaran-lembaran Pengamatan

Lembaran pengamatan digunakan untuk mencatat hasil dari pengukuran tersebut. Dalam lembaran ini sebaiknya harus dilengkapi dengan kolom dan baris agar memudahkan mencatat hasil pengamatan tersebut.

c. Pena dan Pensil

Pena dan pensil digunakan untuk mencatat hasil dari pengamatan tersebut di atas lembaran yang telah disiapkan.

d. Papan Pengamatan

Papan ini berguna sebagai alas dari lembaran-lembaran sehingga dalam menulis hasil pengamatan akan terasa lebih mudah dan rapih.


Melakukan Pengukuran Waktu

Pengukuran waktu adalah pekerjaan mengamati dan mencatat waktu-waktu yang dihasilkan dari suatu pekerjaan agar mendapatkan waktu terbaik. Ketika seorang operator sudah siap menjalankan pekerjaannya, maka pekerja lain harus siap mendampingi sang operator dalam mencatat hasil pekerjaan yang didapatkan. Dalam memilih posisi setiap pekerja harus sebaik mungkin agar sang operator tidak terganggu ketika melakukan pekerjaanya.

Hal yang pertama dilakukan biasanya harus melakukan pengukuran pendahulan. Tujuan dari langkah ini agar kalian dapat menemukan statistik waktu yang terbaik dari beberapa eksperimen dalam melakukan pekerjaan tersebut.

Setelah kalian selesai melakukan pengukuran pendahuluan, maka langkah selanjutnya kalian harus menguji keseragaman pekerjaan dan menghitung jumlah pengukuran yang harus dilakukan. Apabila jumlah pengukuran yang dilakukan belum mencapai batas normal maka kalian harus terus melakukannya sehinggga tercapai jumlah minimum yang diperlukan. 

Ketika perhitungan yang dilakukan sudah memenuhi standar awal yang direncanakan maka kalian bisa menghentikan pekerjaan tersebut karena data yang kita perlukan sudah ada serta dengan hasil yang terbaik.

Tingkat Ketelitian dan Tingkat Keyakinan

Dalam melakukan pengukuran waktu sebenarnya tidak harus menjalankan sebanyak mungkin percobaan karena dapat menyita waktu. Maka cara yang lebih relevannya kalian harus melakukan pekerjaan tersebut beberapa kali dan kalian harus bisa menjalankan langkah tingkat ketelitian dan keyakinan.

Tingkat ketelitian dan keyakinan adalah suatu langkah pencerminan yang dilakukan oleh seorang pengukur yang sudah tidak akan melakukan percobaan kembali karena sudah mendapatkan gambaran data yang spesifik. Dalam langkah ini kalian harus melakukannya dengan cermat dan fokus karena data dari tingkat ketelitian dan keyakinan merupakan data yang akan kalian pertanggung jawabkan dan biasanya ditulis dengan bentuk persen agar dapat memberikan gambaran yang mudah diterima dan dipaham.

Melakukan Perhitungan Waktu Baku

Ketika pengukuran-pengukuran telah selesai dilakukan dan semua data yang kita perlukan sudah kita dapatkan, maka langkah selanjutnya kalian harus bisa mengolah data tersebut sehingga menjadi waktu baku. Cara untuk mendapatkan waktu baku kalian harus bisa menjalankan dua metode perhitungan yaitu yaitu menghitung waktu siklus dan menghitung waktu normal.

Ketika perhitungan yang kalian lakukan telah selesai, maka kalian telah mendapatkan data yang kumplit yang kalian perlukan dalam pengamatan kalian. Data tersebut bisa menjadi acuan kalian dalam menjalankan pekerjaan agar hasil dari pekerjaan tersebut dapat diterima dan digunakan oleh orang lain.

Nah, mungkin itulah yang kami dapat sampaikan mengenai pengukuran waktu dan langkah-langkahnya. Semoga materi ini bisa menjadi pedoman buat kalian dalam melakukan suatu pekerjaan. Buat kalian yang mau menambahkan materi ini bisa dilakukan dengan berkomentar di kolom komentar yang berada di bawah. Terima kasih telah berkunjung dan telah membaca artikel ini sampai selesai.




0 komentar

Posting Komentar