17/09/17

Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer Lengkap

Sejarah Komputer dan Perkembangan Komputer Lengkap: Komputer merupakan salah satu teknologi yang terus mengalami perkembangan. Pada awalnya kita melihat bentuk dari komputer sangatlah besar hingga pada masa sekarang bentuk komputer menjadi lebih sederhana dan mudah dibawa kemana saja.

Pada masa sekarang komputer sudah sangat memberikan kenyamanan bagi penggunanya, karena komputer ini dibuat dengan lebih modern dari semua aspeknya mulai dari bentuk, fitur, dan mesinnya. Perkembangan komputer yang semakin maju serta didukung dengan perkembangan jenis-jenis jaringan komputer yang semakin canggih tidak bisa lepas dari sejarah perkembangan komputer pada masa terdahulunya.
                                                       
Sejarah Perkembangan Komputer

Sebelum kita membahas sejarah perkembangan komputer, alangkah baiknya kita mengetahui pengertian komputer yang bisa kalian lihat secara lengkap pada artikel 8 Pengertian Komputer, Jenis, dan Fungsinya Terlengkap. Pada artikel ini kami akan membahas mengenai Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi Secara Lengkap. Berikut ini pembahasan lengkapnya:

1. Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara-negara yang terlibat dalam peperangan tersebut berusaha untuk mengembangkan potensi strategis yang dimiliki komputer. 

Berikut ini daftar yang memberikan pendanaan pengembangan komputer yang memberikan kemajuan teknik komputer diantaranya adalah:
Colassus
Mark I
ENIAC
EDVAC
UNIVAC I

Ciri-ciri komputer yang termasuk generasi pertama yaitu:
Penggunaan Tube Vakum (pada masa komputer memiliki ukuran yang sangat besar).
Masih menggunakan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
Instruksi operasi dibuat dengan secara spesifik untuk tugas tertentu.
Masih menggunakan program kodebiner yang berbeda sehingga komputer masih mengalami kesulitan dalam masalah program dan kecepatan aksesnya masih terbatas.

2. Komputer Generasi Kedua (1959 - 1964)

Pada generasi kedua komputer sudah mulai mengalami peningkatan dengan pemakaian transistor. Pengunaan transistor pada komputer memberikan dampak yang positif karena dapat memberikan daya ketahanan yang cukup baik dan tidak mudah terbakar. Komputer yang terdapat pada generasi kedua sudah mulai menggunakan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan generasi pertama. Berikut ini ciri-ciri komputer pada generasi kedua diantaranya yaitu:
Memfokuskan pada bisnis dan teknik.
Lebih bisa meminimalis suhu panas pada komputer.
Program mulai dibuat dengan menggunakan bahasa yang tinggi.
Operasi pada komputer sudah mulai cepat.
Lebih hemat dalam penggunaan listrik.
Sudah menggunakan Magnetik Core Storage yang memiliki kapasitas memori yang cukup besar.
Sudah diterapkannya program penyimpanan data (disk storage).

Pada tahun 1960-an sudah mulai muncul komputer generasi kedua yang sukses pada bidang bisnis, universitas, dan pemerintahan. Salah satu komputer yang terkenal pada generasi kedua ini yaitu IBM 1401 yang mana sukses dan bisa diterima luas oleh kaum industri. Selain IBM, masih banyak komputer yang dibuat pada generasi kedua diantaranya yaitu:
UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC 1107.
Burrouhgs 200
IBM 7070, IBM 7080, IBM 1400, IBM 1600.
NCR 300.
Honeywell 400, Honeywell 800.
CDC 1604, CDC160A.
GE 635, GE 645, GE 200.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1970)

Komputer generasi ketiga ini sudah mulai menggunakan teknologi Integrated Circuit (IC) yang mana penggunaanya sistem ini masih berlangsung pada masa sekarang. Komponen IC berbentuk hybrid atau solid (SLT) dan monolithyc (MST). 

Teknologi IC dibuat pertama kali oleh Texas Instrumens dan Fairchild Semiconductor pada tahun 1959 yang hanya berisi enam transistor. Dengan dimulai dari enam transistor ini, kalian bisa melihat perkembangan yang sangat signifikan pada masa sekarang yaitu komputer yang menggunakan transistor dengan jumlah ribuan bahkan miliaran. 

Berikut ini ciri-ciri komputer ketiga yaitu:
Dengan pengunaan IC komputer dapat menjadi lebih cepat hingga 10.000 kali lipat dari generasi awal.
Software sudah mulai berkembang dan canggih.
Penyimpanan memori sudah sangat besar karena dapat menyimpan file sampai ribuan.
Penggunaan listrik lebih hemat.
Kemampuan multi processing dan multitasking.
Sudah mulai menggunakan virtual display dan dapat mengeluarkan suara.
Harganya sudah relatif murah.
Sudah melakukan komunikasi dengan komputer lain.

Contoh-contoh dari komputer generasi ketiga yaitu IBM S/360, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 6700, 7700, NCR Century dan masih banyak lagi.

4. Komputer Generasi Keempat (1970 - 1980)

Setelah teknologi IC ditemukan, maka perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Perkembangan pada generasi keempat dimulai pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan yag sangat pesat dengan menggabungkan semua komponen pada sebuah komputer. 

Pada generasi keempat ini komputer sudah mulai beroperasi menjalankan seluruh kebutuhan dalam satu sistem berbeda dengan pada masa sebelumnya. Ciri komputer pada generasi keempat ini  yaitu mulai menggunakan microprosesor dan semiconductor yang berbentuk chip dan pada masa ini komputer juga sudah menggunakan Large Scale Integration (LSI).

5. Komputer Generasi Kelima (1980an- Sampai Sekarang)

Sejarah komputer pada generasi kelima ini ditandai dengan munculnya LSI yang merupakan pemadatan dari ribuan microprosesor ke dalam satu microprosesor. Pada masa ini semakin maju dan berkembang karena sudah ditemukan yang namanya sistem microprosesor dan semi conductor. 

Banyak sekali pada generasi kelima ini perusahaan-perusahaan yang membuat micro-processor diantaranya yaitu Intel corporation, Motorola, Zilog, dan lain sebagainya. Pada generasi ini komputer sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat karena layar komputer sudah mulai kecil dan tampilan serta software yang dijalankan sudah semakin modern dan canggih.

Nah, mungkin demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Sejarah Perkembangan Komputer dari Generasi ke Generasi. Semoga bermanfaat dan terima kasih untuk anda yang telah berkunjung ke website kami.





0 komentar

Posting Komentar